23.10.22

MERINGKAS FILM DARI YOUTUBE CARA PENGOLAHAN SAMPAH YANG BERDAMPAK PADA LINGKUNGAN DALAM PSIKOLOGI LINGKUNGAN

MERINGKAS FILM DARI YOUTUBE CARA PENGOLAHAN SAMPAH YANG BERDAMPAK PADA LINGKUNGAN DALAM PSIKOLOGI LINGKUNGAN

Essay 2 Psikologi Lingkungan

Achmad fauzan (21310410099)

Dosen Pengampu : Arundati Shinta


Dampak pembuangan sampah terhadap lingkungan tiap hari semakin terasa dan bahkan kita bisa menjumpai sampah dimana-mana tanpa ada kepedulian untuk mengolahnya. Memang penggunaan sampah tak bisa langsung lepas begitu saja dari masyarakat apalagi sampah butuh ribuan tahun untuk diproses oleh alam dan itulah kita bisa melihat sampah mengambang dilautan, menyumbat saluran air yang menyebabkan banjir. Bahkan saking bahayanya sampah plastic juga berdampak pada perubahan iklim.

Psikologi sepertinya tidak ada hubungannya dengan pengelolaan sampah ataupun perubahan iklim, tetapi sebenarnya penting karena kita sebagai penghuni planet bumi dengan jumlah lebih dari tujuh setengah miliar kita memiliki kewajiban untuk ikut andil dalam melestarikan ekosistem bahkan kelangsungan kehidupan dip planet ini.

Bisa kita lihat dari diri kita sendiri bagaimana kita menyukai pemandangan indah diatas gunung melihat pemandangan yang asri, hamparan pepohonan sertau kijau burung yang sangat mendamaikan jiwa disbanding mendengar klakson kendaraan, polusi serta gedung-gedung pencakar lagit. Tentu hal itu bisa meningkatkan stress terhadap manusia karena kurangnya oksigen bersih untuk paru-paru. Jadi kita akan memnahas singkat tentang psikologi kesehatan dan juga psikologi lingkungan. Bagaimana psikologi diterapkan dalam olahraga, kita berolahraga jogging di jalan yang dipenuhi tanaman hijau atau didalam gedung yang dipenuhi Ac. Bagaimana psikologi diterapkan dalam pendidikan kita mempelajari siklus kehidupan dan ekosistem dialam atau hanya mengunjungi museum dimana alat pembelajarannya hanya berupa benda mati. Sangat berpengaruh bukan?

Faktor yang paling penting adalah pertama-tama untuk mengidentifikasi apa hambatan yang mereka hadapi hampir semua orang demi lingkungan. Tetapi tidak semua dari kita melakukan segala yang kita bisa sehingga penting untuk mendiagnosis hampir seperti seorang dokter akan mendiagnosis masalah dan mencari tahu apa hambatan dan hambatan yang dihadapi orang sehingga mereka mampu mengatasinya dan melakukannya hal yang benar dengan lingkungan.

Mulai dari diri kita untuk ikut mengampanyekan mengurangi penggunaan bahan – bahan yang terbuat dari plastic. Mendaur ulang plastic sedikit banyak membantu mengurangi efek negative dalam pencemaran tanah serta menjaga ekosistem dari polusi dan kontaminasi.

 

0 komentar:

Posting Komentar