18.7.22

MALANJUTKAN PENDIDIKAN SAAT MENJADI BAGIAN DALAM SUATU PERUSAHAAN

 


UJIAN AKHIR SEMESTER PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

Semester genap T.A 2021/2022

Oleh;

Alita Dwi Nur’Aini (21310410080)

Kelas regular (A)

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

 Dosen pengampu ;

Dr. Arundati Shinta, M.A.

 

Dalam mencapai tujuan tidak terlepas dari unsur manusia dan unsur non manusia. Oleh karena itu, kinerja yang ditunjukan oleh unsur-unsur tersebut akan menunjukan kemampuan organisasi dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Sebagai pegawai akan selalu dituntut tentang sejauh manakinerja pegawaitersebutdalammelaksanakan dan menyelesaikan pekerjaannya, apakah mereka berkinerjatinggi/memuaskan atau berkinerja rendah/jelek. Dengan demikian, seorang pegawai dalam penilaian kerja oleh atasannya selalu dihubungkan dengan kinerja.Kinerja merupakan suatu kemampuan kerja atau prestasi kerja yangdiperlihatkan oleh seseorang dalam memperoleh hasil kerja yang optimal. Keterampilan diperlukan dalam kinerja karena keterampilan merupakan aktivitas yang muncul dari seseorang akibat suatu proses dari pengetahuan, kemampuan, kecakapan interpersonal, dan kecakapanteknis. Tingkat keterampilan berhubungan dengan apa yang “dapatdilakukan”, sedangkan “upaya” berhubungan dengan apa yang “akan dilakukan”. Kondisi eksternal adalahfaktor-faktor yang terdapat dilingkungannya yang mempengaruhi kinerja. Kondisi eksternal merupakan fasilitas dan lingkungan kerja yang mendukung kinerja pegawai, sesuatu dengan kualitas tertentu merupakan unsur yang membentuk kinerja

Sumber daya manusia merupakan elemen utama organisasi dibandingkan dengan elemen lain seperti modal, teknologi, dan uang sebab manusia itu sendiri yang mengendalikan yang lain. Membicarakan sumberdaya manusia tidak terlepas dari kegiatan-kegiatan atau proses manajemen lainnya seperti strategi perencanaan, pengembangan manajemen dan pengembangan organisasi. Keterkaitan antara aspek-aspek manajemen itu sangat erat sekali sehingga sulit bagi kita untuk menghindari dari pembicaraan secara terpisah satu dengan lainnya. Pendidikan dan pelatihan SDM menjadi suatu keniscayaan bagi organisasi, karena penempatan pegawai secara langsung dalam pekerjaan tidak menjamin mereka akan berhasil.Pegawai baru sering sering merasa tidak pasti tentang peranan dan tanggung jawab mereka. Permintaan pekerjaan dan kapasitas pegawai haruslah seimbang melalui program orientasi dan pelatihan. Keduanya sangat dibutuhkan. Sekali para pegawai telah dilatih dan telah menguasai pekerjaannya, mereka membutuhkanpengembangan lebih jauh untuk menyiapkan tanggung jawab mereka di masa depan. Ada kecenderungan yang terus terjadi, yaitu semakin beragamnya pegawai dengan organisasi yang lebih datar, dan persaingan global yangmeningkat, upaya pelatihan dan pengembangan dapat menyebabkan pegawai mampu mengembangankan tugas kewajiban dan tanggung jawabnya yang lebih besar.Untuk mendapatkan pegawai yang profesional dan berintegritas memang harus dimulai dari seleksi penerimaan, penempatan, promosi sampai dengan pengembangan pegawai tersebut. Salah satu cara yang dilakukan dalam upaya meningkatkan kinerja pegawai adalahmelalui pendidikan dan pelatihan terhadap pegawai di suatu instansi, untuk mencapai kinerja yang diharapkan dalam suatu organisasi atau perusahaan, para pegawai harus mendapatkan pendidikan dan pelatihan yang memadai untuk sebuah jabatan atau posisi seorang pegawai sehingga pegawai terampil dalam melaksanakan pekerjaannya . Untuk meningkatkan mutu atau kinerja pegawai melalui pendidikan dan pelatihan harus dipersiapkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan untuk mencapai hasil yang memuaskan. Peningkatan mutu atau kinerja harusdiarahkan untuk mempertinggi keterampilan dan kecakapan pegawai dalam menjalankan tugasnya

Sebagian besar perubahan organisasi meliputi visi yaitu yang menjadi tujuan dari organisasi, strategi yang meliputi taktik – taktik dan cara organisasi melakukan sesuatu, kebudayaan meliputi kebiasaan dan cara kerja yang biasa dilakukan oleh organisasi, struktur mencakup pembuatan perubahan dalam hubungan wewenang, teknologi yaitu dalam mengimplementasikan teknologi baru, dan gaya kepemimpinan.

Perubahan organisasi dan pengelolaan perubahan merupakan kajian yang menarik saat ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi mengharuskan organisasi untuk terus menerus melakukan perubahan, organisasi idealnya harus selalu berubah untuk dapat terus bertahan, bukan menjadi pilihan namun menjadi keharusan. Keberhasilan organisasi melakukan perubahan tergantung pada sejauh mana organisasi dapat mengatasi permasalahan yang timbul dari perubahan tersebut.

Upaya untuk menumbuhkan motivasi kepada karyawan untuk dapat bekerja lebih giat tidaklah mudah, karena dibutuhkan alat motivasi yang tepat. Hal tersebutlah dibutuhkan pemahaman psikologis seorang pemimpin akan karyawannya. Jika motivasi deberikan pada karyawan atau pegawai dinilai tepat untuk ukuran pribadinya maka akan sangat berpengaruh pada kinerja. Sikap organisasi atau individu tentu memiliki tujuan yang akan dicapai dengan menetapkan target atau sasaran. Untuk mendapatkan hasil kerja yang optimal, salah satunya adalah kemampuan pimpinan dalam mengarahkan para karyawan untuk bersedia melakukan apa yang diinginkan perusahaan. Pemimpin di suatu organisasi, baik yang bersifat profit oriented maupun nonprofit oriented memiliki posisi pengaruh dalam menentukan maju mundurnya suatu perusahaan. Kinerja yang dihasilkan oleh suatu perusahaan merupakan gambaran kepemilikan hasil yang diberikan oleh pemimpin yang mengelola perusahaan ters Motivasi adalah aktivitas perilaku yang bekerja dalam usaha memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang diinginkan. Salah satu cara yang dapat ditempuh oleh pebisnis untuk meningkatkan prestasi kerja, motivasi dan kepuasan kerja karyawan adalah melalui kompensasi terhadap karyawan perlu dilakukan.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Fathoni, A. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Rineka Cipta :Jakarta.

Azwar, Saifuddin. 2011, Sikap Manusia Teori dan Pengukuran, Yogyakarta, Pustaka Belajar.

0 komentar:

Posting Komentar