6.7.22

Karena Organisasi, bisa pergi ke Negeri Laskar Pelangi

Maliqazuhra Iqbal (21310410003)

Kelas Reguler

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Semester Genap T.A 2021/2022

Kemah Budaya Nasional adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kemah Budaya Nasional 2016 yang diadakan di Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung ini mengangkat tema “Mewujudkan Generasi Muda yang Mandiri, Berdaya Saing dan Berkarakter. Dalam Kemah Budaya Nasional dilakukan berbagai 3kegiatan menarik yang sesuai dengan penguatan pendidikan karakter dan penanaman nilai budaya. Kegiatan tersebut antara lain pemutaran film bertema nilai dan karakter Indonesia, menanam pohon, festival layang-layang, kreativitas daur ulang, permainan tradisional, pentas seni budaya, festival kuliner, dan jelajah wisata budaya, serta malam kesenian.

Kegiatan ini berlangsung atas kerjasama Direktorat Jenderal Kebudayaan dan Ditjen Paudni Kemdikbud dengan Pemda Belitung ini melibatkan 812 orang peserta yang merupakan utusan dari 34 provinsi di Indonesia, panitia, narasumber, Gugus Depan (Gudep) KBRI Singapura dan Malaysia, serta utusan pramuka dari negara-negara rumpun melayu sebagai peninjau.


Di acara Kemah Budaya Nasional ini saya selaku pimp3inan regu yang memiliki anggota 8 orang mewakili Provinsi Sumatera Utara untuk memeriahkan acara serta berkontribusi untuk mengenalkan budaya yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Adapun beberapa budaya yang kami perkenalkan diantaranya: Kain Ulos sebagai kain tenun khas batak yang berbentuk selendang yang di perkenalkan saat pawai budaya, Masakan Arsik Ikan Mas adalah salah satu makanan tradisi masyarakat suku Batak yang diperkenalkan saat kegiatan Festival Kuliner,serta Tarian Tortor Batak Siburuk adalah jenis tarian purba dari Batak Toba yang di tampilkan di malam kesenian. Selain memperkenalkan budaya di Sumatera Utara kami juga mengenal budaya dari Provinsi lain di Indonesia, serta lebih memahami kebudayaan yang ada di Bangka Belitung diantaranya, hasil laut yang melimpah, kaya dengan timah dan Bangka Belitung merupakan penghasil Lada Nasional, dan yang paling indahnya yakni pasir putih pantainya. Bangka belitung juga dikenal sebagai Negeri Laskar Pelangi khususnya di Kabupaten Belitung Timur dari Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata yang membuat kawasan ini semakin terkenal luas, adapun julukan lain Kabupaten ini yaitu Kota 1001 Warung Kopi.

Di pulau Bangka Belitung ini lah kami lebih mengenal dan mengerti lebih banyak tentang kebudayaan Indonesia, Negeri Laskar Pelangi terimakasih untuk kenangannya.

 

Referensi:

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/09/kemah-budaya-nasional-wujudkan-generasi-berkarakter#:~:text=Kemah%20Budaya%20Nasional%20(KBN)%202016,kebudayaan%20kepada%20generasi%20penerus%20bangsa.

https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/kemah-budaya-nasional-mewujudkan-generasi-yang-mandiri-berdaya-saing-dan-berkarakter/

 

0 komentar:

Posting Komentar