19.7.22

Pentingnya Pendidikan dan Karir disaat Kebijakan Organisasi sangat Egois dan Selfish

Essay Ujian Akhir Semester

Psikologi Industri dan Organisasi

Maliqazuhra Iqbal (21310410003)

Kelas Reguler

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Semester Genap T.A 2021/2022

Pendahulan

Kebanyakan kebijakan organisasi dinilai sangat egois dan selfish yang sangat membuat para karyawan menjadi tidak nyaman , Nah, sebelum kita membahas lebih jauh tentang ini kita akan membahas secara singkat tentang pengertian egois dan selfish?

Selfish adalah situasi ketika kamu tidak mau mendengarkan masukan dari orang lain sama sekali. Secara umum setiap orang mempunyai pola pikir masing-masing terhadap suatu hal dan sering ingin orang lain satu pendapat dengannya. Hal ini dapat memicu munculnya problematik mengenai perbedaan pendapat dan kerap ditemukan dalam diskusi organisasi atau kelompok. Orang yang selfish merupakan orang yang tidak mau mendengarkan pendapat orang lain. Ia selalu percaya bahwa pendapatnya lah yang paling baik dan pendapat orang lain adalah suatu hal yang salah. Mengakibatkan, ia sangat memaksakan keinginannya dan menjelekkan pendapat yang lain, biasanya ini dikarenakan self-love yang tidak dapat mengontrol esmosinya. Sedangkan, Egois yakni ketegasan untuk kepentingan diri sendiri, organisasi maupun kelompok yang memiliki prinsip yang konsisten pada kebenaran yang dipegang.

Jadi kareteristik egois dan selfish sangat tidak baik apabila dimiliki oleh individu maupun oleh organisasi. Lalu, seberapa penting organisasi untuk memberikan Beasiswa kepada karyawan? Menurut saya sebaik baiknya organisasi adalah organisasi yang mensupport para karyawannya untuk lebih berkembang dan  menjadi SDM yang unggul. Seperti yang dikukan oleh PT Pegadaian (Persero) yang memberikan beasiswa bagi insan Pegadaian untuk dapat bisa melanjutkan pendidikan MBA di Amerika Serikat, pegadaian telah memilih 5 kandidat terbaik untuk diberangkatkan dalam rangka menciptakan SDM yang unggul pada tanggal 13 Agustus 2022. Seperti yang kita ketahui banyak dampak positif bagi individu dan perusahaan ketika sama-sama mementingkan pendidikan.

Ada 3 alasan yang membukan pandangan untuk melanjutkan pendidikan Pascasarjana, yaitu:

1. Satu langkah lebih unggul

    Apabila kamu sudah mendapatkan gelar sebagai master, maka ini adalah satu langkah lebih unggul dibandingkan dengan pendidikan sarjana. Ketika dalam dunia kerja pun magister juga akan lebih bisa diunggulkan.

2. Pertumbuhan Intelektual

    Apabila kamu melanjutkan pendidikan S2, maka intelektual kamu pun juga akan lebih meningkat. Karena banyaknya perbedaan sehingga membuat kamu harus melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi lagi.

3. Karakter yang dibentuk menjadi lebih matang

    Melanjutkan pendidikan S2 secara tidak langsung akan membentuk karakter yang lebih matang lagi. karena saat kamu Kuliah Magister, lingkungan yang kamu temui tidak seperti saat pendidikan sarjana yang masih seperti anak SMA. Akan tetapi saat Magister, kamu akan menemukan banyak teman yang usianya jauh dari usia kamu, sehingga membuat cara berpikirnya pun juga lebih dewasa. Dan Kuliah Pascasarjana akan menjadikan sebagai salah satu tempat yang paling tepat untuk mendapatkan koneksi baru dan menjalin pertemanan. Di sana, kamu akan berada pada suatu kelompok yang mengerjakan proyek tertentu, sering menjalin koneksi dan bisa saling bertukar pengalaman.

