5.7.22

MANFAAT KARDUS BEKAS

 

Essay 3 Mata Kuliah Psikologi Lingkungan

Argasyah Ahmad Al Kabir/ 20310410036

Psikologi B

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen pengampu: Dr. Arundati Shinta., M.A.

 

 

MANFAAT KARDUS BEKAS

Permasalahan sampah di Indonesia bukan lagi rahasia umum. Belakangan ini permasalahan sampah yang semakin hari semakin menggunung sudah menjadi topik perbincangan yang cukup menyedot perhatian setiap kalangan. Permasalahan sampah sudah menjadi santapan sehari-hari bagi masyarakat Indonesia. Berbagai jenis sampah telah mewarnai setiap sudut pandang kita. Sampah merupakan hal yang serius yang harus ditangani segera. Bisa dibayangkan sekian kubik sampah dibuang oleh rumah tangga dan industri. Dan mau tidak mau kita harus mengakui bahwa bangsa Indonesia ini masih kurang memahami tentang sampah. Salah satu sampah yang dihasilkan rumah tangga ialah Kardus Bekas. Terlihat sepele tapi mengandung berbagai manfaat. Berikut merupakan beberapa contoh pemanfaatan kardus bekas :

1.       Untuk Mengemas Barang

Memanfaatkan kardus bekas untuk mengemas barang pasti sudah banyak dilakukan semua orang. Misalnya kamu ingin berpindah rumah atau kost, kamu perlu menggunakan kardus bekas untuk mengangkut barang-barang kamu. Dengan menggunakan kardus, kamu juga tidak perlu takut membawa barang yang berat, karena kardus cukup kuat untuk menahan beban yang berat. Kamu juga tidak perlu takut untuk mengemas barang-barang kamu yang berdebu, tidak seperti tas atau koper, kamu tidak perlu khawatir jika kardus tersebut harus kotor akibat terkena debu dari barang-barang yang dikemas.




 

2.       Bisa Di Uangkan

Nah kalau kamu sudah memanfaatkan kardus bekas menjadi karya seni, kamu bisa menjualnya kepada orang-orang. Banyak juga kok orang-orang yang menyukai karya seni dari kardus bekas. Itu juga akan memberi keuntungan untuk kamu dan dapat mengasah bakat yang kamu miliki. Tapi bagi kamu yang nggak mau repot memikirkan untuk membuat kardus bekas menjadi karya seni, jual saja kardus bekas kamu ke orang yang melakukan daur ulang kardus bekas. Walaupun uangnya tidak terlalu besar, setidaknya kamu membantu orang yang membuka usaha daur ulang untuk tetap bisa menjalankan usahanya. Kamu juga menyerahkan kardus bekas kamu ke orang yang tepat, karena jika kamu buang sembarangan, bisa saja kardus-kardus tersebut hanya menjadi sampah dan dapat merusak lingkungan.

   

3.       Wadah Untuk Mengirim Barang

Pas banget nih kalau kamu seorang yang berbisnis online, manfaatkan saja kardus-kardus bekas yang kamu miliki untuk dipakai sebagai alat packing dari barang-barang yang kamu jual. Jadi kamu nggak perlu repot untuk mencari-cari kardus bekas atau bahkan membeli kardus untuk packingan barang jualan kamu. Jadinya kamu semakin untung deh karena nggak perlu mengeluarkan uang lebih. 

                                        

4.       Sebagai Alas Lantai

Kardus memiliki tekstur yang cukup empuk dan hangat jika dibandingkan dengan lantai. Kardus juga bisa dipakai di lantai untuk alas kasur agar kasur tidak langsung bersentuhan dengan lantai yang dingin.

                                       

Nah setelah Anda sekalian membaca artikel tersebut, apakah yang lintas pada benak Anda? Masihkah Anda memiliki ke inginan untuk membuang kardus bekas? Mari kita renungkan kembali. Begitu banyaknya manfaat kardus bekas yang biasanya hanya kita buang dan terbengkalai. Dengan mengambil salah satu langkah kecil ini kita secara tidak langsung dapat menyelamatkan bumi kita khususnya Indonesia dari penumpukan limbah sampah terutama sampah kardus bekas. Demikian yang dapat saya sebarkan pada kawan – kawan, bila ada salah kata mohon dimaafkan. Saya Arga jangan lupa bahagia J

 

 

Sumber :

Depdikbud, 1988), hal. 17.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (1991). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

https://www.pranataprinting.com/berbagai-manfaat-kardus-bekas-dalam-kehidupan-sehari-hari/

https://blog.anteraja.id/manfaat-kardus-bekas/







0 komentar:

Posting Komentar