18.7.22

MELANJUTKAN KULIAH KE JENJANG LEBIH TINGGI

 

ESSAY Ujian Akhir Semester
PSIKOLOGI INDUSTRI ORGANISASI
Semester Genap T.A 2021/2022
Oleh :  Putri Dahliani
NIM : 21310410110
Kelas Reguler A
Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A.
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Bagi beberpaa orang memiliki gelar sarjana mungkin dirasa cukup apalagi melihat untuk melanjutkan kuliah S2. Banyak pelajar di Indonesia memilih langsung kerja setelah lulus program studi sarjana daripada harus melanjutkan pascasarjana. Tetapi ada baiknya lihat dahulu keuntungan yang bisa kalian dapatkan dengan melanjutkan kuliah S2 sebagai mana berikut:

1. Meningkatkan skill dan kemampuan
Dengan melanjutkan pendidikan pada jenjang S2 sudah dapat dipastikan skill dan kemampuan yang dimiliki akan semakin meningkat hal tersebut di karenakan metode pengajaran dan pembelajaran yang diterapkan pada perkuliahan S2 memiliki standar tinggi, serta mahasiswa akan diajar oleh tenaga pengajar profesional yang ahli dibidangnya. selama mengikuti perkuliahan, mahasiwa akan diberi tugas-tugas yang berbobot  untuk semakin meningkatkan kemampuan mahasiswa.

2. Menunjukkan bahwa anda lebih unggul
Kebanyakan setiap orang yang Anda temui sekarang memiliki gelar sarjana, menjadikan hal ini semakin kompetitif dan lebih susah dalam mencari pekerjaan yang Anda idamkan. Untuk dapat lebih menonjol dari yang lain, gelar Master akan memperlihatkan bahwa Anda memiliki sesuatu yang lebih dibanding yang lain. Tentu saja selalu ada pertanyaan mengenai biaya, tetapi dengan banyaknya beasiswa yang tersedia, membuat pilihan Master layak dipertimbangkan.

3. Posisi kerja dan gaji yang lebih tinggi
Lulusan Master yang mendaftar kerja mendapatkan level yang lebih tinggi, atau segera naik pangkat. Penelitian menunjukkan profesional dengan lulusan Master rata-rata, melakukan pekerjaan lebih baik daripada lulusan Sarjana. Ini menjelaskan mengapa pemberi kerja lebih mengutamakan pelamar dengan gelar pascasarjana.  

4. Peluang lapangan kerja semakin banyak
Hal yang menarik ketika seseorang telah menyelesaikan kuliah S2 adalah prospek lapangan kerja yang akan menjadi semakin luas, ada banyak lapangan kerja yang tersedia bagi lulusan S2, apalagi jika jurusan kekhususan yang dipilih adalah jurusan yang banyak dibutuhkan dalam dunia kerja.

5. Investasi yang berharga
Kuliah Master adalah investasi yang sangat pantas. Dalam satu tahun yang singkat, Anda akan mendapatkan pengalaman kerja, mengenal banyak orang, belajar menerapkan teori di dunia riil, membangun koneksi, sehingga Anda semakin siap untuk memasuki pasaran kerja yang kompetitif.

Tentu banyak sekali manfaatnya bukan? Lalu bagaimana jika kamu sudah bergabung pada suatu organisasi dan ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, Tetapi organisasi tersebut tidak mendukung keinginan tersebut? 

Melihat keuntungan yang didapatkan tentunya membuat kita untuk mencari cara agar bisa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Jika organisasi yang kita ikuti tidak dapat mendukung keinginan kita maka  saya akan lebih fokus pada kelanjutas studi saya dahulu setelah studi saya selesai baru saya akan mencoba bergabung pada organisasi tersebut lagi. Jika organisasi tersebut tidak dapat menerima maka saya akan mencari organisasi lain.

Daftar pustaka

https://www.ican-education.com/berita-event/news/keuntungan_jika_melanjutkan_kuliah_s2

https://www.universitas123.com/blog/keuntungan-kuliah-s2-untuk-masa-depan/

0 komentar:

Posting Komentar