3.7.22

PENGEMBANGAN INTERAKSI SOSIAL DI KALANGAN REMAJA

PENGEMBANGAN INTERAKSI SOSIAL DI KALANGAN REMAJA

Meylita Ayu Herbafalony

NIM : 21310410084

Fakultas Psikologi  Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Tugas Essay ke – 3 Psikologi Sosial

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A



    Pada dasarnya selain sebagai makhluk individu, manusia juga merupakan makhluk sosial, karena di kehidupan sosial, individu tidak bisa lepas dari individu lainnya. Hubungan antara individu satu dengan individu lain akan menghasilkan proses interaksi sosial, karena sebagai makhluk sosial individu harus berinteraksi dengan individu lainnya. Interaksi sosial sendiri merupakan hubungan timbal balik antara orang yang satu dengan yang lainnya. Ini sangat penting, karena dengan berinteraksi sosial kita dapat meningkatkan kualitas maupun kuantitas tingkah laku seseorang di mata masyarakat umum. Interaksi sosial ini dapat berupa kerjasama antar individu maupun hubungan sosial yang menyangkut tingkah laku, pembawaan, dan sifat manusia.

    

    Interaksi sosial hadir disetiap perkembangan manusia, salah satunya adalah remaja. Remaja adalah masa perkembangan peralihan antara masa anak-anak dan dewasa. Masa perkembangan peralihan yang dimaksud mencakup perubahan biologis, kognitif dan sosial yang terjadi pada usia 10-13 tahun dan berakhir pada kurang lebih usia 18-22 tahun (Santrock, 2006). Di mana pada masa remaja hubungan sosialnya akan lebih intens mendalam secara emosional dibandingkan pada saat masa kanak-kanak serta jaringan sosial meluas, jadi masa remaja adalah masa yang sangat menentukan apakah remaja mampu membentuk pola relasi yang luas atau sebaliknya.


    Saya telah mewawancarai salah satu remaja yaitu teman saya sendiri yang bernama Meidiska Riski Nur Aini, saat ini ia sedang menginjak kelas 1 SMK dan berusia 16 tahun. Disini saya bertanya mengenai perkembangan interaksi sosial yang telah dilakukan dan yang sedang dijalani oleh teman saya. Berikut hasil wawancaranya.


 Hasil Wawancara :

1.     Menurut adik, bagaimana cara adik dalam menjalani interaksi sosial ?


“Saya melakukannya seperti mengikuti kegiatan di sekolah, di kampung. Dan disitu saya berkonstribusi dalam kegiatan tersebut, sehingga saya dapat mendapatkan banyak interaksi sosial dengan teman-teman saya, orang luar, dan lain sebagainya”.


2.     Apa yang adik persiapkan untuk dapat melakukan interaksi sosial ?


“Tentunya yang pertama niat dulu sih kak, dengan niat maka segalanya akan mudah. Seperti rasa kepercayaan diri, tujuan untuk menambah wawasan, memperluas jaringan relasi, dimana itu semua akan menguntungkan diri kita”.


  Interaksi sosial pada masa remaja sangat penting, menginat pada masa ini banyak hal yang harus dilakukan remaja pada masa perekembangan secara sosial, intelektual, fisik, maupun perkembangan lainya. Remaja dituntut agar mampu memenuhi perekembangan-perkembangan tersebut, bagi remaja berinteraksi dengan orang lain di luar lingkungan keluarga adalah hal yang harus dilakukan. Khususnya pada teman sebayanya, kebutuhan berinteraksi tersebut dapat dilakukan remaja untuk memenuhi rasa kepuasan, senang, gembira, sehingga remaja tidak hanya mengenal keluarga saja.


 Banyak manfaat yang dapat remaja dapatkan dengan berinteraksi sosial, seperti dapat menjaga hubungan baik antar individu, sebagai pendengar yang baik, hubungan yang berkualitas, suport system, dan kesehatan fisik. Hal ini dapat terjadi apabila remaja mampu berinteraksi dengan baik antara individu yang lain dengan yang lainnya, tidak takut untuk mencoba berinteraksi, dan mampu keluar dari zona nyaman.

 

REFERENSI :

Wiyono, Hadi. 2020. INTERAKSI SOSIAL REMAJA ANTAR ETNIK DI DESA SALATIGA KECAMATAN MANDOR KABUPATEN LANDAK. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora. Vol.11

Febrila, GF. 2020. Interaksi Sosial. Repository.Unika

Santika, Sarti. 2021. Pentingnya Interaksi Sosial Terhadap Perkembangan Sosial Remaja. Kompasiana.com. Link : https://www.kompasiana.com/santisartika0711/6123912e06310e0b12647762/pentingnya-interaksi-sosial-terhadap-perkembangan-sosial-remaja



0 komentar:

Posting Komentar