11.7.22

Budaya Organisasi Kelas mengunggulkan dalam Lomba Sekolah

PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

Prestasi

Oleh: Ayu Pramesty Dwi Anggraini (21310410102)

Psikologi Kelas Reguler (A) 
Semester genap T.A. 2021/2022

Fakultas Psikologi 
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Essay Prestasi PIO

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA
 




Kelas dalam pendidikan memiliki sejumlah arti terkait. Kelas dapat berarti sekelompok murid yang menghadapi pelajaran ataupun kuliah tertentu di perguruan tinggi, sekolah, maupun lembaga pendidikan. Kelas juga bisa merujuk pada kegiatan belajar-mengajar itu sendiri. Di dalam kelas ada Struktur Organisasi yang terdiri dari Wali Kelas, Ketua Kelas, Wakil Ketua Kelas, Bendahara, Sekretaris, dan Anggota Kelas. Ketua Kelas sebagai penanggung jawab kelas dan juga menjembatani Wali Kelas ke anggota kelas.

Menjadi Ketua Kelas memiliki tanggung jawab mengatur anggota kelas untuk tertib, mewakilkan kelas akan informasi yang diberitahukan tanpa perlu semua anggota kelas menjadi perwakilan, dan masih ada tanggung jawab lainnya. Saat ada ajang perlombaan satu sekolah Ketua Kelas mengatur dan mempersiapkan anggota kelas untuk ikut dalam ajang perlombaan tersebut.

Saya pernah menjadi ketua kelas saat SMK dan memiliki anggota tetap selama 3 tahun, saat kelas 2 SMK / XI, kelas saya memiliki budaya organisasi dimana selalu menjaga kelas tetap bersih. Caranya bagaimana? Menyusun siapa saja yang akan piket membersihkan kelas setiap harinya, dan cara agar kelas tetap selalu bersih dengan mengadakan piket saat jam pulang sekolah dan mengunci kelas agar tidak di ganggu anak-anak yang tidak bisa menjaga kebersihan. Saat setiap memasuki kelas anggota kelas perlu melepas sepatu dan menaruh sepatunya di rak sepatu yang di sediakan. Perilaku tersebut menjadi budaya dari kelas saya, padahal kelas lain memakai sepatunya sampai masuk ke dalam kelas menjadi hal wajar, tetapi untuk kelas saya membuka sepatu menjadi kewajaran.

Budaya tersebut menjadi keuntungan tersendiri untuk kelas. Saat ada perlombaan desain kelas dan kebersihan kelas, karena budaya tersebut kita hanya perlu mendesain kelas menjadi bagus dengan tema HUT NKRI, kita memanfaatkan barang-barang bekas menjadi Hiasan seperti kaset bekas, botol bekas, dan lainnya. Barang-barang tersebut di cat menggunakan cat warna merah dan putih yang dibeli dengan pengumpulan uang kas kelas. Lalu kita juga membuat yel-yel sendiri untuk kelas.

Meskipun tidak memenangkan hadiah utama kelas saya di puji karena kebersihannya. Budaya organisasi tersebut bertahan sampai satu tahun penuh. Seperti yang di jelaskan Bu Shinta pada PPT PIO yang berjudul Budaya Organisasi, kelas saya memiliki wali kelas yang tegas dan pengertian ini salah satu yang menunjang penjagaan Budaya Organisasi, dan juga untuk menjaga Budaya Organisasi perlu adanya metode sosialisasi organisasi untuk mengatur tatanan struktur organisasi.

Budaya Organisasi yang baik akan memberikan dampak pada organisasi tersebut maupun individunya sendiri. Diperlukan kerja sama yang baik menghasilkan budaya organisasi yang baik juga.

DAFTAR PUSTAKA

Kelas (Pendidikan). Wikipedia. Diakses pada Senin, 11 Juli 2022 pukul 14.26WIB.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kelas_(pendidikan)

0 komentar:

Posting Komentar