31.10.22

MERINGKAS ARTIKEL KORAN DAN OPINI SAYA TENTANG BAU SAMPAH

 

Riset Mahasiswa UGM Jadikan Air Lindi Lebih Bermanfaat: Bau Sampah Pun Lenyap

Imelta Indriyani Alfiah/ 19310410062

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 


Topik

Bau sampah yang tidak sedap dapat diatasi salah satunya dengan menggunakan air lindi.

Sumber

Rukmana, N.I. (2022). Riset Mahasiswa UGM Jadikan Air Lindi Lebih Bermanfaat: Bau Sampah Lenyap. Tribun Jogja. 14 Juni, hal. 1-11.

Ringkasan

▪ Persoalan sampah memang tak pernah ada habisnya. Lingkungan kotor karena sampah jelas berdampak pada kesehatan. Semisal air lindi atau cairan yang dihasilkan dari paparan air hujan di tumpukan sampah. Karena itulah mahasiswa Fakultas Biologi UGM Yogyakarta, Raina Nura Anindhita, menyulap air lindi menjadi sesuatu yang bernilai guna, yakni untuk menetralkan bau sampah.

▪ Air lindi dicampurkan dalam wadah kedap udara dengan asam sulfat, bio katalis, dan molase atau limbah gula, dengan perbandingan 5:1:3:2. Hasilnya terbukti bisa menghilangkan bau tak sedap sampah. Cara penggunaannya, cairan tersebut disemprotkan saja ke timbunan sampah. Setelah 5-10 menit bau sampah akan menjadi netral.

▪ Eco lindi telah diuji coba untuk mengatasi persoalan bau di tempat pembuangan sampah, lingkungan pasar, dan lingkungan peternakan.Solusi atas persoalan sampah di tempat pembuangan akhir, terutama mengatasi bau sampah yang jelas mengganggu.

Permasalahan

Bau di tempat pembuangan sampah, lingkungan pasar, dan lingkungan peternakan menganggu aktivitas yang ada disekitarnya. Lingkungan kotor karena sampah berdampak pada kesehatan. Saat ini sangat dibutuhkan inovasi untuk mempersingkat waktu menghilangkan bau yang tidak sedap tersebut sehingga aktivitas yang ada disekitarnya tetap terkondisikan.

Opini saya

▪ Sampah memang menjadi masalah yang tak ringan di Indonesia dan tak pernah ada habisnya, dimana ada kehidupan manusia disitu pula ada sampah. Maka perlu adanya penanganan yang efektif termasuk terhadap bau sampah yang ditimbulkan. Tak dapat dipungkiri bau sampah yang timbul sangatlah mengganggu aktivitas yang dilaksanakan di lingkungan sekitar.

Terdapat berbagai cara dalam hal menjaga kebersihan dan mengurangi sampah serta efeknya dapat dirasakan secara jelas. Membuat formula khusus dari berbagai bahan merupakan salah satu inovasi yang bisa dikembangkan untuk menghilangkan bau sampah.

▪ Salah satu hal yang sudah saya lakukan bersama komunitas Karang Taruna Kalurahan Nglegi, Saung Lentera Nglegi dan Desamind Chapter Gunungkidul dalam hal mengurangi sampah dan baunya serta agar bisa dimanfaatkan adalah dengan membuat kompos skala sedang. Dengan begitu, sampah yang ada bisa diolah dan dimanfaatkan kembali sebagai pupuk serta tidak menimbulkan pencemaran serta bau yang tidak sedap. Meskipun prosesnya tidak terbilang singkat namun pembuatan kompos yang sedang kami galakkan ini dapat menjadi sumber penghasilan pula.




0 komentar:

Posting Komentar