25.10.22

MERINGKAS ARTIKEL KORAN & OPINI SAYA TENTANG PERAN PEMERINTAH DALAM MENANGANI SAMPAH

 

Pelihara Alam Melalui Grebek Sampah

Bayu Pratama/19310410022

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

2022


Topik

Grebek sampah sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memelihara alam.

Sumber

Putri, S.C (2022). Pelihara Alam Melalui Grebek Sampah. Tribun Jogja, 26 September, hal. 4.

Ringkasan

·         Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo menggelar grebeg sampah dengan tujuan sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memelihara alam.

·         Grebek sampah dilakukan disetiap desa budaya untuk melakukan 3R yakni reuse, reduse, dan recycle.

·         Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo tengah berupaya untuk mengembangkan bank sampah di seluruh desa budaya di Kulon Progo. Dalam mengembangkan bank sampah DLH KP menggerakkan masyarakat agar memilah dan memilih sampah dilingkungan masing-masing.

·         Sampah-sampah dikumpulkan setiap sebulan sekali, kemudian dijual. Dari hasil penjualan bank sampah mengambil 5% sekitaar Rp 25.000-Rp 50.000 yang kemudian dinuka setiap tahun.

·         Bank sampah Merti Bumi Lestari mengubah  sampah yang telah dipisahkan menjadi barang bernilai ekonomis, sementara sampah organic diolah menjadi pupuk kompos.

Permasalahan

Banyaknya sampah yang berserakan di desa membuat DLH KP mengembangkan bank sampah di seluruh desa budaya di Kulon Progo.

Opini saya

Adanya bank sampah sangat bermanfaat untuk memelihara alam dan juga masyarakat sekitar karena dapat membuat lingkungan bersih dan juga dapat menambah pemasukan dari masyarakat.

Pemerintah seharusnya runtin untuk melakukan kegiatan-kegiatan seperti grebek sampah ini guna mensosialisasikan pengangan yang tempat untuk penanganan sampah, salah satunya dengan melalui bank sampah.

 


0 komentar:

Posting Komentar