12.7.22

PENTING NYA INTERAKSI SOSIAL DI DUNIA PENDIDIKAN

 

PSIKOLOGI SOSIAL

Semester Genap T.A 2021/2022

Essay 3

Oleh :

Meli Nur Hidayah (21310410085)

Kelas A (Reguler)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu :

Dr. Arundita Shinta,M.A.

 

Manusia sebagai makhluk sosial memiliki arti bahwa manusia tidak dapat hidup sendiri atau tidak bida mencukupi kebutuhan hidupnya sendiri. Keberadaan manusia itu sendiri tentu saja memiliki peranan peranan yang penting antara lain sebgai berikut : melakukan interaksi sosial dengan makluk lain atau dengan kelompoknya, membentuk kelompok kelompok sosial seperti beroganisasi, menciptakan norma norma sosial sebagai pengaturan tata tertib kehidupan kelompok. Dari peran tersebut maka sudah jelas bahwasan nya manusia merupakan makluk sosial yang membutuhkan oranglain untuk berinteraksi.

Inneraksi sosial adalah yang yang paling mudah di temui di kehidupan sehari hari karena hampir semua orang melukakan interaksi baik di sadari maupun tidak di sadari. Inetraksi bisa di lakukan dengan berbagai cara salah satu nya seperti yang saya lakukan adalah dengan wawancara. Di sini saya mewawancarai salah satu guru yang mengajar di Sekolah Menengah Pertama di dekat rumah saya Yaitu Bu Reny Puji Ayu Lestari. Kebetulan beliau juga menjabat sebagai pembinan osis. Adapun hasil wawancaranya adalah sebagai berikut :




Meli : “ selamat siang bu Reny. Bisa minta waktunya sebentar untuk melakukan wawancara. Disini saya ada beberapa pertanyakan yang akan di ajukan.”

Bu Reny : “ Selamat siang Meli. Tentu saja bisa. Apa saja pertanyaan nya?

Meli : “ Baik bu,langsung saja ke pertanyaan yang pertama. Sebagai seorang guru apakah interaksi sosial dengan siswa menjadi hal yang sangat penting ?

Bu Reny : “ interaksi sosial menjadi point penting karena tidak hanya siswa saja yang mendapat manfaat, tetapi juga para guru mendapat umpan balik (feedback) terhadap materi yang di sampaikan supaya di terima siswa dengan baik, selain itu supaya lebih mudah mengenal lebih juah bagaimana karakter masing masing siswa.

Meli : “ wah ternyata memiliki manfaat bagi kedua belah pihak yah bu. Lalu apakah yang ibu lakukan untuk membangun interaksi yang menyenangkan dengan siswa?”

Bu Reny : “  yang pertama kita harus amati terlenih dahulu masing masing siswa, kemudian menggunakan metode ajar yang mayoritas mereka sukai, lalu tidak lupa membangun komunikasi dengan orang tua supaya lebih meneganl karakter setiap siswa. Lalu tidak lupa memberikan motivasi setiap mengajar.

Meli : “ sebagai seorang guru yang menjabat sebagai pembinan osis apakah ibu menbedakan cara berinteraksi dengan siswa biasa dan siswa yang mengikuti OSIS?”

Bu Reny : “ untuk soal pengurus osis pasti ada bedanya,Yaitu mereka wajib menjadi contoh yg baik dan membantu dalam mendisiplinkan siswa lain.namun dalam kedudukan sebagai siswa,selaku pembina osis tdk membedakan sama sekali karena semua siswa termasuk osis wajib mengikuti tartib sekolah,dan sama2 mendapat sanksi jika tdk dpt mengikuti tartib dg baik,

Meli : “ menurut ibu interaksi sosial mempengaruhi perkembangan siswa atau tidak?

Bu Reny : “.jika dilihat dr dua sisi sangat berpengaruh,misal interaksi yg dilakukan siswa dg orang tua dan guru itu baik,maka akan merubah interaksi tersebut menjadi perkembangan kognitif siswa yg baik. Tetapi sebaliknya, jika interaksi sosial siswa dg siswa tdk bnyak  mempengaruhi perkembangan kongnitif siswa karena beberapa hal yg berkaitan dg tingkah laku mereka dalam berinteraksi sosial sesama teman.”

Meli : “Ini pertanyaan terakhir bu. Apa yang bisa ibu lakukan jika ada salah satu murid ibu yang sulit di ajak berinteraksi?

Bu Reny : “Sering dijadikan role model saat proses belajar,sering di ajak bicara,berikan kata2 motivasi untuk semangat bersosialisasi,berikan perlindungan ketika siswa yg tdk mampu bersosialisasi tersebut dibuli teman.”

Meli :” wahh terimakasih bu, atas jawaban yang sangat luar biasa ini”.

Bu Reny :” Baik sama sama semoga bermanfaat.”

 

Dari percakapan di atas itu merupakan salah satu bentuk interaksi sosial yang di dalam nya juga membahas tentang interaksi sosial antara siswa dan guru. Tentu saja dari percakapan di atas kita jadi tau apa saja peran guru dan siswa dalam berinteraksi dan lain sebagainya.


0 komentar:

Posting Komentar