5.7.22

INTERAKSI SOSIAL

 INTERAKSI SOSIAL

Nama : Bella Azahar Br Tarigan (21310410033)

Prodi : Psikologi Reguler

Mata Kuliah : Psikologi Sosial

Dosen Pengampu : Dr.,Dra.Arundati Shinta MA


Sebelum membahas lebih jauh mengenai interaksi sosial pada essay kali ini, sebaiknya kita pahami terlebih dahulu mengenai apa itu interaksi sosial. Interaksi sosial didefinisikan sebagai bentuk-bentuk tertentu dari eksternalitas, dimana kegiatan-kegiatan kelompok rujukan mempengaruhi preferensi individu. Interaksi sosial juga dapat merujuk kepada praktik atau tindakan dari dua orang atau lebih yang bersama-sama memiliki tujuan tertentu. Ada 4 bentuk interaksi sosial dalam masyarakat yakni :

·  Antara individu dan individu lain

·  Antara individu dan kelompok

·  Antara kelompok dan kelompok

·  Antara individu dan budaya

Pada kesempatan kali ini saya menuliskan essay berdasarkan hasil wawancara antara individu dengan individu lain. Yang menjadi narasumber saya kali ini ialah, teman satu kost saya yang saat ini menjadi seorang Mahasiswa di salah satu Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan di Yogyakarta. Dia bernama Siwi Dwi Astuti, berasal dari Kulon Progo Yogyakarta. Alasan saya menjadikan Siwi menjadi narasumber saya pada essay kali ini ialah, karena saya melihat dia begitu menekuni program study yang sedang ia jalani, saat ini ia sudah semester dua dan saya lihat pada waktu semester satu Siwi juga mempunyai IPK yang baik. Pada saat wawancara dilakukan Siwi juga memiliki interaksi sosial yang baik menurut saya, karena banyak pertanyaan-pertanyaan yang saya tanyakan pada Siwi, dan ia dapat menjawabnya dengan sangat baik.

Dibawah ini akan saya paparkan hasil wawancara saya bersama Siwi Dwi Astuti (Narasumber).

Di sore hari ketika kita  sedang duduk dan menikmati sejuknya cuaca, saya dengan Siwi mulai melakukan wawancara.

Saya : “ Selamat sore Siwi ”

Siwi : “ Sore Bell ”

Saya : “ kira-kira aku boleh tanya-tanya sedikit gak siw?”

Siwi : “ Tanya aja Bell, boleh kok.”

Saya : “ Kalau boleh tau, apasih alasan kamu memilih jurusan S1 Kesmas (kesehatan Masyarakat)”

Siwi : “ Hmm..Sebenernya sih, tidak sengaja karena awalnya saya berniat mengambil jurusan biologi, namun ayah dan ibu saya menyarankan untuk memilih jurusan Kesmas saja, dan menurut saya jurusan Kesmas juga bagus sehingga pada akhirnya saya mengambil jurusan Kesmas.”

Saya : “ Apa nama STIKES tempat kamu kuliah dan mengapa kamu memilih STIKES tersebut sebagai tempat melanjutkan pendidikanmu ? “

Siwi : “ Nama STIKES tempat saya kuliah ialah STIKES Wira Husada Yogyakarta. Alasan saya memilih STIKES tersebut karena, hanya sedikit STIKES atau Perguruan Tinggi di Yogyakarta yang memiliki Prodi Kesehatan Masyarakat. Nah..kebetulan saya dapat info bahwa di STIKES Wira Husada ada jurusan Kesmas makanya saya langsung daftar.”

Saya : “ Oh iya Siw, Apakah sebelumnya kamu tidak mencoba di Perguruan Tinggi Negeri dahulu sebelum mendaftar di STIKES Wira Husada? “

Siwi : “ Tentu saja coba dong, saya sempat mengikuti beberapa jalur untuk masuk di Perguruan Tinggi Negeri namun tidak diterima.”

Saya : “ Wah..begitu ya,  tidak apa-apa siw yang penting kita tetap berusaha dan tetap semangat dalam meraih cita-cita  kita.”

Siwi : “ Hehe..iya dong Bell”

Saya : “ Kira-kira setelah lulus kuliah nanti apa nih rencana kamu selanjutnya,Siw? “

Siwi : “ Aku mau nyari pengalaman dulu Bell, mungkin dengan bekerja di puskesmas dulu  dan selanjutnya nanti bisa terlatih untuk terjun langsung di masyarakat menjadi seorang penyuluh kesehatan “

Saya : “ Wahh...perencanaan yang sangat baik Siw. Semoga bisa tercapai ya Siw”

Siwi : “ Aminn...semoga ya Bell..”

Saya : “ Sepertinya wawancara kali ini sudah cukup Siw, Makasi banyak ya Siwi udah mau jadi narasumber ku, Hehe..”

Siwi : “ Hehe... Iya Bella, Sama-sama “

Saya : “ Oke Siwi..”

Teman-teman percakapan diatas sudah termasuk interaksi sosial juga ya, dan sebenernya tanpa disadari setiap harinya kita tidak terlepas  dari interaksi sosial karena kita merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa manusia lainnya.

 


Daftar Pustaka

https://www.halopsikolog.com/contoh-interaksi-sosial-dalam-psikologi/

https://sekolahnesia.com/contoh-teks-wawancara/

https://fadlyghopal.wordpress.com/2011/05/07/wawancara-tentang-pandangan-hidup-mahasiswa/





0 komentar:

Posting Komentar