17.10.22

KOMPOS: PEMANFAATAN DARI SAMPAH DAPUR

 KOMPOS: PEMANFAATAN DARI SAMPAH DAPUR

Laporan Kuliah Lapangan Psikologi Lingkungan

Pengampu: Dr. Dra. Arundati Shinta 

Oleh: Alwiyah Dwi Pratiwi (21310410034) dan Meme Normasari (21310410088) 

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

 



 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi kompos adalah pupuk campuran yang terdiri atas bahan organik (seperti daun dan jerami yang membusuk) dan kotoran hewan. Hasil dekomposisi atau fermentasi bahan-bahan organik seperti sisa hewan, tanaman, dan limbah organik lainnya dapat menghasilkan kompos yang dimanfaatkan untuk memperbaiki struktur tanah, memperbaiki kehidupan mikroorganisme dalam tanah, menambah daya ikat air terhadap tanah, dan memperbaiki sifat-sifat tanah lainnya. Pembuatan kompos memiliki hubungan dengan sikap bertanggung jawab. Hal ini dikarenakan dalam pembuatan kompos terdapat berbagai proses yang harus dilakukan dan kompos harus selalu diperhatikan agar bisa panen dengan baik. Dengan demikian, seseorang harus memiliki sikap tanggung jawab dalam proses pembuatan kompos.

Cara-cara membuat kompos menurut  film youtube:

Berdasarkan sumber dari video youtube, beberapa alat dan bahan yang digunakan untuk membuat kompos adalah limbah jerami, rumput, pupuk kandang, MOL/Dekomposer, gayung, kayu,bambu, ember, dan terpal. 

Tahapan pembuatan kompos adalah sebagai berikut.

  1. Buat tempat minimal 1x1 (1m²) di atas permukaan tanah 
  2. Tumpuk jerami atau bahan organik lainnya setinggi 20 cm 
  3. Basahi tumpukan jerami (mikroba bekerja pada kelembaban 40-60%) 
  4. Taburkan pupuk kandang (decomposer) di permukaan jerami 
  5. Taburkan mikroba/MOL 
  6. Ulangi langkah 1-5 hingga ketinggian 5 lapisan tumpukan jerami mencapai minimal 1 meter dan pada lapisan teratas di basahi air
  7. Tutup dengan terpal (untuk menghindari dari sinar matahari langsung dan agar tidak terkena hujan) 
  8. Biarkan selama sekitar 1 minggu lalu biarkan 1 sampai 2 minggu lagi 

Setelah melewati tahapan pembuatan kompos, selanjutnya kompos dapat dipanen dalam jangka waktu 2 minggu. Cara mengaplikasikan kompos untuk tanaman dapat menggunakan kompos dengan mencampurnya pada tanah di pot, menaburkannya di atas permukaan tanah, atau sebagai pengganti mulsa (bahan-bahan kering seperti jerami). Selain itu dapat juga dilakukan dengan merendam sedikit kompos selama 24-48 jam, kemudian menyemprotkan air saringannya untuk menyuburkan tanaman.

Laporan kuliah lapangan: 

Tempat dan waktu kuliah lapangan dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2022 di kediaman dosen mata kuliah Psikologi Lingkungan, Ibu Arundati Shinta. Materi utama kuliah lapangan untuk Psikologi Lingkungan adalah tentang kompos.

Alat dan bahan untuk membuat kompos adalah gentong, timbangan, sendok, gunting, gayung, molase 3 tutup botol, tri choderma 2 sendok, garam 2 sendok, dolomit 200 gram, sampah kebun atau daun kering, daun pisang 700 gram, nasi 100 gram, eco enzim 2 gayung, sekam bakar 200 gram, sekam kayu bubuk 400 gram, dedak 800 gram, gula 630 gram, air, dan toping. Sampah kebun dan sampah dapur dipilah berdasarkan bentuk dan jenisnya.

Waktu yang diperlukan untuk memanen kompos adalah kurang lebih 21 hari. Proses panen kompos membutuhkan waktu yang cukup lama dikarenakan kompos harus melewati beberapa tahapan sampai siap panen. Banyak sampah yang diolah pada saat kuliah lapangan adalah sebanyak 2 gentong. Kemudian untuk jumlah hasil panen belum bisa ditentukan karena masih dalam proses pengomposan dan belum mencapai masa panen.

 

Kesimpulan:

Terlihat ada perbedaan dalam pembuatan kompos saat kuliah lapangan dengan di youtube. Perbedaan alat dan bahan yang digunakan serta cara dalam membuat kompos. Perbedaan yang paling menonjol adalah wadah untuk kompos. Saat kuliah lapangan wadah menggunakan gentong sedangkan di youtube menggunakan ember. Ciri khas Dosen dalam membuat kompos adalah menggunakan gentong sebagai wadah. Hal tersebut dipilih karena dengan gentong dapat mempercepat proses pembuatan kompos.

 

Daftar pustaka:

    Nurul Aini Ramadhani. Kompos: Pengertian, Jenis, Manfaat, Bahan, Kualitas, dan Pembuatan. https://foresteract.com/kompos/#1_Pengertian_Kompos. Diakses pada tanggal 17 Oktober 2022.

    Nenti Resna.2021.Cara Membuat Pupuk Kompos yang Dapat Dilakukan Siapa Saja. https://www.sehatq.com/artikel/cara-membuat-pupuk-kompos-yang-dapat-dilakukan-siapa-saja. Diakses pada tanggal 17 Oktober 2022. 

    Youtube: https://youtu.be/YiPCJ58sY5A. Diakses pada 17 Oktober 2022.


0 komentar:

Posting Komentar