12.7.22

BERGABUNG DENGAN KOMUNITAS BTF





Bergabung dengan Komunitas Bridges to The Future 

Essay Prestasi : Psikologi Sosial

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A




Siti Khasanah (21310410089)

Fakultas Psikologi UP 45
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

2022




Pada bulan April 2022 saya mengikuti seleksi kemudian lolos dan bisa bergabung dalam batch YPAB bersama beberapa alumni lainnya dari sekolah kesetaraan saya dulu (Yayasan Pemimpin Anak Bangsa), untuk ikut berkolaborasi dengan Bridges to The Futur dari Yayasan Plan Internasional Indonesia. YPII & YPAB bekerja sama membuka kesempatan bagi peserta didik atau alumni untuk mengikuti ‘Kelas Pemantapan Karier (Soft Skill In-Depth).

Pelatihan ini juga menjangkau 3.200 peserta dari pengelompokan komunitas dalam tiap batch, hingga proyek BTF ini berakhir, yakni pada September 2022.

Berikut tentang Komunitas Bridges to The Future :

Sejak permulaan merebaknya di awal tahun 2020, pandemik COVID-19 telah menyebabkan krisis ketenagakerjaan yang cukup signifikan bagi angkatan kerja muda di kawasan AsiaTenggara (ASEAN), utamanya bagi kelompok rentan seperti perempuan, migran, korban perdagangan manusia, penyandang disabilitas, etnis minoritas, orang tua tunggal, dan anak yang menjadi pencari nafkah. Krisis ini turut memperburuk pertumbuhan ekonomi global karena menghambat pertumbuhan bisnis lokal (terutama sektor UMKM) dan menyusutkan kesempatan tenaga kerja untuk memperoleh pekerjaan/mata pencaharian, hingga secara simultan meningkatkan jumlah pengangguran dengan begitu drastis.

Untuk turut mengurangi risiko ini, Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) dan ASEAN Foundation berkolaborasi untuk menjalankan pelatihan “Bridges to the Future: ASEAN Youth Employment” yang bertujuan menjembatani angkatan kerja muda ke peluang kerja yang layak. Didukung oleh lembaga filantropi Google.org, Plan Indonesia mengimplementasikan berbagai rangkaian kegiatan yang diharapkan dapat meningkatkan kesiapan kerja kaum muda, utamanya bagi mereka yang rentan dan marjinal di wilayah Jakarta Raya agar peluang mereka dalam memasuki dunia kerja semakin meningkat.

Tujuan :

  • Membentuk komunitas yang informatif dan suportif terkait karier dan pekerjaan
  • Memberikan dukungan bagi kaum muda berusia 18-29 tahun untuk mampu meningkatkan skillnya dalam memasuki dunia kerja atau memperoleh pekerjaan yang layak
  • Memfasilitasi peserta pada pelatihan karier yang sesuai dengan kebutuhan industri
  • Memberikan dukungan mentorship (pendampingan) dan dukungan psikososial berdasarkan kebutuhan kaum muda
  • Menyediakan bantuan teknis pencarian serta pencocokan kerja (job matching) sesuai dengan peluang kerja yang ada.





0 komentar:

Posting Komentar