20.7.22

Machiavellian di Dunia Bisnis



 Ujian Akhir Psikologi Sosial
Semester  Genap T.A. 2021/2022
Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A.
Nama : Elfa Hidayaturrohmah
NIM : 21310310032
Reguler (A)
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Sifat Machiavellian didefinisikan sebagai kepribadian yang kurang peduli dalam hubungan personal dengan mengabaikan moralitas konvensional dan memiliki komitmen ideologi yang rendah (Christie dan Geis, 1970). Sifat Machiavellian seorang auditor diukur dengan skala Mach IV yang terdiri dari 2 item pernyataan, dimana sembilan pernyataan merupakan kategori taktik Machiavellian, sembilan pernyataan merupakan pandangan personal atau tujuan, dan dua pernyataan merupakan ciri minoritas. Sifat Machiavellian dalam dunia bisnis yang memberikan reward untuk kemenangan merupakan sifat yang dapat diterima umum, namun dalam profesi auditor yang mengutamakan implikasi etis, sifat Machiavellian merupakan sifat yang negatif karena mengabaikan pentingnya integritas dan kejujuran dalam mencapai tujuan. Individu yang memiliki sifat tinggi berusaha memanfaatkan keadaan untuk memperoleh keuntungan pribadi cenderung untuk tidak patuh pada peraturan. 

Seseorang auditor yang memiliki kecenderungan sifat Machiavellian tinggi kemungkinan akan melakukan tindakan-tindakan yang melanggar aturan etika profesi sehingga menyebabkan terjadinya perilaku difungsional. Tipe kepribadian mempengaruhi orientasi umum ke arah pencapaian tujuan, pemilihan alternatif, tindakan terhadap risiko, dan reaksi di bawah tekanan. Sikap kepribadian ia yang manipulatif dan eksploitatif yang sering ditunjukkan oleh orang-orang yang berkuasa, dengan bersikap manipulatif dan eksploitatif diharapkan dapat mewujudkan tujuan dan mempertahankan kekuasaannya. 

Hal itu bisa terjadi dengan orang sekitar kita bukan orang pemimpin/penguasa, seperti seseorang dengan berbagai  cara membuat orang lain mengerjakan pekerjanya tetapi mengakui hasil pekerjaan tersebut sebagai pekerjaan sendiri. Orang-orang yang mempunyai kepribadian ini sangat mungkin untuk tampil sebagai orang yang hangat dapat menjalin pertemanan yang dekat. Namun, hal ini dilakukan untuk mempertahankan pertemanan dan memastikan peluang manipulasi secara kontinu. Kita tidak bisa hanya melihat karakter Mach dari satu sisi kacamata, disisi lain karakteristik Mach yang kompeten dan fokus pada tujuan-tujuannya mungkin dapat memberi dampak positif pada kesuksesan berkarir. Perilaku ini bida membantu mereka dengan kepribadian Mach terlihat lebih menarik, sehingga dapat membantu mempercepat perkembangan karir. 

Tidak semua yang kita lihat dari sisi gelap seseorang selalu gelap akan ada kalanya dimana seseorang itu juga mempunyai sisi terang. Peran pemimpin transformasional yang menyediakan bahwa tujuan pribadi individu sehingga meningkatkan motivasi intrinsik. Ia dapat menunjukkan perilaku kerja produktif dan dapat memberikan kentungan pada perusahaan, karena individu dengan kepribadian ini  dapat menjadi aset perusahaan, mereka dapat merangsang dan memfasilitasi inovasi dan perubahan yang diperlukan.

Terkait dengan kepribadian Mach mungkin dapat memberikan efek negatif dalam menjalin hubungan sosial seperti hubungan pertemanan maupun hubungan romantis dengan orang lain. Namun, tidak selamanya demikian. Orang-orang yang mempunyai kepribadian seperti Mach juga sangat mungkin untuk menunjukkan performa kerja yang baik dan diinginkan oleh perusahaan, sehingga dapat membantu perkembangan karir individu  terutama pada industri yang memiliki iklim kerja kompetitif, seperti penjualan dan industri kreatif. 

Agar kita terhindar seperti karakter Mach mulai dari hal kecil seperti selalu menanamkan kejujuran mulai dari hal tersebut kita juga akan menjalin hubungan yang baik antar pekerja, kerja dengan profesional juga akan meningkatkan keharmonisan dan mengurangi selisih antar sesama tidak manipulatif dan kompeten yang tinggi

Daftar Pustaka 

Rustani, Ni Wayan. 2013. Sifat Kepribadian dan Locus of Control Sebagai Pemodifikasi Hubungan Stres Kerja dan Perilaku Difungsional Audit. Simposium Nasional Akuntansi XVI. Manado 25-28 September.

Robbins,S.P.2008. Perilaku Organisasi. Saleba Empat : Jakarta.

Purnamasari, St. V. 2006. Sifat Machiavellian dan Perkembangan Moral: Anteseden Erika dan Kualitas Audit. Simposium Nasional Akuntansi IX. Padang 23-26 Agustus.  


 


0 komentar:

Posting Komentar