18.7.22

Bekerja Sambil Kuliah?

 ESSAY Ujian Akhir Semester
PSIKOLOGI INDUSTRI ORGANISASI
Semester Genap T.A 2021/2022
Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A.
Nama : Elfa Hidayaturrohmah
NIM : 21310310032
Reguler A
Fakultas Psikologi
UNIVERSITS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Selfish adalah ketika Anda tidak mau mendengarkan pendapat orang lain sama sekali. Umumnya, setiap orang memiliki sudut pandang masing-masing terhadap suatu hal dan selalu ingin orang lain menyetujuinya. Hal ini dapat memicu munculnya perdebatan mengenai perbedaan opini dan kerap di temukan dalam diskusi organisasi atau kelompok. Ketika dalam suatu organisasi mempunyai karaker selfish kita sebagai karyawan yang berposisi sebagai bawahan hanya bisa tunduk terhadap aturan ataupun atasan, akan tetapi kita sebagai karyawan juga mempunyai hak atas ketenagakerjan yang sudah diatur oleh Undang-Undang.

Perusahaan memberikan kesempatan bagi setiap karyawan yang berprestasi untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi. Tidak jarang terjadi konflik antar karyawan karena berusaha menjadi yang terbaik. Jabatan tinggi di sebuah pekerjaan bukanlah hal yang bisa didapat dengan mudah. Posisi jabatan tinggi yang jumlahnya sedikit dan ditambah jumlah saingan yang banyak membuat jabatan tinggi hanya bisa di capai oleh orang-orang yang mempunyai kemampuan lebih. Tidak jarang persaingan disertai konflik karena ingin menjadi yang terbaik. Begitu pun yang terjadi pada perusahaan yang memberikan kesempatan bagi setiap karyawan yang berprestasi pasti akan mudah menduduki jabatan yang lebih tinggi. Untuk itu kita memerlukan ilmu lebih banyak lagi agar bisa menempati posisi itu dengan cara menimba ilmu atau bisa disebut kuliah.

Kuliah sambil bekerja sudah menjadi hal yang umum , beberapa orang yang sudah bekerja dan ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Perlu diketahui, dalam hal pekerja melanjutkan pendidikan (kuliah) ambil bekerja, terdapat dua kemungkinan. Pertama, pekerja melaksanakan tugas pendidikan dari perusahaan. Umumnya, dalam kategori ini perusahaan menanggung biaya pendidikan dari pekerja yang diberi kesempatan untuk melanjutkan pendidikan dan tetap memberikan upaya meskipun pekerja yang bersangkutan tidak bekerja seperti biasa. Ketentuan di atas telah diatur oleh Pasal 3 ayat (2) i Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, ketentuan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) tidak berlaku, dan pengusaha wajib membayar upah apabila pekerja/buruh melaksanakan tugas pendidikan dari perusahaan. Kedua, atas inisiatif pekerja sendiri, pekerja melanjutkan pendidikan sambil kerja, sehingga semua biaya ditanggung oleh pekerja. Bagi pekerja yang demikian, pekerjaannya tetap menjadi tanggung jawab yang harus dipenuhi. Oleh karenanya, saya asumsikan Anda termasuk dalam kategori yang kedua ini. Dalam hal ini, praktik pada tiap perusahaan bisa berbeda-beda.

Untuk pekerja dalam kategori kedua ini, ada baiknya sejak awal pekerja memberitahukan bahwa Anda bekerja sambil kuliah, sehingga pihak perusahaan bisa memahami kondisinya. Meskipun hal tersebut tidak juga menghilangkan tanggung jawab pekerja yang bersangkutan untuk  menyelesaikan pekerjaannya. Anda menyebutkan bahwa Anda belajar untuk mengisi waktu kosong pada jam kerja. Dari keterangan Anda, saya asumsikan waktu kosong yang Anda maksud adalah saat pekerjaan Anda tidak sedang banyak-banyaknya. Jadi bukan waktu kosong yang diartikan sebagai waktu istirahat, yang wajib diberikan sebagai waktu istirahat. Jika pihak atasan atau perusahaan memang keberatan dengan waktu kerja yang Anda gunakan untuk belajar, Anda bisa menyiasatinya dengan mengambil cuti. Kalaupun atasan atau pihak perusahaan tidak mengizinkan Anda untuk cuti pastikan dulu Anda mengambil kuliah dengan program kelas karyawan. Saat ini, banyak universitas yang membuka kelas karyawan, salah satunya Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Kelas karyawan dibuka untuk para karyawan yang ingin meningkatkan kompetensinya dengan menempuh pendidikan kembali. Terdapat pilihan jam kuliah pada kelas karyawan. Anda dapat memilih kuliah saat akhir pekan dengan jadwal sehari penuh. Selain itu, Anda juga dapat mengambil kuliah yang sebagian besar pertemuannya dilaksanakan Online. Hal itu akan mempermudah kamu untuk membagi waktu antara kerja dan kuliah.

Setelah Anda membangun komitmen kuliah sambil kerja, maka prioritas utama adalah kuliah dan bekerja. Anda dapat melakukan hal-hal lain yang dapat mengganggu konsentrasi kamu dalam kuliah dan kerja seperti nongkrong. Kuliah sambil kerja merupakan hal yang berat. Hanya orang-orang dengan komitmen yang kuat yang dapat melaluinya. Selain itu, pengaturan waktu juga menjadi hal yang penting. Walaupun Anda akan menjadi sangat sibuk, Anda juga harus ingat bahwa mengembangkan diri itu penting. Anda dapat berbagi juga dengan teman kuliah atau dosen untuk mengupgrade skill. Disisi lain Anda dapat mempertahankan IPK Anda agar memperoleh beasiswa di perguruan tinggi. Pertimbangan terbesar saat memilih kuliah sambil bekerja adalah biaya kuliah. Walaupun tidak sedikit juga mahasiswa yang sudah bekerja sebelumnya dan mengambil kuliah untuk meningkatkan kualifikasi. 

Sebagai kesimpulan, Anda berhak melanjutkan pendidikan dan meningkatkan kualitas hidup Anda, untuk itu ada baiknya Anda menempuh cara-cara kekeluargaan untuk menyampaikan kondisi Anda yang sedang bekerja sambil kuliah. Kita bisa menyampaikan hal ini melalui divisi personalia atau human resourcedivision di perusahaan tempat kita bekerja (jika ada), atau langsung kepada atasan kita guna memperoleh win-win Solution, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan, baik kita dan perusahaan.

Daftar Pustaka

Rifqi FK. Campus Pedia. Kuliah Sambil Kerja: Simak Suka, Duka, Dn Tips. Internet : https://campuspedia.id/news/kuliah-sambil-kerja/

0 komentar:

Posting Komentar