12.7.22

DISEPELEKAN LALU MEMBUKTIKAN

 

MENJUARI MINI SOCCER 2021

Tugas Prestasi Psikologi Sosial

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA

Disusun oleh:

Satria Rahman Nasution (21310410087)

Fakutas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Kita semua sepakat bahwa olahraga adalah segala kegiatan yang sistematis untuk mendorong, membina serta mengembangkan  potensi  jasmani, rohani, dan sosial. Sekarang ini olahraga  tidak  hanya  atau tidak lagi dijadikan sebagai pemersatu suatu bangsa, tetapi olahraga sekarang banyak dimanfaatkan sebagai pendidikan, rekreasi, kesehatan, dan prestasi. Olahraga dapat digunakan sebagai  media untuk membina sikap disiplin dan kerjasama (Husdarta, 2011). Olahraga prestasi tidak dihasilkan dengan mudah dibutuhkan  bakat, latihan, pelatih yang baik, bahkan semangat yang tinggi untuk mendapatkan prestasi.

Olahraga   cabang   sepakbola   adalah olahraga permainan yang diminati dari berbagai kalangan.    Hal    ini    dikarenakan    permainan sepakbola dapat dilakukan oleh siapa saja, mulai dari  anak-anak  sampai  orang  dewasa,  baik  laki-laki  maupun  perempuan.  Penggemar  sepakbola berasal  dari  segala  usia  terutama  pada  kalangan pelajar  dan  mahasiswa  bisa  merasakan  bahwa sepakbola adalah olahraga yang menyenangkan, kompetitif, mendidik, menghibur, dan menyehatkan.

 

Ketika 2021 lalu, rekan saya menawari untuk bermain, dan bergabung ke dalam tim sepak bola untuk memeriahkan salah satu ajang bergengsi di kampus rekan saya, Politeknik Negeri Bali. Saat itu, bisa dikatakan bahwa saya dipinjam untuk memperkuat tim rekan saya untuk memenangkan lomba tersebut. Antar jurusan di kampus-nya bertanding memperebutkan juara. Tidak disangka-sangka, tim kami yang awalnya dipandang sebelah mata bisa menduduki posisi ke-3, dan keluar sebagai juara dalam ajang turnamen sepak bola tersebut. Tetapi, kemenangan yang tim kami raih tidak disemata-semata karena keberuntungan. Sebelum mengikuti lomba bergengsi tersebut, saya dan tim memang memiliki motivasi kuat untuk menjuarinya. Sebab, motivasi mempunyai peranan yang sangat penting dalam melaksanakan proses tugas untuk mencapai  prestasi  olahraga.  Hubungan  antara motivasi   dengan   kegiatan   olahraga   keduanya tidak   dapat   berdiri   sendiri,   keduanya   saling mendukung   dan   saling   berpengaruh   terhadap hasil    akhir    atlet    yang    mengikuti    kegiatan olahraga  diawali  dengan  motivasi  yang  baik, maka   akan   mendatangkan   hasil   yang   baik.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar