19.10.22

MERINGKAS ARTIKEL KORAN & OPINI SAYA TENTANG BAHAN BANGUNAN DARI SAMPAH

 MERINGKAS ARTIKEL KORAN & OPINI SAYA TENTANG BAHAN BANGUNAN DARI SAMPAH


Republika : Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Bahan Bangunan (Sebuah Solusi Membangun dengan Ramah)

Essay 1 Psikologi Lingkungan

 

Meylita Ayu Herbafalony

NIM : 21310410084

Kelas Reguler / Semester 3

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


TOPIK

Menciptakan ramah lingkungan dengan sampah plastik menjadi bahan bangunan.

SUMBER

Republika. Rabu, 12 Oktober 2022. Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Bahan Bangunan (Sebuah Solusi Membangun dengan Ramah). Hal. 9.

RINGKASAN

Sampai saat ini sampah selalu menjadi masalah utama dalam pencemaran lingkungan. Terutama sampah yang susah untuk diuraikan, yaitu sampah plastik. Sampah plastik dapat menimpulkan berbagai dampak negatif seperti, dapat merusak kesehatan manusia, dapat membunuh hewan yang dilindungi, dan dampak yang lebih besar yaitu dapat mencemari lingkungan secara sistematis. Di Indonesia sendiri merupakan negara terbesar ke dua penghasil sampah plastik di dunia (Jenna Jambeck, 2017). Penangangan sampah dengan cara kegiatan daur ulang sampah yang akan tetap menjadi masalah di kemudian hari dan beberapa teknologi yang digunakan untuk mendaur ulang namun memerlukan biaya yang besar dan proses yang dilakukan dapat menimbulkan masalah pencemaran udara ini tidak dapat mengatasi permasalahan sampah plastik dengan baik. Di dalam upaya mengatasi permasalahan sampah plastik ini, selain penanganan dan pengelolaan yang baik, dibutuhkan juga penggunaan teknologi yang mumpuni. LP2 Desaku Yogyakarta telah berhasil menciptakan sebuah inovasi untuk menyelesaikan sampah, dengan penelitiannya yaitu melakukan pengembangan teknologi dalam pemanfaatan sampah plastik menjadi bahan bangunan yang ramah lingkungan dengan harapan dapat menjadikan solusi yang alternative dalam mengatasi sampah plastik. Dalam penelitiannya ini menunjukkan hasil bahwa dengan menggunakan campuran sampah plastik dapat menghasilkan produk yang kuat setara dengan produk yang terbuat dari campuran semen. Tidak hanya mengurangi sampah plastik dan menjadikannya ramah lingkungan saja, tetapi juga dapat menjadi bahan alternative pengganti semen. Teknologi ini dinamakan dengan “SENBLOK” yaitu sebuah teknologi pemanfaatan sampah plastik menjadi bahan bangunan ini memiliki kebaharuan yang menjadi hak kekayaan intelektual.

 

Adapun keunggulan dari teknologi senblok ini adalah :

1.     Proses produksi yang mudah

2.     Produksi massal

3.     Kekuatan produk yang lebih tinggi

4.     Proses dan hasil produk yang ramah lingkungan

5.     Waktu perawatan (Curing Time) yang singkat

6.     Bahan baku yang mudah didapat

7.    Alternative penyelesaian masalah lingkungan khususnya terkait sampah plastik

PERMASALAHAN

Sampah plastik merupakan permasalahan terbesar di Indonesia yang dapat merusak lingkungan. Kegiatan daur ulang sampah yang akan tetap menjadi masalah di kemudian hari dan beberapa teknologi yang digunakan untuk mendaur ulang namun memerlukan biaya yang besar dan proses yang dilakukan dapat menimbulkan masalah pencemaran udara.

OPINI SAYA

Menurut saya, dalam upaya untuk tetap menjaga keramahan lingkungan, metode teknologi senblok ini sangat berguna dalam mengurangi permasalahan sampah plastik yang sulit untuk diuraikan. Dengan menjadikannya sampah plastik menjadi bahan bangunan tentunya teknologi yang diterapkan dan proses pengolahannya tidak akan menimbulkan pencemaran udara dan jika dilihat dari hasil produknya sangat jelas bahwa hasilnya akan sangat menguntungkan konsumen. Dengan teknologi senblok ramah lingkungan akan terwujud serta menghasilkan produk yang bernilai tinggi dengan keunggulan-keunggulan yang dimiliki.







0 komentar:

Posting Komentar