29.10.22

MERINGKAS ARTIKEL KORAN & OPINI TENTANG DAMPAK NEGATIF SAMPAH PADA MASYARAKAT



 

SISA MAKANAN SUMBAT SALURAN BUANG

Windyangreni Mika (19310410047)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

2022

TOPIK

Sampah sisa makanan ditemukan mengeras dan membentuk gumpalan-gumpalan putih kecoklatan yang memenuhi saluran dengan air tergenang.

SUMBER

Kompas.(09 Maret 2022). Sisa makanan saluran buang. Hal. 6.

RINGKASAN

§  Suku dinas sumber daya air pusat menemukan banyak sampah makanan saat mengeruk saluran air.

§  Sampah makanan ini menumpuk dan membentuk gumpalan-gumpalan putih kecoklatan yang memenuhi saluran dengan air tergenang.

§  Selain limbah padat, limbah cair seperti minyak banyak dibuang pelaku usaha makanan. Minyak bekas pakai masak atau minyak jelantah yang dibuang kesaluran air bisa mengendap dan menyebabkan saluran air terhambat.

§  Untuk mengatasi hal ini, Dinas lingkungan hidup DKI membuat program pembagian alat perangkap lemak secara gratis untuk pedagang makanan skla usaha mikro, kecil, dan menengah.

§  Dampak dari makanan yang dibuang bisa beragam, salah satunya yaitu sampah makanan memproduksi gas metana yang turut memicu pemanasan global. Sampah makanan juga menambah beban di pembuangan akhir.

PERMASALAHAN

Masih banyak masyarakat yang membuang sisa makanan yang sembarangan  hingga ke saluran air, yang menyebabkan penyumbatan air dan mengahsilkan gas metana yang turut memicu pmanasan global.

OPINI SAYA

§  Sisi makanan yang hingga kini masih menjadi isu tersendiri dalam pengolahan sampah di ibu kota.

§  Masih banyak masyarakat yang belum sadar akan pentingkannya membuang sampah pada tempat yang tepat, sehingga membuat sampah-sampah tersebut terus menumpuk dan memicu berbagai dampak negatif termasuk pemanasan global.




0 komentar:

Posting Komentar