5.7.22

BERPRESTASI SESUAI DENGAN CITA-CITA

 BERPRESTASI SESUAI DENGAN CITA-CITA

Nama : Bella Azahar Br Tarigan (21310410033)

Prodi : Psikologi Reguler

Mata Kuliah : Psikologi Sosial

Dosen Pengampu : Dr.,Dra.Arundati Shinta MA




Nama saya  Bella Azahar Br Tarigan lulusan dari SMA Swasta YAPIM Namorambe, Kab. Deli Serdang, Prov.Sumatera Utara. Selama SMA saya mengambil jurusan IPA karena saya menyukai pelajaran biologi. Saya bercita-cita menjadi seorang polwan. Sejak SD saya sudah mengikuti ekstrakurikuler yang berhubungan dengan PBB dan melatih fisik saya sejak kecil. Sejak SD sampai SMA saya mengikuti ekstrakurikuler pramuka, banyak sekali pengalaman-pengalaman yang berharga yang bisa saya dapatkan ketika mengikuti kegiatan pramuka baik di lingkungan sekolah maupun ditengah masyarakat. Tetapi, saat SMA saya  tidak terlalu fokus pada ekskul Pramuka melainkan saya fokus pada ekskul Paskibra. Waktu saya duduk di bangku  kelas x SMA, di sekolah saya kedatangan tim penyeleksi Paskibra untuk  tingkat kecamatan dan jika beruntung bisa sampai pada tingkat kabupaten hingga Provinsi. Saya menjadi salah satu anggota paskibra sekolah yang mendaftar untuk ikut diseleksi ke tingkat kecamatan hingga provinsi.

Awal mulanya saya tidak terlalu percaya diri untuk  ikut seleksi akan tetapi kakak kelas saya memberikan dukungan penuh dan rela memberikan banyak pelajaran untuk bekal saya pada tahap seleksi nanti. Sehingga saya menjadi bersemangat  dan antusias mengikuti seleksi anggota paskibra. Tibalah hari penyeleksian dimulai, seleksi awal yaitu tahap pemeriksaan tinggi badan, berat badan, mata, dan lain sebagainya. Alhamdulillah saya bisa lolos tahap pertama dan lanjut ke tahap berikutnya yaitu tahap seleksi administrasi dimana yang di cek adalah nilai raport hingga prestasi-prestasi sebelumnya yang pernah diraih. Dan kembali lagi saya masih lolos tahap ini namun banyak teman-teman saya yang gugur di tahap administrasi, hanya ada saya dan satu teman laki-laki yang lolos tahap ini. Untuk selanjutnya ialah tes kesehatan kedua dan tes PBB(Peraturan Baris-berbaris). Pada tahap ini saya sedikit ragu dan sedikit tidak percaya diri karena tim penyeleksi pada saat itu ialah TNI. Namun dengan berusaha tetap fokus saya bisa melewati tahap ini juga. Sampailah pada tes fisik dimana tes ini adalah tes tersulit dan harus banyak latihan sebelumnya, ada tes lari, push up, shit up, pull up, shuttle run. Pada tahap ini saya hampir menyerah karena sudah kelelahan sekali namun saya kembali mengingat perjuangan untuk sampai pada tahap ini tidaklah mudah, hingga saya kembali semangat dan tidak lupa untuk berdoa. Saya dan satu teman saya juga akhirnya bisa lolos untuk ke tahap seleksi akhir atau pantukhir. Pada seleksi akhir ini ialah tahap penentuan lolos atau tidaknya menjadi anggota paskibra tingkat kecamatan hingga kabupaten. Saat pengumuman, sayang sekali  saya dan teman laki-laki saya tidak bisa menjadi anggota paskibra tingkat kabupaten, namun kita tetap terpilih menjadi anggota paskibra tingkat kecamatan dan menjadi perwakilan dari sekolah.  Kala itu ada rasa sedih dan bangga terhadap pencapaian yang diraih. Sedih karena belum bisa menjadi anggota paskibra tingkat kabupaten dan bangga ketika bisa menjadi anggota paskibra tingkat kecamatan.

Setelah lolos melewati tahap penyeleksian saya mengikuti pelatihan hingga sebulan lebih untuk persiapan menjadi pasukan pengibar bendera di  HUT RI kala itu. Kita dilatih oleh aparat kepolisian dan TNI. Banyak juga keluh kesah pada saat pelatihan dan banyak juga pelajaran yang sangat bermanfaat  yang saya dapat. Tiba pada hari H yaitu saat Upacara Kemerdekaan  RI saya dan teman-teman tampil menjadi pengibar bendera, dan lebih membanggakannya lagi  saya bisa terpilih menjadi pasukan inti pada saat itu. Orang tua dan guru-guru yang hadir menyaksikan juga sangat bangga melihat kita semua. Alhamdulillah proses pengibaran bendera berjalan dengan sangat baik, para pejabat tinggi dan pelatih juga memberikan apresiasi  buat kita semua. Ini menjadi pengalaman dan pencapaian prestasi yang tidak akan saya lupakan, mengingat banyak perjuangan dan pengorbanan waktu  untuk bisa pada posisi tersebut. Dari prestasi tersebut  saya dan teman-teman pasukan pengibar bendera diberikan penghargaan berupa piagam dan diberikan seragam paskibra lengkap hingga baju latihan yang akan menjadi saksi mata bagaimana keluh kesah saat proses latihan dulu.

 

Referensi :

https://www.google.com/search?client=firefox-b-d&q=contoh+essay+prestasi+diri

 

 



0 komentar:

Posting Komentar