9.7.22

PERANAN PENTING INTERAKSI SOSIAL DALAM KEHIDUPAN

 ESSAY 3 PSIKOLOGI SOSIAL

Oleh:

Arya Apolonio (21310410109)

Kelas (Reguler)

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A


FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA



"PERANAN PENTING INTERAKSI SOSIAL DALAM KEHIDUPAN"

Secara alamiah, kita mempunyai panggilan untuk selalu hidup bersama orang lain dan berinteraksi dengan mereka. Kebutuhan kita pada orang lain bukanlah kebutuhan sifatnya sekunder atau sebagai pelengkap untuk mengisi waktu luang saja. Kita membutuhkan orang lain seperti halnya kita membutuhkan udara untuk bernapas, air untuk diminum, ataupun makanan untuk dimakan. Kebutuhan kita akan interaksi sosial merupakan kebutuhan dasar yang melekat pada eksistensi kita sebagai manusia. Kita harus memenuhi kebutuhan interaksi sosial tersebut, jika tidak kita akan mengalami ketidakseimbangan eksistensial dan hidup akan terasa hampa. 

Interaksi sosial yang kita butuhkan tentu tidak hanya sekadar interaksi biasa, tapi interaksi sosial yang berkualitas yang dibangun atas dasar kasih sayang, ketulusan, dan harmoni. Nilai-nilai sosial masyarakat di dunia memang berbeda. Setiap budaya memiliki nilai-nilai tertentu yang dianggap lebih penting. 

Selanjutnya untuk memahami arti interaksi sosial lebih lanjut saya melakukan sebuah wawancara kepada seorang responden untuk melihat pemahamannya terkait dalam memahami interaksi sosial. Adapun responden responden yang saya pilih bernama Angelina Putri Hedaya mahasiswa Prodi Farmasi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tanjungpura Pontianak.

Pewawancara: halo apa kabar, hari ini apakah kakak sudah melakukan kan interaksi dengan orang terdekat seperti orang tua, adik, tetangga dan teman? Pasti sudah dong hihi. Nah karena hari ini sudah melakukan sebuah interaksi dengan ruang lingkup terdekat, jadi apa yang kakak ketahui tentang sebuah interaksi sosial? Bisa dijelaskan sedikit kak

Narasumber: Puji Tuhan baik, Iya sudah. Setahu saya interaksi sosial itu aktivitas dimana individu atau kelompok melakukan kontak dengan orang-orang disekitarnya.

Pewawancara: Wah benar sekali kak, bahwa interaksi sosial adalah sebuah hubungan timbal balik antar individu untuk menjalin sebuah hubungan komunikasi. Nah semisal kan ketika kakak nih berada dalam posisi bersedih, apakah biasanya kakak melakukan sebuah interaksi dengan orang lain untuk membantu menghilangkan rasa kesedihan tersebut?

Narasumber: Iyaa biasanya saya melakukan curhat dengan orang-orang terdekat yaitu ibu saya  untuk mengurangi kesedihan yang saya alami.

Pewawancara: Selanjutnya kak, selain di lingkungan keluarga dan tempat tinggal apakah kakak terbiasa melakukan interaksi dengan orang baru?

Narasumber: Saya sangat senang berinteraksi dengan orang baru

Pewawancara : Wahh bagus sekali kak. Nah kakak kan senang berinteraksi dengan orang baru ni. Jadi apa pandangan kakak ketika menemukan orang yang sulit untuk di ajak interaksi?

Narasumber: Pandangan saya tentang orang yang sulit diajak berinteraksi yaa saya paling memaklumi nya apabila dia tidak menanggapi ajakan saya untuk berinteraksi, mungkin dia memang memiliki masalah dalam berkomunikasi dengan orang baru atau ada trauma. We never know.

Pewawancara: Benar sekali kak, jadi ketika berhadapan dengan orang seperti itu maka kita tidak boleh terlalu berharap ia memberikan jawaban atas pertanyaan yang kita berikan kepadanya, ya karena tentu setiap orang memiliki alasannya sendiri untuk lebih memilih berdiam diri dari pada senang berinteraksi.

Untuk mencapai interaksi sosial yang harmonis dan didasari dengan kasih sayang bukanlah sesuatu yang mudah. Menyatunya dua orang atau lebih dengan latar belakang yang beragam menyimpan potensi konflik yang cukup terbuka. Proses interaksi sosial tersebut tampak kompleks. Maka dari itu lakukan interaksi sosial dengan orang yang mampu membangun kepribadian menjadi lebih baik dan juga selalu melakukan interaksi dengan orang baru agar mendapatkan pengalaman baru dari setiap peristiwa.


Daftar pustaka:

1. Dr.Agus Abdul Rahman, M.psi. 2013 "Pengantar psikologi sosial". Divisi buku perguruan tinggi. PT. Raja Gafindo Persada jakarta.

2. Sumber gambar; Di unduh jumat,9 julib2022 pukul 23:40 WIB. https://www.google.com/imgres?imgurl=https%3A%2F%2Fsaintif.com%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F07%2Finteraksi-sosial-adalah.jpg&imgrefurl=https%3A%2F%2Fsaintif.com%2Finteraksi-sosial-adalah%2F&tbnid=nt4bUcISyguMlM&vet=1&docid=Rk46fHMGvEyyeM&w=1600&h=1200&source=sh%2Fx%2Fim.


0 komentar:

Posting Komentar