11.7.22

Perkembangan UMKM

 Nama:ADE DIAH PALUPI

NIM :21310410081

ESSAY 3 Psikologi sosial

Essay ekonomi


Pemerintah dan Perkembangan UMKM

Usaha Mikro Kecil Menengah berpotensi meningkatkan ekonomi Indonesia di masa pandemi? Waktunya meningkatkan kualitas UMKM Indonesia! UMKM telah mendominasi perekonomian Indonesia bahkan menjadi penopang ekonomi Indonesia. UMKM Indonesia harus mampu bertahan dalam krisis serta berkembang untuk memulihkan dan mendongkrak ekonomi Indonesia. Untuk mencapai hal ini, dibutuhkan adanya dukungan dari pemerintah.Kontribusi UMKM pada Produk Domestik Bruto Indonesia sebelum pandemi sebesar60% bahkan jumlah pelaku UMKM mencapai 62 juta atau sekitar 98% dari pelaku usahanasional. Kurang berhasilnya upaya pembangunan bergantung pada perusahaan besarlah yangmemicu besarnya preferensi masyarakat untuk terjun ke dalam dunia UMKM. Selainmeningkatkan PDRB negara, UMKM juga menyerap banyak tenaga kerja sehingga tingkatproduktivitas masyarakat bertambah dan tingkat pengangguran di Indonesia berkurang.

Namun, setelah pandemi UMKM untuk makanan di daerah seperti Surabaya dan Jakarta sekitar 94% terkena dampak dari Covid-19. Mengingat UMKM sebagai penggerak rodaperekonomian nasional, kejadian ini tentu berdampak cukup besar bagi perkonomian Indonesia.

Peran pemerintah sangat dibutuhkan apalagi perekonomian Indonesia sedang dalam masa pemulihan. Untungnya, pemerintah menanggapi hal ini dengan sigap. Pemerintah memberikan sejumlah dana dan program khusus untuk meningkatkan kinjerja dan perkembangan UMKM seperti program listrik gratis dan bantuan langsung tunai (BLT) untuk modal usaha sebesar 2,4 juta. Hal ini membantu para UMKM baik dalam struktur modal maupun biaya. Tidak berhenti sampai di situ, UMKM juga perlu ditingkatkan dalam segi kualitas agar setiapUMKM juga semakin berkembang, terkenal, dan dapat bersaing. Kabar baiknya, meskipun dalam situasi pandemi pemerintah Indonesia telah meluncurkan pelatihan digital bagi para UMKM sehingga diharapkan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah dan ultra mikro mampu berusaha secara daring sekaligus bisa memperluas usaha mereka. Program dan bantuan tersebut merupakan salah satu dari beberapa program serta bantuan lainnya. Program dan bantuan dari pemerintah ini hendaknya dimanfaatkan sebaik- baiknya bagi para pelaku UMKM. Perihal kendala yang ada baik untuk pencairan dana atau juga data yang tersedia, para pelaku UMKM yang belum mendaftarkan UMKM nya disarankan untuksegera mendaftar. Seperti yang dikatakan oleh Bapak Jokowi, presiden Indonesia, diharapan semangat pelau UMKM jangan kendur. Terus maju UMKM Indonesia!

Sumber:

Adyatama, Egi. (2020). Jokowi Motivasi Pelaku UMKM yang Terdampak Covid -19.

Tempo,29 September.

Arnani, Mela. (2020). Bantuan Saat Pandemi Corona yang Bisa Didapatkan UMKM.

Kompas,25 Agustus 2020.

Indonesia, CNN. 2020. Sri Mulyani Ungkap Kendala Beri Pinjaman Modal

ke 

UMKM. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200720194849-532-526852/sri-mulyani-ungkap-kendala-beri-pinjaman-modal-ke-umkm

0 komentar:

Posting Komentar