19.7.22

pentingnya kerjasama untuk kemajuan suatu organisasi

PENTINGNYA KERJASAMA UNTUK KEMAJUAN SUATU ORGANISASI


ESSAY UJIAN AKHIR SEMESTER PSIKOLOGI INDUSTRU DAN ORGANISASI

Semester Genap TA 2021/2022

Oleh : Nia Zulkhaini (21310410097)

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Dosen pengampu: Dr. Arundati Shinta, MA

 PENDAHULUAN

Psikologi Industri dan Organisasi merupakan cabang ilmu dari psikologi yang mempelajari seputar dunia industri dan organisasi dengan pengaplikasian ilmu psikologi. Cabang ilmu tersebut terfokus pada studi perilaku manusia dalam pekerjaan, organisasi, dan prodktivitas. Banyak pilihan karir untuk sarjana lulusan psikologi, namun jika anda mengambil PIO kemungkinan pekerjaan anda akan terkait dalam dunia profesional.

Psikologi Industri dan Organisasi memiliki peran yang penting dalam mengembangkan sumber daya manusia dan organisasi. Seperti halnya melakukan penilaian dan penyusunan hal-hal berikut:

1.       Rekrutmen dan seleksi

Rekrutmen merupakan suatu upaya untuk mengajak orang yang sesuai kualifikasi untuk melamar suatu pekerjaan. Seleksi merupakan proses pemilihan pelamar yang melibatkan standar tertentu pekerjaan.

2.       Sikap kerja

Meliputi kepuasan kerja, komitmen, Organizational Citizenship behavior, Antisocial behavior in workplace.

3.       Training dan pengembangan

Training merupakan suatu proses dimana individu mendapatkan kemampuan, pengetahuan, keterampilan untuk mencapai tujuan organisasi.

4.       Penilaian kerja

Penilaian dilakukan untuk melihat perkembangan kinerja individu, apakah semakin baik atau malah semakin buruk.

Pendekatan industri berfokus pada penentuan kompetensi yang dibutuhkan dalam melakukan pekerjaan dan berhubungan dengan organisasi kepegawaian.industri juga dimaksudkan pada kompetensi yang dimiliki karyawan dan bagaimana kompetensi karyawan dapat ditingkatkan melalui training. Pendekatan organisasi menciptakan stuktur organisasi dan budaya yang memotivasi karyawan untuk melakukan pekerjaan. Organisasi juga memberikan informasi yang diperlukan karyawan untuk melakukan pekerjaan mereka. Organisasi memberikan situasi yang aman bagi pekerja.

Psikologi Industri dan Organisasi memiliki fungsi dan peranan positif bagi suatu organisasi yang bermanfaat untuk membantu organisasi dan perusahaan dalam mencapai tujuan, menjembatani kebutuhan individu dan kebutuhan organisasi, meningkatkan kemampuan idividu dalam setting kerja sehingga bukan hanya meningkatkan kompetensi individu tetapi juga mengembangkan perusahaan.

Dapat dilihat bahwasannya ilmu PIO sangat berperan penting dalam kemajuan suatu organisasi. Juga peranan karyawan dan atasan yang bisa saling bekerjasama akan lebih mempermudah untuk bersama-sama mencapai tujuan suatu organisasi tersebut. Namun sangat disayangkan tidak sedikit terdapat atasan yang egois dan selfish. apabila ada seorang karyawan yang ingin menuntut ilmu lebih tinggi lagi namun organisasi sama sekali tidak bersedia membantu keinginannya untuk menuntut ilmu yang lebih tinggi tersebut. Sama sekali tidak ada dukungan dari organisasi tersebut seperti halnya tidak memberikan cuti saat karyawan melaksanakan ujian di Kampus. tidak peduli dengan progres studi dan tidak peduli dengan keinginan menggali potensi diri karyawan tersebut. Namun anehnya saat sudah lulus dari program studi tersebut, organisasi bersedia mempromosikan kemampuan karyawan dan memetik manfaat dari ilmu yang didapatnya. Apa jadinya dengan dunia kerja pada masa depan yang selalu mendambakan tenaga kerja yang berkualitas, namun kebijakannya selfish / egois tersebut? indikator kepuasan kerja dapat di nilai dari lingkungan kerja yang baik dapat membuat karyawan merasa nyaman dalam bekerja dan kepuasan terhadap atasan. Dapat dilihat bahwasannya lingkungan pekerjaan sangat berperan penting bagi hasil kinerja karyawan, jadi yang akan terjadi apabila kebijakan atasan selfish dan egois akan menghambat kinerja karyawan dan tentunya berdampak kepada perusahaan yang semakin sulit untuk mencapai tujuannya.

