20.7.22

KARAKTER PEMIMPIN YANG BAIK


ESSAY Ujian Akhir Semester
PSIKOLOGI SOSIAL
Semester Genap T.A 2021/2022
Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A.
Nama : Putri Dahliani
Reguler A
Fakultas Psikologi
UNIVERSITS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Kepemimpinan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam suatu organisai karena sebagian besar keberhasilan dan kegagalan suatu organisasi ditentukan oleh pimpinan dan karakter pemimpin dalam organisasi tersebut. Awal kata pemimpin menurut KBBI daring adalah pimpin, artinya orang yang memimpin. Pemimpin dapat diartikan sebagai seseorang yang memiliki kemampuan memimpin, mempengaruhi orang lain dan kelompoknya. Menurut Modern Dictionary of Sociology, pemimpin adalah seseorang yang memiliki peranan atau posisi dominan dan berpengaruh dalam kelompoknya. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemimpin adalah seseorang yang dapat mempengaruhi orang lain untuk mencapai suatu tujuan bersama.

Pemimpin harus mempunyai etika berbisnis dan tanggung jawab yang baik secara fisik maupun spiritual terhadap keberhasilan aktivitas kerja dari yang dipimpin. Menjadi pemimpin itu tidak mudah dan setiap pemimpin masing-masing tidak akan mempunyai kesamaan, baik karakter pemimpin yang dimiliki, ataupun cara pemimpin dalam  menjalankan ke-pemimpinannya. Berikut 10 Karakter yang harus dimiliki seorang pemimpin.

1. Memiliki Pendirian Teguh
Sebagai pemimpin harus memiliki karakter pemimpin yang teguh pendirian, dan tidak mudah terpengaruh oleh perkataan orang lain. Pemimpin yang memiliki pendirian yang teguh akan menjadi pemimpin yang berjalan sesuai dengan visi dan tujuan, tanpa terpengaruh oleh setiap orang yang disekitarnya.
2.  Jujur
Memiliki karakter pemimpin yang jujur ​​sangat penting dalam kepemimpinan. Karakter pemimpin yang baik harus selalu jujur ​​kepada anggota tim atau kliennya atas setiap risiko yang dialami pemimpin, baik itu mengenai kerugian maupun keuntungan yang dia alami oleh pemimpin tersebut.
3.  Adil
Sebagai pemimpin, sikap adil dibutuhkan dalam kepemimpinan Anda. Karakter pemimpin yang adil membuat setiap para karyawan Anda merasa akan keadilan yang Anda miliki terhadap mereka. Jangan sampai ada kecemburuan sosial antar karyawan yang dapat menyebabkan ketidaklancaran bisnis yang sedang Anda jalani.
4.  Cerdas
Sebagai pemimpin harus memiliki pengetahuan yang luas, karakter pemimpin seperti ini harus dimiliki. Karena sebagai pemimpin, Anda juga harus memberikan ilmu pengetahuan Anda terhadap setiap karyawan Anda, dan mengajarkan mereka kepada pengetahuan yang mungkin belum mereka mengerti.
5.  Mampu Bersikap Tenang Dalam Kondisi Apapun
Di dalam dunia bisnis, tentu setiap pemimpin akan merasakan saat mereka mengalami jatuh dan bangun ketika membangun sebuah usaha. Dalam situasi seperti itulah karakter pemimpin yang tenang dalam menghadapi situasi seperti itu sangat diperlukan.
6.  Komunikasi Yang Baik
Membangun komunikasi yang baik merupakan karakter pemimpin yang harus diterapkan kepada setiap karyawannya. Dengan Anda sering berkomunikasi dengan karyawan Anda, maka akan lebih mempermudah karyawan Anda untuk memahami maksud dan tujuan yang Anda berikan.
7.  aku bisa menjawab
Sebagai pemimpin sikap taggung jawab dan  mental  merupakan suatu hal yang harus diterapkan dalam setiap karakter pemimpin. Sebagai pemimpin harus siap menerima resiko yang mungkin saja terjadi pada bisnis yang sedang mereka jalankan. Dan dalam situasi seperti itulah sikap bertanggung jawab atas penggunaan yang dibutuhkan dalam seorang pemimpin.
8.  Menginspirasi
Sebagai pemimpin Anda juga harus menjadi inspirasi bagi setiap Anda, karakter pemimpin yang dapat menginspirasi karyawan juga berdampak positif terhadap karyawan Anda, dengan begitu secara langsung Anda dapat memotivasi bawahan Anda maupun orang lain yang mendengarkanya, hal ini merupakan  kebiasaan sukses  yang harus ditiru.
9.  Keyakinan
Untuk menjadi pemimpin yang efektif, Anda harus memiliki karakter pemimpin yang percaya diri untuk memastikan bahwa orang lain atau karyawan Anda mengikuti perintah Anda. Jika Anda tidak yakin tentang keputusan dan kualitas Anda sendiri, maka bawahan Anda tidak akan pernah mengikuti Anda.
10.  Empati
Memiliki rasa empati terhadap bawahan atau karyawan Anda, itu merupakan karakter pemimpin yang memiliki rasa kepedulian terhadap karyawannya. Pemimpin harus memiliki tingkat tinggi terhadap lingkungan kerja di sekitarnya. Kondisi para karyawan harus mendapatkan perhatian khusus.

Lalu bagaimana kalau ada pemimpin yang menghalalkan segala cara agar dapat meraih keuntungan, tetapi keuntungan tersebut akan diberikan kepada pegawainya untuk membeli kesetiaan mereka?

Menghalalkan segala cara untuk meraih sebuah keuntungan itu adalah cara yang salah walaupun keuntungan tersebut akan diberikan kepada pegawainya. Tujuan mendapatkan keuntunganya pun agar dapat membeli kesetian pekerjanya, Tentu hal itu akan menjadi perbincangan oleh para pegawainya.  Akan lebih baik lagi jika berusaha untuk meraih keuntungan tanpa menghalalkan segala cara. Karna selama kita masih mau berusaha pasti akan ada jalanya.

Daftar pustaka

https://pemimpin.id/apa-itu-pemimpin/

http://spi.upi.edu/2020/09/30/10-karakter-pemimpin-yang-harus-dimiliki/


0 komentar:

Posting Komentar