18.7.22

Kebijakan Organisasi Mempengaruhi Potensi Karyawan

 

Kebijakan Organisasi Mempengaruhi Potensi  Karyawan

ESSAY Ujian Akhir PIO (Semester Genap)

Tahun Akademik 2021/2022

Dosen Pengampu : Dr.,Dra.Arundati Shinta MA

Nama : Bella Azahar Br Tarigan

NIM (21310410033)

 

 



 

Pengertian organisasi adalah sebuah wadah untuk sekumpulan orang yang bekerja sama secara rasional serta sistematis yang terpimpin atau terkendali untuk mencapai tujuan tertentu memanfaatkan sumber daya yang ada di dalamnya.Sementara dalam dunia bisnis, organisasi merupakan sekelompok orang yang melakukan kolaborasi untuk mencapai tujuan secara komersial dengan struktur yang jelas serta memiliki budaya kerja khusus.Adapun beberapa contoh tujuan organisasi secara umum yaitu,sebagai wadah yang digunakan untuk individu yang memang ingin memiliki jabatan, penghargaan serta pembagian kerja yang jelas.Sebagai wadah yang membantu mencari keuntungan bersama-sama dengan kerja sama yang sudah terbagi dengan baik, dan mencapai tujuan secara efektif dan efisien sesuai dengan yang telah menjadi tujuan awal sebuah organisasi.

Unsur dalam suatu organisasi juga sangat penting. Untuk bisa menjalankan sebuah organisasi secara optimal maka diperlukan kelengkapan unsur dasar dalam organisasi itu sendiri.Dengan adanya kelengkapan unsur tersebut maka organisasi dalam terlaksana dengan baik. Berikut beberapa unsur yang harus ada dalam organisasi :

·       Anggota organisasi yang terdiri dari pemimpin yang mengatur organisasi secara umum, manajer yang mengepalai unit tertentu sesuai fungsi bidang kerjanya dan orang-orang yang bekerja di bawah manajer.

·       Kerja sama menjadi bagian penting dalam sebuah organisasi, dengan adanya kerja sama yang baik maka tujuan organisasi dapat dicapai bersama-sama. Sehingga adanya tingkatan anggota akan membantu memudahkan dalam mengatur bagian kerja untuk menjalin kerja sama yang lebih baik.

·       Tujuan organisasi akan menjadi arah perjalanan organisasi tersebut dalam menentukan kegiatan yang dilakukan nantinya

·       Peralatan adalah sarana seperti materi, budget dan barang modal lainnya yang dapat menjadi tempat bekerja atau berkumpulnya organisasi

·       Komunikasi tentunya akan sangat mempengaruhi bagaimana setiap anggota organisasi dapat bekerjasama dengan baik. Komunikasi yang baik akan sangat mendukung perkembangan organisasi secara lebih optimal sesuai dengan proses kerja yang sudah diatur sedemikian rupa.

Sebagai lulusan sarjana yang akan menyandang gelar S.Psi pastinya kita langsung ingin bekerja pada perusahaan-perusahaan yang sesuai dengan bidang pengetahuan kita.Disamping itu,ada juga keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi lagi.Namun tidak jarang perusahaan/organisasi yang punya kebijakan yang egois sehingga mempersulit kita untuk menempuh pendidikan lebih tinggi lagi.

Persoalan dalam organisasi yang sering dijumpai adalah, kebijakan organisasi yang bersifat egois dan selfish.Organisasi tidak terlalu peduli dengan keinginan karyawannya yang ingin menggali potensi diri lebih tinggi lagi. Yang artinya organisasi sama sekali tidak bersedia membantu, organisasi tidak memberi bea siswa,tidak memberi cuti dan tidak peduli dengan progres studi lanjut karyawannya. Namun anehnya, ketika karyawan lulus dari studi,organisasi bersedia mempromosikan karir karyawannya.Organisasi yang sangat licik dan egois,tidak memberi kemudahan untuk menuntut ilmu lanjutan namun mau memetik manfaat dari ilmu lanjutan tersebut.

Apa jadinya dengan dunia kerja pada masa depan yang selalu mendambakan tenaga kerja yang berkualitas,namun kebijakannya selfish/egois tersebut? Dampaknya di masa depan ialah berdampak buruk bagi para pekerja/karyawan karena mereka akan mengalami kesulitan unntuk melanjutkan pendidikan lebih tinggi lagi. Para karyawan juga akan memiliki pengetahuan yang minim/terbatas karena tidak adanya dukungan dari  suatu organisasi tersebut untuk mereka. Tidak menutup kemungkinan hal ini juuga akan berdampak buruk pada perusahaan yang akan mengalami kerugian paada SDM yang memiliki potensi rendah. Jelaskan apa yang akan anda lakukan bila anda menjadi karyawan pada organisasi tersebut. Jika seandainya saya yang menjadi karyawan pada organisasi yang kebijakannya bersifat selfish/egois langkah pertama yang akan saya  lakukan ialah,mencoba menghadapinya  dengan pikiran yang logis dan realistis, berpikir luas terhadap sudut pandang suatu masalah dan menyelesaikannya dengan bijaksana, jika memang kebijakan tersebut sudah berlebihan dan tidak ada toleran sedikit pun terhadap kita yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi maka saya akan dengan berat hati resign dari  organisasi tersebut. Anda bersedia  atau tidak bersedia menuntut ilmu lanjutan?Jawabnya iya,saya bersedia melanjutkan pendidikan lebih tinggi lagi. Adapun cara atau strategi yang akan saya terapkan ialah :Maksimalkan waktu luang yang dimiliki,pilih program dengan bijak, memilih organisasi yang bisa memberikan dukungan untuk kita melanjutkan pendidikan lebih tinggi lagi dan meningkatkan potensi diri,serta tetap ikuti perkembangan informasi.

 

Penutup

Dalam menghadapi organisasi yang bersifat selfish/egois,kita sebagai karyawan yang memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan lebih tinggi lagi harus bisa mengatur waktu sebaik mungkin. Sebaliknya dari pihak organisasi juga harus memberikan dukungan penuh terhadap karyawan yang ingin melanjutkan pendidikan lebih tinggi lagi,karena hal ini juga aka membawa pengaruh baik pada organisasi tersebut.Jika karyawan/anggota organisasi memiliki potensi tinggi dan memiliki imu  yang tinggi maka tidak menutup kemungkinan bisa memajukan suatu organisasi tersebut.

 

Daftar Pustaka

https://penerbitbukudeepublish.com/pengertian-organisasi/

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3007909/5-tips-seimbangkan-pekerjaan-pendidikan-dan-kehidupan-pribadi

0 komentar:

Posting Komentar