Anda bersedia / tidak bersedia menuntut ilmu lanjutan? Tentu saya bersedia melanjutkan program studi lanjutan, karena dengan begitu saya akan mendapatkan ilmu yang sebelumnya belum saya miliki, akan lebih meningkatkan softkill saya untuk memajukan perusahaan dan pastinya saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa tetap konsisten dengan waktu antara bekerja dengan pendidikan.

Jelaskan apa yang akan lakukan bila Anda menjadi karyawan pada organisasi tersebut?. yang perlu dilakukan sebagai karyawan kepada atasan yang egosi dan selfish yaitu dengan bersikap tegas, katakan bahwa perlakuan atasan itu salah dan mencoba berani bicara bahwa keegoisan akan menghambat keberhasilan perusahaan, mencoba meyakinkan atasan bahwasannya dengan melanjutkan studi lanjut akan memperluas pengetahuan dan tidak akan menghambat pekerjaan. Semakin tinggi ilmu, semakin banyak pengetahuan akan mempermudah jalan menuju kesuksesan.

 penutup

karyawan merupakan unsur terpenting dalam menentukan maju mundurnya suatu perusahaan, tentu dengan bertambahnya ilmu yang didapat akan semakin memperbaiki kinerja karyawan yang memadai dalam perusahaan. Setiap karyawan memiliki kemampuan yang berbeda dalam mengelola beban pekerjaan, jika beban pekerjaan melampaui batas kemampuan karyawan maka akan mengakibatkan stress. Apabila stress terjadi dalam bekerja, akan berpengaruh secara langsung pada kinerja karyawan. Menghormati perbedaan individu akan menguntungkan tempat kerja dengan menciptakan keunggulan kompetitif dan meningkatkan produktivitas kerja.

Dapat disimpulkan bahwa dalam suatu organisasi sangat dibutuhkan peranan yang baik antara atasan dan karyawan. Saling mendukung satu sama lain, sebagai atasan harus mampu memahami keinginan, dan kemampuan karyawan. Karena lingkup kerja yang sehat bagi mental adalah suatu lingkup kerja yang sangat didambakan oleh semua orang karena kita akan merasa aman dan nyaman dalam organisasi tersebut dan tentunya akan berpengaruh kepada potensi kerja yang semakin baik dan akan mempermudah jalan untuk mencapai tujuan organisasi.

DAFTAR PUSTAKA

Nugrah,Devi Martiningtyas Ayu & Handoyo, Seger.2018. HUBUNGAN WORKPLACE INCIVILITY BEHAVIOR DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING DAN PSYCHOLOGICAL DISTRESSPADA KARYAWAN SELES DI INDONESIA. Jurnal Psikologi dan Indutrsi. 2(7) : 15-26. http://url.unair.ac.id/cf758369

Rahadi, Rianto Dedi & Susilowati, Etty. 2019. Perilaku organisasi konsep dan Implementasi. Bogor: PT.Filda Fikrindo.

https://kampuspsikologi.com/psikologi-industri-dan-organisasi/?amp

https://barki.uma.ac.id/2021/12/06/pengertian-psikologi-industri-organisasi-pio-serta-perkembangan-dan-spesialisasinya/

https://money.kompas.com/read/2020/09/05/150521926/atasan-semena-mena-hadapi-dengan-cara-ini-agar-tak-ditindas terus?page=1*19f1g84*other_jxampid*OXA2cDI2b0VJa0M0RjBzVWM1cXNtNUsyN1QxU2tlYUIFd2JJU042VUt6N3VDOHZxeWtjeXNCcldhNWtuR01UVA..#page2

 

0 komentar:

Posting Komentar