    Apa jadinya dengan dunia kerja pada masa depan yang selalu mendambakan tenaga kerja yang berkualitas, namun kebijakannya selfish / egois tersebut? Menurut saya yang akan terjadi kurang-nya rasa nyaman serta akan membuat kualitas SDM yang menjadi kurang unggul dan akan berdambak buruk untuk negeri kita. Oleh sebab itu sebaiknya organisasi memberikan kesejahteraan terhadap karyawan, karena tidak bisa dipungkiri bahwa karyawan merupakan aset terpenting dari sebuah organisasi/perusahaan. Karyawan yang merasa nyaman dengan lingkungan kerjanya, akan mempengaruhi produktivitas kerja dari karyawan itu sendiri. Secara tidak langsung, karyawan yang sejahtera akan membuat organisasi untuk berkembang dan lebih cepat dalam mencapai tujuannya.

    Jelaskan apa yang akan lakukan bila Anda menjadi karyawan pada organisasi tersebut. Anda bersedia / tidak bersedia menuntut ilmu lanjutan? Ketika saya berada di organisasi tersebut saya akan memilih untuk kuliah sambil kerja, apalagi semenjak pandemi membuat kuliah menjadi online dan kerja pun kebanyakan WFH hal tersebut membuat keputusan ini mungkin untuk dilakukan. Adapun dampak positif dan negatif yang di terima ketika mahasiswa kuliah sambil kerja:

Dampak positif:

v Melatih kemandirian.

v Mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan pribadi dan kuliah.

v Memiliki pengalaman di luar kelas.

v Bertanggung jawab.

Sedangkan dampak negative :

v Waktu istirahat yang lebih sedikit

v Sering lembur untuk mengerjakan tugas

v Berkurang nya waktu bermain/ nongkrong bersama teman-teman.

Kesimpulan

    Perkuliahan maupun pekerjaan sama-sama menjadi prioritas yang harus dijalani dengan beriringan, tidak bisa memihak sebelah. contohnya karena setelah memiliki pekerjaan kamu akan lalai dengan tugas-tugas kuliahmu dan lebih fokus dengan pekerjaanmu, atau cenderung seenaknya di pekerjaanmu dengan menjadikan tugas kuliah sebagai alasannya dan menyusahkan rekan sepekerjaan. Kuliah sambil kerja adalah dua hal yang sama penting nya dalam kehidupan mu saat ini, oleh karena itu kamu harus tetap menjaga stamina dan juga mengatur pola makanmu, tidur yang cukup, dan pintar-pintar dalam membagi waktu untuk perkuliahan maupun pekerjaan.

Daftar Pustaka

Kupasiana.psikologiup45.com, S. Arundati, (2020),Contoh pengerjaan Soal Ujian, diakses 18 Juli 2022, dari

http://kupasiana.psikologiup45.com/2020/06/contoh-pengerjaan-soal-ujian.html

Kompasiana.com, I. Naylatul, (Jun2022), Dampak Positif dan Negative bagi Mahasiswa yang Kuliah Sambil Kerja, diakses 18 Juli 2022, dari

https://www.kompasiana.com/nylzzhhh_/62b7d76ecfc22e36007be6a2/dampak-positif-dan-negative-bagi-mahasiswa-yang-kuliah-sambil-kerja?page=all#sectionall

Linovhr.com, A. Meirza, (Feb2022), Program Kesejahteraan Karyawan, diakses 18 Juli 2022, dari

 https://www.linovhr.com/program-kesejahteraan-karyawan/

Detik.com, D. Erika, (Agu2021), Tingkatkan Kualitas Karyawan, Pegadaian Beri Beasiswa Pendidikan ke AS, diakses 18 Juli 2022, dari

https://news.detik.com/berita/d-5682995/tingkatkan-kualitas-karyawan-pegadaian-beri-beasiswa-pendidikan-ke-as

Pendidikan.infoasn.id, A. Putu, (Jun2021), Pentingnya Melanjutkan Pendidikan Pascasarjana, diakses 18 Juli 2022, dari

https://pendidikan.infoasn.id/pentingnya-melanjutkan-pendidikan-pascasarjana/

0 komentar:

Posting Komentar