28.10.22

MERINGKAS ARTIKEL KORAN & OPINI SAYA TENTANG PENAMBAHAN BANK SAMPAH DI KELURAHAN PRAWIRODIRJAN

 

KELURAHAN PRAWIRODIRJAN UPAYAKAN PENAMBAHAN BANK SAMPAH

Poppy Intan Permatasari (19310410013)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

2022

 

Topik

Upaya Penambahan Bank Sampah di Prawirodirjan dalam Memaksimalkan Pemilahan Sampah Rumah Tangga.

Sumber

Sunartono. (2022). Kelurahan Prawirodirjan Upayakan Penambahan  Bank Sampah. Harian Jogja. 06 Oktober, hal. 5.

Ringkasan

·   Kelurahan Prawirodirjan mengupayakan penambahan Bank Sampah. Bank sampah dinilai efektif mengurangi sampah yang dibuang ketempat pembuangan akhir. Di keluarahan Prawirodirjan sampai saat ini terdapat 10 bank sampah pada 10 RW dari 18 RW yang terdapat di kelurahan Prawirodirjan. Dimana yang sudah terbentuk dan aktif melakukan pemilahan sampah terdapat 10 RW.

·    Kesulitan yang dihadapi adalah bank sampah tidak disemua RW ada, jadi  belum semua RW masih tersisa 8 RW yang belum memiliki bank sampah. Sebagian besar RW masih melakukan pengumpulan dan pemilahan sampah non organik. Cara yang dilakukan  Lurah Prawirodirjan untuk hal tersebut yaitu mengupayakan penambahan bank sampah di setiap RW. Warga disetiap RW juga di berikan edukasi terkait pengumpulan dan pemilahan sampah non organik dan organik secara bertahap  agar bisa mengurangi pembuangan sampah ke tempat pembuangan akhri.

·  Hasilnya Ketua Forum Bank Sampah Jogja memperkuat kelembagaan bank sampah dan melakukan petemuan rutin forum bank sampah di level kemantren hingga kelurahan untuk diskusi penanganan sampah. Sehingga dengan hal itu penambahan bank sampah terus terjadi guna mengurangi pembuangan sampah ke temat akhir dan menjadikan keluarga lebih paham bagaimana penanganan sampah yang dimulai dari pemilahan awal.

Permasalahan

Terdapat banyak sampah di setiap RW sehingga pemerintah berinisiatif membangun lebih banyak lagi bank sampah di setiap RW. Idealnya, jika tidak terdapat banyak sampah di kelurahan Prawirodirjan maka tidak akan banyak penambahan bank sampah.

Opini Saya

·       Inisiatif dari pemerintah dalam membangun bank sampah di setiap RW merupakan inisiatif yang sangat luar biasa yang secara tidak langsung mengayomi masyarakat agar lebih mampu menangani sampah dengan bai.

·        Program yang dilakukan oleh pemerintah tersebut merupakan sebuah kebijakan yang patut di banggakan dan dihargai oleh masyarakat karena program tersebut dapat berdampak positif dalam kehidupan masyarakat.

·      Hal-hal yang sudah saya sudah saya lakukan  yaitu saya sudah mulai belajar memilah sampah serta menabung langsung di bank sampah.

 




0 komentar:

Posting Komentar