19.7.22

CARA EFEKTIF MEMBAGI WAKTU ANTARA PEKERJAAN DAN MELANJUTKAN KULIAH

 


ESSAY UJIAN AKHIR SEMESTER 
PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI
Semester Genap T.A 2021/2022
Dosen Pengampu:
Dr. Arundati Shinta, M.A.
Oleh :
ADE DIAH PALUPI
(21310410081) 
Kelas A (Reguler)
PROGRAM STUDI PSIKOLOGI
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA
CARA EFEKTIF MEMBAGI WAKTU ANTARA PEKERJAAN DAN MELANJUTKAN KULIAH

Tidak sedikit mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia yang menuntut ilmu sembari bekerja. Penyebabnya bisa karena tuntutan keadaan atau keinginan sendiri. Kuliah sambil bekerja dapat berdampak positif. Namun, hal ini tentu banyak menyita waktu sehingga pendidikan atau pekerjaan rawan terbengkalai. Apabila memilih kuliah sambil bekerja, Anda wajib bijaksana dalam mengatur waktu. Berikut beberapa tips praktis cara mengatur waktu agar kuliah dan pekerjaan tetap lancar. 

Ada beberapa cara yang akan membantu saat mengalami situasi seperti ini antara lain :

1.Atur jadwal dan patuhi.

Pengaturan jadwal dapat lebih mudah dilakukan jika penjadwalan sif kerja dan sesi perkuliahan bersifat tetap. Ada baiknya membuat agenda harian sejak jauh-jauh hari. Rinci kegiatan-kegiatan esensial dan tulislah dalam agenda tersebut. Apabila ada kegiatan wajib yang saling bertabrakan, Anda bisa mengoordinasikannya dengan atasan atau dosen atau siapa pun yang terkait, sejak jauh-jauh hari.

2.Bentuk pola belajar yang efisien.

Efisiensi pola belajar sangat penting agar Anda dapat melalui kuliah dengan baik. Agar pembelajaran Anda efisien, cobalah untuk menyediakan waktu khusus untuk belajar atau mengerjakan tugas perkuliahan. Saat mengikuti sesi perkuliahan, penting juga untuk mencatat materi dan penugasan yang diberikan. Mencatat akan membuat Anda lebih mudah mengingat. Mengikuti materi dengan saksama akan membuat Anda tidak ketinggalan pelajaran dan harus lembur mempelajari materi menjelang ujian.

3.Bentuk pola kerja yang efisien.

Untuk bekerja secara efisien, Anda bisa merinci tugas-tugas yang menjadi tanggung jawab Anda. Buatlah daftar itu berdasarkan skala prioritas dan tingkat kesulitan. Dengan mengetahui prioritas dan tingkat kesulitan kerja, Anda dapat mengatur urutan pekerjaan sehingga tidak ada tugas penting yang terlewat dan Anda tidak kelelahan. Penting juga untuk merapikan tempat kerja. Misalnya, Anda bisa menata perangkat atau berkas penting di tempat tertentu yang mudah dijangkau. Jika keperluan kerja tertata, Anda dapat bekerja secara efisien.

4.Mengelola stres dan mengatur fokus.

Kesibukan kuliah sambil bekerja tentu membuat seseorang rawan terkena stres. Aspek ini pun harus diperhatikan bila Anda ingin kuliah sambil bekerja. Salah satu yang rawan menjadi penyebab stres adalah pekerjaan atau perkuliahan yang terbengkalai. Untuk mengatasinya, Anda sebaiknya membagi fokus ketika sedang berkegiatan. Ketika sedang bekerja, jangan memikirkan perkuliahan. Begitu pula sebaliknya.

Jika lelah selama berkegiatan, ada baiknya Anda beristirahat dulu selama 10-15 menit untuk menjernihkan pikiran. Kelelahan juga dapat diantisipasi dengan menjaga waktu tidur yang cukup. Jika memiliki waktu senggang pada malam hari, biasakan segera tidur dan jangan sampai begadang.

Hal ini akan terasa mudah jika kita dapat menempatkan diri di setiap kegiatan dan mengimbangi antara pekerjaan satu dengan yang lain, membagi waktu memanglah hal yang sulit tapi bukan berarti kita tidak bisa melakukan nya bukan. 


DAFTAR PUSTAKA 

Muryanawaludin. 2022. ”Penyebab Kerja Sambil Kuliah Kurang Efektif”.https://universitassuryadarma.ac.id/penyebab-kerja-sambil-kuliah-kurang-efektif/. Diakses tanggal 18 Juli 2022.


0 komentar:

Posting Komentar