20.10.22

MERINGKAS ARTIKEL KORAN & OPINI SAYA TENTANG ANGKAT SAMPAH MELALUI KARYA SENI

 

PAMERAN TUNGGAL LAKSMI SITARESMI ANGKAT SAMPAH MELALUI KARYA SENI

YANSES KALA’ IRI’ (19310410046)

FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

2022


 

TOPIK

Inovasi baru dalam memerangi sampah dalam pameran tunggal  dengan mengangkat sampah melalui karya seni oleh perupa Laksmi Sitaresmi.

SUMBER

Juvintarto (KR). 2022. Angkat sampah melalui karya seni. KEDAULATAN RAKYAT. 1 september. Halaman 15

RINGKASAN

        -Sebanyak 8 karya seni berbahan dasar sampah plastik yang telah dilebur dan menjadi media baru penuh warna-warna yang menarik terpajang di ruang publik, di samping kolam renang hotel tersebut.

        -Laksmi menggambarkan filosofi ini dengan Teknik cukil bernilai seni. Segala macam sampah palstik dijadikan karya, mulai dari sisa bungkus makanan, perkakas rumah tangga, botol minuman hingga spare part kendraan motor dan lainnya.

         -Tujuannya selain mewakili dan konsep serta gagasan, ingin mengangkat derajat limbah sampah plastic setinggi-tingginya. Laksmi juga menyebutkan kegunaan sampah palstik juga bisa untuk balok-balok pengganti aspal atau trotoar.

PERMASALAHAN

Banyak sampah-sampah plastik yang belum dikelola dengan baik dan pengelolaanya yang masih terbatas.

OPINI SAYA

       -Masih banyak orang yang belum melek untuk melihat sekitar dalam memanfatkan sampah dan menjadikan sampah manjadi suatu karya yang bernilai tinggi.

       -Pemahaman tentang manfaat sampah kurang sehingga sampah dilihat hanya sebagai hal yang menjiikan.

    -Dengan adanya suatu karya yang bermunculan dari sampah akan menjadikan daya Tarik tersendiri untuk memanfatkan sampah dan dapat mengagkat derajat sampah setinggi-tingginya.

 



0 komentar:

Posting Komentar