28.10.22

MERINGKAS ARTIKEL KORAN & OPINI SAYA TENTANG YOGYAKARTA DARURAT SAMPAH

 

SAMPAH DI JOGJA MENUMPUK

Poppy Intan Permatasari (19310410013)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

2022 


Topik

Uji Coba Pembuangan Sampah ke TPST Digilir Dalam Rangka Memerangi Darurat Sampah Di Yogyakarta

Sumber

Leon, Y. (2022). Sampah di Jogja Menumpuk. Harian Jogja. 28 Oktober, hal. 5.

Ringkasan

·         Jadwal pembuangan sampah ke TPA Piyungan berubah dan digilir menjadi sekali dalam tiga hari. Dimana TPA Piyungan  ini memberlakukan buka tutup penerimaan sampah dari sejumlah kabupaten dan kota yang ada di Yogyakarta. Hal ini membuat DLH khawatir sampah akan meluap dan menimbulkan bau tidak sedap.

·         Kesulitan yang dihadapi adalah banyak TPS yang tidak bisa menampung sampah jika bergiliran karena lokasi TPS di berbagai daerah masih kecil. Cara yang dilakukan yaitu DLH membuat jadwal pembuangan sampah dari setiap daerah secara bergilir.

·    Hasilnya DLH menggunakan semua armada untuk mengangkut dan mengatasi sampah yang bertumpuk di beberapa TPS karena dampak sistem bergilir, dimana terdapat 42 truk yang di operasikan dengan berbagai jenis aramada. Satu truk ini mengangkut tiga hingga empat rit saat jadwal pembuangan sampah. Hal ini dilakukan DLH untuk mengurangi penumpukan sampah di beberapa TPS yang ada di Yogyakarta karena adanya transisi TPA yang dibuat oleh provinsi.

Permasalahan

Masyarakat minim akan perilaku peduli sampah sehingga terjadi penumpukan sampah di TPA Piyungan setiap harinya. Idealnya, masyarakat memiliki perilaku peduli sampah sehingga tidak terjadi penumpukan sampah dan mengurangi penggunaan sampah.

Opini Saya

·     Terjadinya penumpukan sampah setiap hari di TPA Piyungan itu akibat perilaku kita yang tidak peduli akan sampah. Hal ini merupakan perilaku yang buruk dan berdampak negatif.

·  Cara masyarakat untuk meminimalisir sampah yaitu mulai mengurangi pembelian barang yang sekali pakai dan memanfaatkan sampah sekreatif mungkin. Jika bisa kita manfaatkan sampah dengan baik maka akan berdampak baik untuk kita dan juga lingkungan.

·    Hal yang bisa saya lakukan untuk mengurangi penumpukan sampah yaitu mengurangi penggunaan kantong plastik dan botol. Mengunakan perlatan makan dari piring dan bukan yang sekali pakai.


 

 


0 komentar:

Posting Komentar