6.7.22

Kontribusi Meningkatkan Semangat Mengaji Di Bulan Suci



 ESSAY PRESTASI 

PENGABDIAN MASYARAKAT

PSIKOLOGI SOSIAL


Dosen Pengampu :

Dr. Arundati Shinta, MA.


Semester Genap T.A 2021/2022


Oleh :

Alwiyah Dwi Pratiwi

 (21310410034)

Kelas A (Reguler)


PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA


Kontribusi Meningkatkan Semangat Mengaji Di Bulan Suci


Selama bulan Ramadhan selalu terdapat kegiatan-kegiatan keagamaan yang dilaksanakan oleh umat muslim. Beberapa kegiatan yang sering dilakukan adalah kegiatan sahur bersama, mengaji, buka puasa bersama, tarawih, dan tadarus Al-Qur'an. Seluruh umat muslim berlomba-lomba untuk berbagi kebaikan di bulan Ramadhan ini. 

Salah satu kegiatan yang dilakukan di bulan Ramadhan adalah TPA (Taman Pendidikan Al-Qur'an). Pada bulan Ramadhan kemarin saya ikut menjadi relawan untuk mengajar anak-anak mengaji di masjid. Setiap harinya anak-anak datang ke masjid dengan antusias. 

Dalam kegiatan TPA tersebut anak-anak diajarkan untuk belajar dan juga memperdalam ilmu eligious masing-masing. Bulan Ramadhan menjadi bulan istimewa bagi kaum muslim untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah, dan juga menjadi saat yang sangat tepat untuk berburu pahala. Anak-anak diajarkan mengaji, diberikan edukasi mengenai ilmu agama, dan juga bermain untuk meningkatkan solidaritas maupun kerjasama.

Namun sayangnya di desa saya tempat dimana anak-anak tersebut sangat antusias untuk belajar mengaji masih minim tenaga pengajarnya. Oleh karena itu, sejak beberapa tahun yang lalu saya sudah ikut berkontribusi untuk menjadi relawan di masjid. 

Melihat anak-anak yang saling melepas tawa dan melempar senyuman pada saat itu juga menjadi kebahagiaan bagi saya. Saya merasa senang bisa berbagi ilmu yang bermanfaat. Saya berharap untuk kedepannya semoga semakin banyak orang yang tersentuh hatinya untuk ikut menjadi relawan dan membantu untuk meningkatkan kegiatan TPA di masjid. Sehingga kebaikan tersebut dapat terus berlanjut.


0 komentar:

Posting Komentar