6.7.22

PENTINGNYA INTERAKSI SOSIAL DAN MODAL SOSIAL DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT




Essay 3 Psikologi Sosial

Disusun Oleh: Tiyas Wulandari (21310410108)

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, MA

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

 

         Manusia merupakan makhluk yang diciptakan untuk saling memberi manfaat satu sama lain, karena manusia merupakan makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat hidup dan mencukupi kebutuhannya sendiri, bahkan manusia yang memiliki kedudukan serta kekayaan akan tetap membutuhkan manusia lain. Dalam hidup setiap individu cenderung berkomunikasi, berinteraksi, dan bersosialisasi dengan individu lainnya. Dengan demikian interaksi sosial serta modal sosial penting dalam kehidupan bermasyarakat.

        Interaksi sosial adalah hubungan timbal baik antar individu maupun kelompok untuk menjalin diskusi dan kerjasama yang diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Interaksi sosial merupakan penggambaran dari modal sosial dalam hal akses terhadap jejaring sosial dan pertisipasi dalam kelompok. Modal sosial adalah sumber daya yang dimiliki oleh masyarakat dalam bentuk norma atau nilai yang memfasilitasi dan membangun kerjasama melalui jaringan interaksi dan komunikasi yang harmonis dan kondusif. Sehingga individu dalam suatu kelompok masyarakat dapat mencapai tujuan bersama yang lebih efektif dan efisien. Modal sosial memiliki beberapa elemen dan komponen yang bermanfaat bagi kehidupan bermasyarakat, tiga komponen diantaranya sebagai berikut:

1Kepercayaan (Trust), kepercayaan berfungsi memperbesar kemampuan manusia untuk bekerjasama dan meningkatkan toleransi dalam bermasyarakaat.

2. Nilai dan Norma (Norms), nilai dan norma merupakan hal yang mendasar pada proses interksi sosial. Keduanya mengacu pada bagaimana seharusnnya individu bertindak dalam masyarakat.

3. Jejaring Sosial (Network), jaringan adalah hubungan antar individu yang memiliki makna subjektif yang berkaitan.

            Sebagai bentuk pembuktian bahwa interaksi sosial sangat penting dilakukan dalam kehidupan bermasyarakat. Saya malakukan wawancara dengan narasumber bernama Irfan Budi Prasetya usia 20 tahun, merupakan salah satu warga masyarakat di Dusun Gebang, Desa Girisuko. Dengan hasil wawancara sebagai berikut:

Pewawancara  : “Apakah anda melakukan interaksi sosial setiap hari?”

Narasumber    : “Iya, tentu saja saya melakukannya setiap hari”

Pewawancara  : “Menurut anda pribadi, apa tujuan anda melakukan interaksi sosial?”

Narasumber    : “Sebagai makhluk sosial, interaksi sosial semistinya merupakan hal yang biasa kita lakukan. Tujuan saya pribadi melakukan interaksi sosial adalah untuk berkomunikasi dengan orang lain, dengan melakukan sosial kita bisa memperluas pertemanan kita dan juga menambah pengetahuan kita”

Pewawancara  : “Apa menfaat interaksi sosial bagi masyarakat menurut anda?”

Narasumber    : “Bagi saya interaksi sosial sangat bermanfaat bagi kehidupan bermasyarakat, interaksi sosial sendiri bisa memperluas relasi kita dengan orang lain dan juga mempererat tali persaudaraan. Selain itu dalam kehidupan bermasyarakat kita pasti akan merasakan atau mendapatkan sebuah masalah, dalam hal ini interaksi sosial memiliki peran yang sangat penting bagi pemecah masalah yaitu dengan berkomunikasi, dengan berkomunikasi maka kita akan mendapatkan rasa saling percaya sehingga masalah bisa terselesaikan.”

Pewawancara  : “Apa yang anda lakukan untuk mengasah interaksi sosial agar semakin baik?”

Narasumber    : “Yang pasti untuk membangun interaksi sosial yang baik kita harus memperbaiki cara kita berkomunikasi seperti sikap tubuh, pengucapan, pandangan, dan juga menghargai lawan berbicara kita. Selain itu cara tebaik untuk mengasah kemampuan interaksi sosial kita adalah dengan terbiasa melakukan interaksi sosial, apabila kita sudah terbiasa dan sering melakukan interaksi sosial maka dengan sendirinya kemampuan interaksi sosial kita akan meningkat”

            Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa Modal sosial terbentuk dari Interaksi sosial,dan sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Interaksi sosial bertujuan menjalin hubungan baik untuk mancapai keuntungan. Baik untuk keuntungan pribadi maupun keuntungan bersama suatu kelompok masyarakat. Interaksi sosial merupakan kemampuan yang dimiliki setiap orang dan bisa diasah agar dapat berinteraksi dengan baik. Menurut Prof. Dr. Soerjono Soekamto, Interaksi sosial merupakan kunci semua kehidupan sosial. Dengan tidak adanya komunikasi ataupun interaksi antar satu sama lain maka tidak mungkin ada kehidupan bersama.

 

DAFTAR PUSRTAKA

Abdullah, S. (2013). POTENSI DAN KEKUATAN MODAL SOSIAAL DALAM SUATAU KOMUNITAS. SOCIUS: Jurnal Sosiologi, 12(1), 15-21.

0 komentar:

Posting Komentar