30.10.22

MERINGKAS ARTIKEL KORAN DAN OPINI SAYA TENTANG MENYULAP LIMBAH MENJADI EKOENZYM BERMANFAAT

 


MENERAPKAN DAUR ULANG LIMBAH MENJADI EKOENZYM

Adnan Askuri (19310410060)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

2022


 

Topik

Limbah sampah yang keberadaanya selalu menyusahkan warga dan meresahkan lingkungan karena disamping bau yang tidak sedap bisa juga menjadi sumber penyakit dan mengotori lingkungan, makanya dilakukan pengolahan limbah menjadi ekoenzym agar masyarakat bisa lebih bersahabat dengan limbah.

Sumber

Ragam (2022). Menyulap limbah menjadi ekoenzym bermanfaat. Kedaulatan Rakyat 11 oktober hal 19.

Ringkasan

·         Keberadaan limbah selalu menyusahkan tapi tidak bisa dipungkiri sampah limbah selalu ada setiap hari, karena kegiatan masyarakat pun pasti ada yang menghasilkan limbah bisa dari rumahan, peternakan, pabrik DLL. Makanya perlu penanganan koprehensif agar limbah tidak menjadi musuh kita.

·         Beberapa warga pulesari, wonokerto, turi, sleman sangat antusias saat diselengarakan program pemda soal belajar untuk membuat limbah menjadi ekoenzym, ekoenzym sendiri bisa banyak manfaat untuk warga dan memiliki nilai jual, ekoenzym merupakan cairan serbaguna yang dihasilkan dari proses fermentasi sisa-sisa sampah domestic diantaranya sisa buah atau sayuran dan ekoenzym ini memiliki manfaat serbaguna untuk keperluan luar (bukan untuk dikonsumsi) diantaranya sebagai pembersih air purifier , membersihkan logam, pupuk pertanian, sabun cuci piring dan sabun pel lantai, bahkan bisa untuk menyembuhkan beberapa luka pada kulit luar.

·         Pemberdayaan masyarakat tentang limbah didaerah turi dilaksanakan di dua desa yaitu pulesari,wonokerto,turi,sleman dan pancoh,girikerto,turi,sleman karena dua desa ini adalah icon destinasi wisata daerah turi. sleman. Kementrian pariwisata, ekonomi kreatif RI, Badan pariwisata dunia (UNTWO) mendampingi kedua desa tersebut untuk memperkuat monitoring centre sustainable tourism observatory yang harapannya pengelola desa wisata tersebut dapat mengimplentasikan pengelolaham limbah cair domestic khususnya pembuatan ekoenzym dapat dilakukan secara monoton dan stabil kemudian diperbesar sekalanya untuk manfaat masyarakat turi, sleman, Yogyakarta.

Permasalahan

Di daerah Turi,Sleman banyak desa wisata yang aktif dan cenderung ramai wisatawan, hal ini sejajar dengan banyaknya sampah dan limbah yang ditimbulkan baik sampah organik dan anorganic yang sebagian besar adalah limbah.

Opini saya

·         Walaupun ditempat wisata daerah turi banyak tempat sampah akan tetapi banyak wisatawan dari luar daerah yang membuang sampah tidak pada tempatnya, sehingga penanaman paham lingkungan bebas sampah dan limbah tidak hanya didaerah tertentu saja yang diperhatikan pemerintah tetapi semua jajaran masyarakat dipantau dan diberi arahan tentang sikap yang baik terhadap sampah ataupun diberi aturan sanksi yang jelas dan nyata..

·         Limbah dan sampah memang berbeda tetapi jika kita pintar dan bijak benda-benda tersebut bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, misalnya sampah anorganik yang tidak bisa terurai seperti ember plastic bisa digunakan untuk pot bunga dll (beberapa warga disini membakar sampah plasik padahal asap residu dari sampah plasik sangat berbahaya untuk manusia) makanya menurut saya jika lebih baik dicari manfaatnya dan diterapkan dahulu sebelum dibuang, missal dari limbah sisa sayur dan buah bisa disekam untuk pupuk dll.

 




0 komentar:

Posting Komentar