31.10.22

MERINGKAS FILM BAHASA INGGRIS DARI YOUTUBE & OPINI SAYA TENTANG SAMPAH PLASTIK

 

''a short film on PLASTIC. Short film on environment. Say to Plastic, Gautama Dey''


Nama : Arya Apolonio

NIM : 21310410109

Kelas: Regular (A)


Mata kuliah Psikologi Lingkungan

Dosen pengampu: Dr. Dra. Arundati Shinta, MA 

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


 


Essay 2 Psikologi Lingkungan



Topik

Mengkampanyekan untuk menghentikan  penggunaan plastik sekali pakai kepada masyarakat di India.

Sumber

a short film on PLASTIC. Short film on environment. Say to Plastic, Gautama Dey. https://youtu.be/2FSSj5CiSxs.

 

Ringkasan

Sebuah film pendek yang menceritakan seorang pemuda melakukan kampanye penggunaan sampah plastik di India. Di awal video pemuda tersebut mencoba mecekik dirinya dengan plastik. Karena planet kita mengalami hal yang sama. Seorang pemuda asal India ini melakukan tour ke 13 daerah bagian di India untuk mengkampanyekan #KATAKAN TIDAK PADA PLASTIK.

Selama kampanye tersebut ia berbicara dengan berbagai orang yang berkumpul di sepa njang jalan, kedai teh, pemilik rumah, hotel/ wisma dll. Orang- orang yang di temui menyambut keputusan nya untuk berpergian ke seluruh India untuk melakukan kampanye tersebut. Dalam perjalanannya ia menemukan banyak sekali tumpukan sampah plastik di seluruh India sampah plastic yang bertebaran dan menumpuk di mana- mana, tentu hal tersebut menjadi permasalahan yang sangat serius untuk di hadapi, tak hanya itu dalam perjalanan nya  ia juga melihat orang- orang membakar  sampah plastik padahal hal tersebut merupakan hal yang lebih buruk dan sangat membahayakan kesehatan.

Selanjutnya di akhir video di sampaikan bahwa planet kita tenggelam dalam polusi plastik. Generasi masa depan layak untuk hidup di planet yang bersih dan hijau, dengan berhenti menggunakan plastik sekali pakai.


Permasalahan

Permasalahan yang di hadapi dalam cuplikan film tersebut adalah kurangnya kesadaran masyarakat di India untuk menjaga kebersihan lingkungan. Dimana banyak sekali sampah plastik yang menumpuk di karenakan penggunaan plastik yang berlebihan dan tidak terkontrol, dan tidak menggunakan plastik sekali pakai. Tak hanya itu penduduk juga terbiasa membakar sampah plastik, padahal hal tersebut sangat membahayakan kesehatan. Selanjutnya sekilas bila di perhatikan sepertinya sampah sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat di India, karena menganggap hal tersebut sebagai permasalahan biasa padahal hal tersebut sangat penting bagi keberlangsungan hidup.

 

Opini saya

Setelah melihat film pendek tersebut saya mendapatkan pengetahuan baru terkait bertapa pentingnya untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan hal kecil yaitu mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Karena tanpa di sadari bahwa permasalahan besar tercipta dari hal-hal kecil. Kemudian sangat di sayangkan sekali penduduk di India sangat kurang bahkan sangat minim untuk peduli terhadap kelestarian lingkungan, sehingga kehidupan menjadi tidak sehat karena hidup  berdampingan dengan sampah, terutama sampah plastik. Harapan saya hal tersebut dapat kita jadikan pelajaran agar di daerah tempat tinggal kita dapat selalu menjaga kebersihan lingkungan agar alam tetap terjaga, dan juga mengurangi penggunaan sampah plastik yang berlebihan.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar