25.10.22

MERINGKAS ARTIKEL KORAN DAN OPINI SAYA TENTANG PENDANGKALAN SUNGAI KARENA PENEBANGAN LIAR

 



 ESSAY 1 PSIKOLOGI LINGKUNGAN

Meringkas Artikel Dari Media Cetak (Koran)

 Dengan Judul “Pendangkalan Sungai Picu Banjir Cilacap”

  

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A.

  

Oleh :

ALWIYAH DWI PRATIWI

(21310410034)

Kelas A (Reguler)

Semester Ganjil T.A 2022/2023

 

PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA



Pendangkalan Sungai Picu Banjir Cilacap

 

Topik

Adanya cuaca ekstrem di sebagian besar wilayah Jawa Tengah dalam beberapa minggu terakhir menyebabkan banjir di sejumlah wilayah di Jawa Tengah. Terutama di Kabupaten Cilacap, selain karena cuaca yang ekstrem, banjir yang terjadi juga  disebabkan oleh pendangkalan sungai.


Sumber

Bowo,P.(2022).Pendangkalan Sungai Picu Banjir Cilacap. Republika. 12 Oktober, hal.8.


Ringkasan

Cuaca ekstrem dan hujan yang terjadi terus menerus selama beberapa pekan terakhir membuat sebagian besar wilayah di Jawa Tengah terkena banjir.

Selain karena curah hujan yang tinggi, banjir yang terjadi di Kabupaten Cilacap juga disebabkan oleh pendangkalan beberapa sungai yang ada di Kabupaten Cilacap.

Hal ini disebabkan oleh perilaku manusia yang melakukan penebangan pohon di lahan perhutani yang kemudian mengakibatkan daya serap tanah menjadi berkurang. Pendangkalan juga disebabkan oleh perubahan tata guna lahan di kawasan hulu dan perubahan tata ruang di hilir sungai.

Banjir yang terjadi di Kabupaten Cilacap sudah ditangani dengan baik. Warga yang terdampak telah dievakuasi dan di tempatkan di lokasi penampungan yang lebih aman. Sementara itu, untuk bapak-bapak dan warga laki-laki dewasa dihimbau untuk menjaga lingkungan masing-masing.

 

Permasalahan

Pendangkalan sungai memicu banjir yang terjadi di Cilacap. Penebangan pohon di lahan perhutani mengakibatkan daya serap tanah menjadi berkurang. Pendangkalan juga disebabkan oleh perubahan tata guna lahan di kawasan hulu fan perubahan tata ruang di hilir.


Opini saya

 

Banjir merupakan sebuah bencana alam yang tidak dapat diprediksi kapan akan terjadi. Namun kita bisa mencegah penyebab terjadinya banjir. Misalnya banjir yang disebabkan oleh pendangkalan sungai karena penebangan liar dapat dicegah dengan tidak menebang pohon sembarangan dan melestarikan lingkungan agar daya serap tanah menjadi lebih baik. Selain itu, sebaiknya masyarakat tidak melakukan perubahan tata guna lahan di kawasan hulu dan perubahan tata ruang di hilir sungai secara terus-menerus agar tidak terjadi pendangkalan sungai.

 


0 komentar:

Posting Komentar