16.10.22

MERINGKAS ARTIKEL KORAN DAN OPINI SAYA TERHADAP HEWAN YANG DIPELIHARA

 

Essay 1 Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta, MA

Disusun oleh : Deriska Indah Asokawati (21310410010)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

 


 

Topik

Cerita Ratri dan Arya sebagai sepasang suami istri yang hidup bareng bersama kucing kesayangannya.

Sumber

Jawa Pos, Minggu 16 Oktober 2022. Halaman 8

Ringkasan

Ratri Endah Rahayu lahir dari keluarga yang memelihara banyak hewan dirumahnya. Dan dari situ Ratri jadi punya empati yang besar terhadap kucing liar.

Cimito adalah kucing yang sering membuat Arya cemburu karena Ketika mereka sedang berkencan Ratri sering mengecek layar handphonenya Cuma karena ingin melihat apa yang sedang Cimito lakukan.

Cilo mereka temukan dihalaman rumah Arya. Waktu itu mereka mendengar ada suara anak kucing yang teriak-teriak. Ketika mereka cek ternyata anak kucing itu nyangkut dimobil Arya. Ratri ingin mengadopsinya tapi sempat ditolak oleh orang tua Arya karena dirumah itu sudah ada tiga kucing. Ratri sempat meminta waktu sampai mereka pindah rumah dan Cilo rencanannya akan dibiarkan berada diluar rumah saja, tapi karena rasa sayang Ratri terlalu besar terhadap Cilo maka Cilo dipelihara didalam rumah seperti kucing lainnya.

Kalau Cimol dan Telon, mereka adalah ibu dan anak yang ditemukan dikomplek rumah baru mereka. Awalnya Cimol hanya datang sendiri untuk meminta makan. Saat itu Ratri memakai jasa Animal Communicator untuk menanyai keadaan Telon. Ternyata Cimol sengaja tidak membawa Telon untuk meminta makanan dirumah Ratri karena sudah banyak kucing didalam rumah itu, dan ternyata Telon juga sakit Tumor yang mengharuskan Ratri untuk membaawanya ke vet. Setelah pulang dari vet Ratri meminta Telon untuk menjadi baik dengan kucing lainnya dirumah.

Ratri dan Arya yang masih bekerja dan sering dinas keluar kota merasa sedikit kesulitan untuk mengurus empat kucing sekaligus. Mereka sempat menggunakan jasa pet hotel tapi kucing kucing ini jadi stress dan sakit jadi sekarang mereka lebih sering menitipkan kucingnya kekeluarganya atau teman yang mereka percaya.

Sekarang mereka selalu melakukan ritual ketika ingin pergi jauh, mereka harus menyiapkan segala makanan dan minuman yang banyak, dan harus pamitan ke kucing kucingnya agar para kucingnya tidak sedih dan merasa ditinggalkan.

 

Permasalahan

Ratri dan Arya mencurahkan kasih sayangnya terhadap empat kucing ( Cimito, Cito, Cimol, Telon) dirumahnya yang mereka rawat.

Opini saya

Selalu cek bawah kendaraan kalian, siapa tau ada kucing yang nyangkut atau berteduh dibawah kendaraan kalian.

Sekarang ada jasa animal communication untuk mengetahui isi hati peliharaan kalian atau ingin mengetahui penyakit peliharaan kalian, kalian bisa percaya jasa ini ataupun tidak tergantung kepercayaan kalian.

 

 



0 komentar:

Posting Komentar