11.7.22

DEBAT yang baik


 PSIKOLOGI SOSIAL

Prestasi 

Oleh: Ayu Pramesty Dwi Anggraini (21310410102)

Psikologi Kelas Reguler (A) 
Semester genap T.A. 2021/2022

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Essay Prestasi Psikologi Sosial

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA



Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian debat adalah pertukaran dan pembahasan pendapat terkait suatu hal dengan saling menyampaikan argumentasi atau alasan dengan tujuan mempertahankan pendapat bahkan memenangkan pendapat. Secara umum, debat dapat dipahami sebagai strategi dalam adu pendapat atau argumen dengan tujuan pendapat yang kita bisa mematahkan pendapat lawan, begitupun sebaliknya, pendapat kita tidak dipatahkan oleh lawan. Ada juga yang menyebut, debat adalah aktivitas mengajukan usul dan mempertahankan usulan tersebut.

Debat biasa dipelajari dalam Bahasa Indonesia, tetapi minat siswa akan debat sangat kurang diminati bahkan lomba debat pun jarang terdengar oleh siswa. Mereka bertanya-tanya debat tuh apa dan untuk apa. Saya akan menjelaskan sedikit pengalaman saya akan lomba debat ini. 

Dalam Debat diperlukan tim yang beranggotakan 3 orang berarti debat tersebut menjadi interaksi sosial kelompok, tim tersebut bisa menjadi Tim Pro tim yang mendukung Topik/Mosi, sedangkan tim yang satunya lagi adalah Tim Kontra tim yang membantah Topik/Mosi. Di debat tersebut perlu adanya Moderator untuk menengahi jalannya Debat. Topik/Mosi menjadi pembahasan untuk argumentasi dari kedua tim. Saat lomba Debat juga ada juri, lomba Debat perlu ruangan tersendiri supaya tidak ada yang mengganggu jalannya lomba debat tersebut. Hanya tim dan pendamping yang dibolehkan masuk dalam ruangan tersebut , dan saat Debat berlangsung di berikan arahan agar setiap penonton hening tidak berisik. 

Saya lomba debat dua kali, awalnya saya mengikuti organisasi Humaniora yang mendukung ekstrakurikuler kebahasaan. Dan saat itu saya tertarik pada divisi Debat, karena saat SMP pelajaran PKN dalam kelas belajar tentang debat topik dalam pelajaran PKN. Setelah saya mengikuti organisasi tersebut saya lebih mendalami apa itu Debat, tidak lama saya mencoba ikut lomba yang di selenggarakan oleh sebuah sekolah dengan hadiah utama uang tunai. Saat lomba tersebut saya lebih mengetahui cara debat yang baik dan juga mengamati lawan dari sekolah lain. Saat lomba pertama kurangnya persiapan membuat tim saya gagal dalam babak penyisihan. Lalu lomba kedua disarankan oleh guru bahasa indonesia saya karena saya cukup terampil dalam berbicara yang di butuhkan dalam lomba Debat saya menjadi salah satu perwakilan sekolah untuk lomba antar sekolah lain. Saat itu saya di ajar langsung oleh guru saya bersama dua orang lainnya. Saat itu 10 tema/mosi yang akan dibahas dalam lomba tersebut, tetapi pembagian tema/mosi hanya akan dibagikan saat hari perlombaan, jadi saat itu tidak tahu akan dapat tema/mosi apa. Satu tim saya harus mendalami 10 tema/mosi yang akan dilombakan, lumayan menguras pikiran karena tidak boleh membawa teks pembahasan tema/mosi yang artinya kita perlu berpikir langsung membahas tema/mosi yang akan di dapat. Karena selain harus memiliki kecakapan berbicara dalam debat perlu wawasan luas untuk membahas mosi tersebut. Tema/mosi yang saya dapatkan saat babak pertama adalah ‘Bahasa Inggris yang menjadi bahasa Internasional’ saya menjadi Tim Pro untuk membahas mosi tersebut yang artinya saya harus mendukung mosi tersebut. Diperlukan argumentasi yang rasional dan juga berdasar saat lomba Debat tersebut karena bukan Debat Kusir (argumentasi nya tidak berdasar). Saat lomba tersebut tim saya menjadi Juara Ketiga yang hanya dapat piagam yang di simpan di sekolah dan tidak pernah di abadikan foto karena piagam tersebut baru dikirim setelah beberapa bulan lomba berlangsung. 

Ber-argumentasi bisa menjadi sesuatu hal yang yang penting dalam Debat. Dalam Debat juga diperlukan interaksi sosial yang baik. 

DAFTAR PUSTAKA

Pengertian Debat: Fungsi, Tujuan, Ciri dan Unsur-unsurnya. Gramedia Blog. Diakses pada Senin, 11 Juli 2022 pukul 15.06WIB. https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-debat/


0 komentar:

Posting Komentar