18.7.22

Kuliah Sambil Bekerja

 

Kuliah Sambil Bekerja 

Ujian Akhir Semester Psikologi Industri Dan Organisasi

Dosen pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A

Di susun oleh: Ulvi Isnaini, 21310410103

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

Sulitnya kuliah sambil bekerja membuat sebagian besar mahasiswa untuk menunda mencari pekerjaan demi fokus pada kuliah yang dijalaninya. Namun sebagian mahasiswa lainnya sangat membutuhkan pekerjaan untuk melanjutkan kuliahnya, hal ini bisa disebabkan karena finensial yang kurang mendukung namun kemauan melanjutkan pendidikan sangat besar, sudah bekerja cukup lama dan ada tuntutan melanjutkan pendidikan dari organisasi tempat bekerja, adanya tuntutan dari kampus untuk mencoba melakukan pekerjaan sebagai sarana untuk menerapkan materi yang telah diberikan, mahasiswa sudah memiliki bidang usaha yang dijalankan, adanya keinginan mahasiswa untuk menambah wawasan dan pengalaman dari luar kampus, adanya rasa ingin hidup mandiri dan tidak ingin menggantungkan diri pada orang lain, dan lain sebagainya.

Kemudian muncul sebuah permasalahan dimana saat seseorang mengemban dua tugas penting antara kuliah dan bekerja, namun tempat bekerja tidak mendukung seorang mahasiswa dalam melanjutkan pendidikannya. Suatu organisasi tempat bekerja menuntut agar para karyawannya fokus dalam pekerjaannya dan bertanggung jawab penuh dari tugas yang diberikan. Suatu organisasi tersebut memperlakukan semua karyawannya dengan sama.

Sulitnya mendapatkan izin bekerja para organisasi tempat bekerja saat adanya kegiatan kampus membuat mahasiswa sekaligus karyawan tersebut sangat kesulitan. Suatu organisasi tempat bekerja tidak memberikan keringanan pada karyawannya untuk melakukan hal lain selain dalam urusan pekerjaan. Karena bagi organisasi tersebut tugas pekerjaan harus dinomor satukan, bekerja dengan cepat dan konsisten demi kemajuan perusahaan, membuat organisasi tersebut mengabaikan karyawannya yang juga merupakan pelajar.

Namun disisi lain, organisasi tersebut juga membutuhkan karyawan dengan kwalitas kerja yang lebih baik sehingga membutuhkan karyawan dengan lulusan terbaik untuk bekerja di orgnisasinya dan tidak segan memberikan kenaikan posisi karyawan dari lulusan terbaik.

Untuk menghindari terjadi hal tersebut, seseorang yang ingin bekerja sambil kuliah harus mengetahui seperti apa tempat ia bekerja, peraturan dan kebijakan apa yang diterapkan dalam organisasi tempat dia bekerja, dan bagaimana jadwal perkuliahannya. Karena hal ini dapat menimbulkan ketidak efektifitasan seorang karyawan sekaligus pelajar dalam melakukan pekerjaannya, baik tugas dari tempatnya bekerja maupun dari tempat kuliahnya. Berikut penyebab mengapa bekerja sambil kuliah kurang efektif.

-waktu kuliah berantakan

-jadi malas kuliah

-waktu kuliah semakin lama

-tanggung jawab bertambah

Untuk mencegah hal-hal tersebut terjadi, berikut lankah-langkah yang harus dipersiapkan sebelum memutuskan untuk kuliah sambil bekerja.

-kuatkan niat dan tekad

Melakukan kuliah dan kerja secara bersamaan membutuhkan mental yang kuat. Bulatkan tekad serta tetapkan target yang ingin diraih saat melakukan kedua aktivitas tersebut.

-bekali diri sebelum terjun

membekali diri dengan kemampuan memanajemen waktu karena menjadi anak kuliahan sekaligus karyawan cukup melelahkan.

-bermental baja

Membagi waktu antara kuliah dan kerja harus bisa dilakukan agar tidak bentrok. Hal tersebut biasanya menjadi halangan yang paling sering dihadapi ketika kuliah sambil kerja.

-fokus

Jalani perkuliahan kuliah dan tugas-tugas dari tempat kerja dengan sebaik-baiknya. 

-jaga kesehatan

Tugas dari dosen dan pekerjaan yang menumpuk akan memengaruhi kesehatan. Atur sebaik mungkin, jangan sampai stress karena akan membuat Anda mudah jatuh sakit.

-jangan mudah menyerah ditengah jalan

Ketika memutuskan menjalani perkuliahan sambil bekerja, Anda telah mendapat bayangan apa saja yang akan dihadapi. Rasa capek dan lelah tentu saja menjadi bagian dari konsekuensi. Akan tetapi, menyerah di tengah jalan bukanlah solusi.

Daftra pustaka

Muryanawaludin. 2022. ”Penyebab Kerja Sambil Kuliah Kurang Efektif”. https://universitassuryadarma.ac.id/penyebab-kerja-sambil-kuliah-kurang-efektif/. Diakses tanggal 18 Juli 2022.

“Self-Reflection: Kuliah Sambil Kerja itu Berat, Cuma Segelintir Orang saja yang Kuat”. https://www.lp3i.ac.id/self-reflection-kuliah-sambil-kerja-itu-berat-cuma-segelintir-orang-saja-yang-kuat/. Diakses tanggal 18 Juli 2022.

 

0 komentar:

Posting Komentar