5.7.22

BESARAN PENGARUH INTERAKSI SOSIAL BAGI MAHASISWA BARU

 BESARAN PENGARUH INTERAKSI SOSIAL BAGI MAHASISWA BARU

 

Oleh: Dea Khairun Nisa

Nim: 21310410082

Kelas: Psikologi ( Reguler)

Dosen Pengampuh: Dr. Arundanti Shinta, M.A

 

  PSIKOLOGI SOSIAL 

ESSAY 3

         FAKULTAS PSIKOLOGI

 UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA  

Manusia adalah makhluk sosial yang memiliki akal pikiran juga kemampuan berinteraksi secara individu maupun sosial dan pada dasarnya manusia tidak mampu hidup sendiri di dalam dunia ini baik sendiri dalam kontek fisik maupun dalam kontek sosial budaya.Dalam kontek sosial budaya, manusia membutuhkan manusia lain untuk saling berkolaborasi dalam pemenuhan kebutuhan fungsi-fungsi sosial satu dengan lainnya dan semua masyarakat pada hakikatnya membudaya dan berkebudayaan

Interaksi sosial pada umumnya merupakan kebutuhan setiap manusia. Setiap manusia merupakan mahluk sosial, maka dari itu setiap mereka membutuhkan interaksi dengan sesamanya. Sehingga manusia dapat bertahan hidup. Dan seiring dengan berjalannya waktu tingkat kebutuhan akan adanya interaksi sosial pun semakin meningkat. Dan media untuk berinteraksi pun semakin banyak. Masing-masing orang memiliki motivasinya sendiri dalam melakukan interaksi sosial.

Interaksi sosial sangatlah memberikan pengaruh dan dampak positif bagi kita semua, tak terkecuali bagi para mahasiswa mahasiswa baru. Interaksi sosial ini sangat penting bagi  mereka untuk memperoleh suatu relasi di kampus atau lingkungan baru mereka. Mereka harus banyak-banyak melakukan interaksi sosial pada sekeliling mereka agar mereka dapat menyesuaian diri mereka dengan lingkungan sosial yang kini mereka hadapi. Karena lingkungan yang baru dan tentunya bertemu orang-orang baru yang mungkin memiliki pola interaksi yang berbeda dengan orang-orang yang sebelumnya mereka kenal. 

Untuk mengetahui seberapa besar dampak atau pengaruh interaksi sosial bagi mahasiswa baru saya telah melakukan wawancara kepada salah satu mahasiswa baru 2021 yang bernama Willy Brodus Aguy. Ia adalah salah satu mahasiswa baru universitas atma jaya Yogyakarta yang merantau dari Kalimantan yang tentunya memiliki perbadaan pola interaksi sosial. Berikut hasil wawancaranya 

Hasil wawancara :

1. Menurut anda, seberapa pentingnya melakukan interaksi sosial bagi para mahasiswa baru ?

“sangat penting, karena dengan melakukan interaksi sosial saya dapat beradaptasi dengan orang-orang di lingkungan baru khususnya untuk mempermudah dalam membangun hubungan dengan sesame mahasiswa di kampus saya”

 

2. Apa saja kendala yang biasa terjadi ketika  melakukan interaksi sosial ?

 

“kendala yang biasa saya hadapi yang pertama adalah perbedaan budaya atau culture shock sehingga saya harus lebih berhati-hati dalam melakukan interaksi sosial dengan orang baru terutama kepada orang yang lebih tua, untuk saya pribadi yang cenderung introvert menjadi salah satu kendalan untuk menjalin suatu interaksi sosial dengan orang-orang baru.”

 

3. Bagaimana anda memulai interaksi sosial pada lingkungan baru ?

“ cara saya untuk memulai berinteraksi dengan orang dan lingkungan baru adalah dengan mengamati terlebih dahulu pola interaksi mereka agar saya dapat memulai suatu komunikasi dan untuk menghindari kesalahan. Kemudian saya sedikit mempelajari culture di daerah tersebut dan juga kebiasaan kebiasaan lainnya”

 

4. Apakah terdapat berbedaan pola interaksi dengan orang-orang atau lingkungan yang ada tinggali sebelumnya ?

 

tentu, terdapat banyak perbedaan pola interaksi sosial dengan lingkungan baru banyak sekali perbedaan pola interaksinya seperti perbedaan norma, kebiasaan, adat serta budaya. Yang tentunya saya harus menyesuaikan dengan segala sesuatu yang menjadi dominan. Atau bisa disebut “dimana tanah di pijak, disitu langit di junjung”. Jadi harus pintar-pintar menyesuaikan”

5. Dan yang terahir, mengapa berinteraksi sosial sangat penting bagi kita terutama pada mahasiswa baru ?

 

“melakukan interaksi sosial sangatlah penting tidak hanya untuk kita para mahasiswa baru saja, karna hakikatnya kita adalah manusia sosial yang mau tidak mau harus melakukan interaksi atau bersosialisasi. Kita juga pasti akan membutuhkan pihak lain dalam beberapa hal. Terlebih bagi kita mahasiswa baru yang harus mencari relasi-relasi untuk mempermudah perjalanan kami kedepannya”

 

Dari hasil wawancara bisa saya simpulkan bahwa melakukan interaksi sosial sangatlah penting. Terlepas sebagai mahasiswa baru atau bukan, karena kita adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain. Namun melakukan suatu interaksi sosial juga tidak semudah yang kita bayangkan. Terdapat beberapa kendala seperti perbadaan budaya, adat, kebiasaan dan juga perbedaan norma sosial di setiap daerahnya. 

 

 

Referensi :

    Xiao, A. 2018. Konsep Interaksi Sosial dalam Komunikasi, Teknologi, Masyarakat. Jurnal Komunikasi,Media dan Informatika . vol 7(2) : 94.

0 komentar:

Posting Komentar