6.7.22

Interaksi Sosial

 Essay ini dibuat untuk memenuhi persyaratan UAS dengan dosen pengampu Dr. Arundati Shinta,M.A.

Disusun oleh : Diah Novita Sari (21310410111)

Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

Pada umumnya setiap individu adalah makhluk sosial yang selalu hidup dalam lingkup masyarakat baik lingkungan fisik maupun psikologis yang didalamnya terjadi hubungan timbal balik antara individu satu dengan yang lainnya. Salah satu ciri bahwa kehidupan sosial itu ada dengan adanya interaksi sosial.

Interaksi sosial itu sendiri adalah hubungan sosial yang berkaitan dengan hubungan antara individu dengan individu, kelompok dengan kelompok maupun individu dengan kelompok. Interaksi sosial merupakan faktor utama didalam hubungan antara dua orang atau lebih yang saling mempengaruhi. Jika seseorang tidak melakukan interaksi sosial bisa dikatakan bahwa ia akan mengalami kesulitan dalam hidupnya. 

Syarat interaksi sosial yaitu :

a. Kontak sosial

b. Komunikasi

Ada beberapa hal yang bisa menjadi sumber informasi dimulainya komunikasi atau interaksi sosial. Sumber informasi tersebut terbagi dua, yaitu ciri fisik dan penampilan. Ciri fisik, adalah segala sesuatu yang dimiliki seorang individu sejak lahir yang meliputi jenis kelamin, usia dan ras Penampilan di sini dapat meliputi daya tarik fisik, bentuk tubuh, penampilan berbusana dan wacana.

Pada remaja interksi sosial sangatlah dibutuhkan entah dalam berinteraksi dengan masyarakat maupun di lingkungan sekolahnya. Seperti yang dilakukan oleh salah satu orang yang saya wawancari mengenai interaksi sosial sebagai berikut :

1. Menurut anda apasih interaksi sosial itu?

“Kalau menurut saya interaksi sosial itu ya seperti kita berinteraksi saja dengan orang lain”.

2. Bagaimana cara anda melakukan interaksi sosial?

“Saya melakukan interaksi sosial kalau dirumah itu seperti berinteraksi dengan keluarga atau teman di rumah, saya juga mengikuti kegiatan karang taruna yang diadakan oleh RT di daerah saya. Kalau disekolah saya ya dengan teman sekolah ataupun dengan mengikuti kegiatan sekolah, seperti OSIS, ekstrakulikuler begitu”.

3. Menurut anda apasih keuntungan interaksi sosial?

“Menurut saya yang bisa didapat dari interaksi ya kita bisa tau informasi-informasi yang ada di sekolah maupun di masyarakat, bisa memiliki lebih banyak teman, tidak ketinggalan informasi yan ada seperti itu”

Jadi interaksi sosial itu sangat penting karena dengan interaksi sosial dapat membangun hubungan yang baik dengan orang lain, membangun kepercayaan, membantu penyelesaian masalah, meningkatkan rasa solidaritas.


Referensi :

Fatnar,Virgia Ningrum;Choirul Anam. 2014. Kemampuan Interaksi Sosial Antara Remaja Yang Tinggal di Pondok Pesantren Dengan Yang Tinggal Bersama Keluarga. Jurnal Fakultas Psikologi. Vol. 2. No. 2. Hal. 71.

https://katadata.co.id/intan/berita/61b70ca9bf0a2/pengertian-interaksi-sosial-berikut-contoh-dan-syaratnya   (diakses pada tanggal 4 Juli 2022)

0 komentar:

Posting Komentar