9.7.22

interaksi sosial sebagai upaya penyesuaian diri dalam lingkungan baru

 


 

Essay persyaratan Ujian Akhir Semester

Essay 3

Psikologi Sosial

(semester Genap 2021/2022)

Nia Zulkhaini (21310410097)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A

Sebagai manusia tidak luput dengan perannya sebagai makhluk sosial yang tidak pernah lepas berinteraksi, bisa berinteraksi secara langsung maupun tidak langsung. Tidak hanya pembicaraan yang penting namun juga pembicaraan yang ringan terkadang menjadi hal yang sangat penting untuk menambah informasi atau wawasan. Seperti saat seseorang sedang meghadapi masalah, pasti akan mencari teman untuk bercerita entah itu dengan sahabat, orang tua, sodara atau pasangannya untuk mencurahkan isi hati dan perasaan agar semakin lega untuk mendapatkan saran yang terbaik. Jadi apa itu interaksi sosial?

Interaksi sosial terdiri dari dua kata yaitu, interaksi yang berarti tindakan yang terjadi antara dua orang atau lebih yang bereaksi akan timbal balik melalui kontak langsung maupun tidak langsung. Sosial, yang berarti mencakup hal yang saling berkesinambungan atau bekerja sama seperti halnya manusia yang merupakan makhul sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Dapat di simpulkan bahwa interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antar individu maupun kelompok untuk menjalin suatu hubungan pertemanan, kerja sama, diskusi yang diterapkan dalam lingkungan masyarakat.

Ciri-ciri interaksi sosial antara lain:

1.       Bisa dikatakan interaksi sosial apabila jumlah pelaku lebih dari satu orang atau bahkan lebih.

2.       Adanya komunikasi secara langsung maupun tidak langsung antara pelaku interaksi sosial tersebut.

3.       Memiliki tujuan yang jelas

4.       Terdapat dimensi waktu, meliputi masa kini, masa lalu, dan masa depan.

Interaksi sosial merupakan suatu hal yang tidak bisa tertinggal dari kehidupan manusia. Namun setiap manusia pasti memiliki suatu kesulitan yang berbeda-beda untuk menerapkan interkasi sosial seperti halnya seseorang yang memiliki sifat introvert atau pemalu. Terutama saat orang-orang ini berada dalam lingkungan baru yang mengharuskan mereka untuk melakukan interaksi sosial dengan orang yang baru bahkan orang yang sebelumnya sama sekali belum mereka kenal.

Berikut ini hasil wawancara mengenai interaksi sosial dengan teman saya yang sudah bekerja.

Menurut kamu pentingkan interaksi sosial dalam lingkup kerja?

ya, interaksi sosial sangat penting dalam lingkungan kerja, karena dengan interaksi sosial kita bisa memiliki hubungan yang baik antar karyawan, menurut saya juga sesama karyawan bisa dijadikan sebagai teman berbagi keluh kesah, jadi saat saya sedang bekerja tidak jarang kita yang sesama karyawan bekerja sambil curhat atau bercerita. Dengan saling bercerita jadi kami tidak merasakan waktu kerja yang lama karena kita dapat menikmati pekerjaan kita dengan enjoy. Namun walaupun kami sering bercerita saat bekerja hal itu tidak membuat terhambatnya pekerjaan kita”.

Bagaimana cara kamu membentuk interaksi sosial dalam lingkungan baru?

bagi saya sebagai seseorang yang mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan, hal itu tentu saja tidak sulit. Saya selalu menyapa warga sekitar kontrakan saat saya hendak berangkat kerja ataupun saat mau keluar mencari makan. Saya selalu berusaha menjadi orang yang ramah kepada siapapun dan dimanapu. Karena kita sedang berada di kota orang jadi kita harus bisa bersikap baik dan ramah”.

 

Daftar isi:

https://www.detik.com/edu/detikdpedia/d-5752680/pengertian-interaksi-sosial-ciri-ciri-syarat-terjadi-dan-ragam-bentuknya/amp

https://www.google.com/amp/s/www.gramedia.com/literasi-sosial/amp/

0 komentar:

Posting Komentar