31.10.22

MERINGKAS ARTIKEL KORAN & OPINI SAYA TENTANG SAMPAH YANG MENGGUNUNG DI PULAU DERAWAN

 



Sampah Menggunung Di Derawan

Essay 1

Psikologi Lingkungan

Oleh :

Putri Dahliani (21310410110)

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta, MA

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Topik

Kadis DLHK meminta masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

 

Sumber


TribunKaltim, Minggu 8/5

Ringkasan

 

 

 

 

Sebelumnya, terjadi penumpukan sampah yang beras di bibir pantai pulau derawan merupakan efek dari peningkatan wisatawan yang drastis.

Kepala Dinas DLHK Berau, Sujadi mengatakan perintah juga langsung turun dari intruksi Bupati. "Iya sudah diangkut, kemarin Bupati juga yang meminta karena ditunjukkan gambarnya" bebernya kepada teibunkaltim.

Sesuai laporan sujadi, dari pihak petugas kebersihan di pulau Derawan, sampah tersebut berasal dari penginapan dan juga berasal dari kiriman di bibir pantai

Sementara petugas sampah di derawan hanya terdisir dari 4 orang. Sujadi menjelaskan memang untuk pengangkutan sampah di pulau derawan tidak seperti di kota. 

Ia juga meminta agar masyarakat bisa ikut bekerja sama dalam menangani kebersihan di pulau derawan. Untuk pengankutan peratama, pihaknya mencatat sebanyak 30 ton yang terangkut. "Kita tetap harus bijak terhadap sampah sendiri." Tutupnya.


Permasalahan

 

 

- Menumpuk nya sampah di pulau derawan

- kurangnya petugas kebersihan

 

Opini saya

 

 

 

Menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan adalah kewajiban kita.  Hal itu tentu saja membutuhkan kesadaran dari diri sendiri agar kita dapat menikmati lingkungan yang bersih, nyaman dan sehat. Dengan demikian akan mengurangi resiko menumpuk nya sampah pada lingkungan tersebut. Selain itu kita juga bisa memanfaatkan sampah untuk bisa di daur ulang,di jadikan kerajinan, pupuk kompos, dll.




0 komentar:

Posting Komentar