7.7.22

Donor Darah Menjadi Kegiatan Rutin PMR-PMI Unit 257 SMK-SMTI Makassar

 Donor Darah Menjadi Kegiatan Rutin PMR-PMI Unit 257 SMK-SMTI Makassar


Oleh: Humairah Natsir

Program Studi Psikologi Umum

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

2022


Essay ini dibuat sebagai persyaratan mengikuti UAS mata kuliah Psikologi Sosial

Dosen Pengampu Ibu Dr., Dra. Arundati Shinta, M.A.


     Donor darah adalah prosedur sukarela yang dapat membantu menyelamatkan nyawa orang lain untuk maksud dan tujuan transfusi darah bagi orang lain yang membutuhkan. Semua orang dapat menjadi donor darah jika memenuhi persyaratan yang berlaku. Darah dari setiap pendonor akan dikumpulkan lewat jarum steril sekali pakai, kemudian ditampung dalam kantong darah steril. Kegiatan donor darah bisa dilakukan jika terjadi interaksi antar sesama umat manusia, salah satunya adanya interaksi dari sebuah organisasi. 

    Organisasi pada dasarnya dibuat sebagai tempat ataupun wadah bagi orang-orang untuk berkumpul, bekerja sama secara rasional dan sistematis. Asalkan memenuhi unsur-unsur dan memiliki tujuan yang sama, maka sudah bisa dikatakan sebagai organisasi. Organisasi dapat dijumpai di mana saja, mulai dari organisasi di sekolah seperti OSIS dan PMR, organisasi di tingkat desa seperti Karang Taruna hingga organisasi internasional seperti ASEAN atau PBB. 

       Salah satu organisasi yang selalu menjalankan kegiatan donor darah adalah organisasi yang bergerak dibidang kemanusiaan yaitu Palang Merah. Palang Merah Remaja (PMR) adalah wadah promosi dan pengembangan anggota muda dari PMI, PMI selanjutnya disebut PMR. Terdapat di kota atau kabupaten di Indonesia. Anggota PMR merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan kemanusiaan salah satunya donor darah. 

       Pada bulan Mei lalu organisasi PMR di SMTI Makassar telah menyelenggarakan kegiatan donor darah di sekolahnya. Kegiatan tersebut sukses terlaksana dengan tercapainya target yang diberikan pada pihak PMI. 

       "Kegiatan donor darah kemarin itu diselenggarakan oleh organisasi sekolah yaitu palang merah remaja SMTI, tepatnya pada 25 Mei 2022 pukul 09.00-13.00 WITA yang diselingi dengan kegiatan sosialisasi mengenai donor darah di SMK-SMTI Makassar, di mana sasaran pendonor yaitu guru, karyawan sekolah, masyarakat umum atau sekitar sekolah dan siswa/siswi yang memenuhi syarat sebagai pendonor." Ujar Mutiah selaku ketua panitia kegiatan (25/06/22). 

       Kegiatan donor darah merupakan kegiatan sosial yang tidak hanya melibatkan organisasi saja dalam berinteraksi namun juga melibatkan masyarakat luas. Kegiatan ini melibatkan interaksi antar organisasi. 

    "Kerja sama disini dijalin bersama UDD (Unit Donor Darah) PMI Kota Makassar, yang sekaligus memberikan target untuk jumlah pendonor. Disini PMI kota Makassar memberikan target sebanyak 30 pendonor dan pendonor yang dicapai yaitu 31 Pendonor, jadi kegiatan donor darah tersebut memenuhi target yang diberikan. Adapun tujuan dari kegiatan ini ialah menambah persediaan darah, meningkatkan kepedulian masyarakat untuk mau dan mampu melakukan kegiatan sosial ini kepada masyarakat yang membutuhkan darah, sebagai wujud pelaksanaan program kerja PMR-PMI UNIT 257 SMK-SMTI Makassar, meningkatkan kesehatan pendonor." Imbuhnya. 

     Kegiatan donor darah tentunya memberikan harapan besar terhadap umat manusia satu sama lain. Mengingat manusia adalah makhluk sosial perlu kerjasama. Suksesnya kegiatanpun adalah hasil dari kerjasama. 

      "Saya sangat senang karena target yang diberikan dapat tercapai atau lebih, dan ini merupakan kegiatan donor darah perdana yang dilakukan kembali setelah beberapa lama tidak dapat dilakukan dikarenakan situasi. Mengenai kerja sama antar anggota saya rasa kurang maksimal di mana masih banyak yang harus diperbaiki, dievaluasi atau dibenahi. PTetapi usaha kami sebagai tim tetap patut di apresiasi." Tutupnya. 

   Kerjasama yang baik akan memberikan hasil yang memuaskan untuk mencapai kepentingan bersama. Untuk memulai kerjasama maka setiap anggota seharusnya paham tentang tujuan yang akan dicapai. 


Referensi:

Abdi, H. 2021. Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli Beserta Tujuannya. Diakses melalui https://m.liputan6.com/hot/read/4621531/pengertian-organisasi-menurut-para-ahli-beserta-jenis-dan-tujuannya. Pada 28 Juni 2022.

Dosen pendidikan 3. 2022. Palang Merah Remaja. Diakses melalui https://www.dosenpendidikan.co.id/palang-merah-remaja/. Pada 28 Juni 2022.

Nurin, F. 2022. Serba Serbi Donor darah: Prosedur, Persyaratan, Dan Hal yang Harus Diperhatikan. Diakses melalui https://hellosehat-com.cdn.ampproject.org/v/s/hellosehat.com/kelainan-darah/donor-darah/?amp=1&amp_gsa=1&amp_js_v=a9&usqp=mq331AQKKAFQArABIIACAw%3D%3D#amp_tf=Dari%20%251%24s&aoh=16564334722556&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&ampshare=https%3A%2F%2Fhellosehat.com%2Fkelainan-darah%2Fdonor-darah%2F. Pada 28 Juni 2022.

0 komentar:

Posting Komentar