31.10.22

MERINGKAS ARTIKEL KORAN DAN OPINI SAYA TENTANG PERILAKU BERSIH DAN RAPI DI SEKOLAH

 

Sekolah Bersih dan Rapi

Imelta Indriyani Alfiah/ 19310410062

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 


Topik

Menjaga lingkungan yang bersih dan rapi di sekolah menciptakan kenyamanan dalam motivasi belajar siswa.

Sumber

Mahmudah, N. (2022). Sekolah Bersih dan Rapi. Kedaulatan Rakyat. 18 Januari, hal. 11.

Ringkasan

▪ Budaya Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke (5S) berasal dari Jepang dan dikenal di Indonesia dengan budaya Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin (5R). Menjaga kebersihan dan kerapian lingkungan pendidikan merupakan hal yang sangat penting sebagai salah satu pondasi dasar dalam membangun mutu pendidikan.
▪ SMKN 3 Yogya menggelar lomba 5R selama 2 pekan (4-14 Januari) sebagai upaya penjaminan mutu. Tim juri merupakan kolaborasi dari pengurus PGRI ranting SMKN 3 Yogya dan wakil guru dari semua jurusan. Tiga kategori yang dilombakan meliputi ruang kerja yang terdiri dari 15 ruang, laboratorium dan bengkel praktik siswa di semua jurusan . Aspek penilaian lomba 5R meliputi plafon, dinding, furniture, lantai, dokumen, jendela dan peralatan praktik.

▪ Sebagai tahap awal, peserta perlombaan terdiri dari semua guru, karyawan dan kepala sekolah. Lingkungan kerja berwawasan 5R di lingkungan sekolah diyakini dapat mengubah pola pikir dan membentuk mindset untuk berperilaku disiplin dan efektif dalam melakukan segala aktivitas.

▪ Melalui lomba 5R SMKN 3 Yogya bertekad membudayakan perilaku hidup bersih, sehat, dan nyaman di sekolah. Selain untuk menyiapkan lulusan yang kompeten dan berbudaya kerja, budaya 5R juga bertujuan tercapainya peningkatan efisiensi, perbaikan, pelayanan, keuntungan serta keselamatan.

Permasalahan

Pada kasus ini terjadi deviasi positif, yakni sudah ada warga sekolah yang menjadi pelopor dan sadar bagaiamana upaya untuk membudayakan 5R. Pihak-pihak pemangku kebijakan di SMKN 3 Yogyakarta sudah memulai kiat baik untuk menumbuh kembangkan jiwa cinta kebersihan dan kerapian pada warga sekolah.

Opini saya

▪Lingkungan yang bersih dan rapi di sekolah menciptakan kenyamanan dalam motivasi belajar siswa.

Sarana prasarana sekolah yang tertata dengan rapi, terawat dengan baik, ringkas, resik dan rajin akan lebih tahan lama dan dapat menekan biaya perawatan.

Kegiatan lomba 5R secara periodik merupakan salah satu kiat alternatif baik yang dapat diterapkan di sekolah sebagai pembentukan awal budaya cinta kebersihan oleh warga sekolah.

 


0 komentar:

Posting Komentar