21.7.22

Apa Itu Machiavellianisme?

 Machiavellianisme Dalam Suatu Organisasi

Essay Ujian Akhir Semester

Psikologi Sosial

(Semester 2 Genap TA 2021/2022)

Nurul Mawaddah (21310410028)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

Dosen Pengampu    : Dr. Arundati Shinta, M.A


Pernahkah Anda mendengar Machiavellianisme? Machiavellianisme adalah orang yang gemar menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan. Machiavellianisme dalam psikologi mengacu pada kepribadian yang fokus pada kepentingannya sendiri sehingga mereka cenderung akan memanipulasi, menipu, dan mengeksploitasi orang lain untuk mencapai tujuan mereka. kepribadian Machiavellianisme merupakan salah satu tipe kepribadian dalam Drak Triad bersamaan dengan kepribadian narsisme dan psikopat. Istilah tersebut pun memang benar berasal dari referensi tokoh Niccolo Machiavelli. Machiavelli memiliki buku berjudul The Prince. Pada bukunya tersebut, Machiavelli menyatakan bahwa penguasa yang kuat harus bersikap keras terhadap rakyat dan musuh mereka dan bahwa kemuliaan dan kelangsungan hidup membenarkan segala cara meski pada setiap perbuatan yang tidak bermoral dan brutal.

Machiavellianisme juga bisa disebut seorang manipulator. Sangat pintar memutarbalikan fakta, sangat berkemampuan berbohong dan membenarkan kata-kata bohongnya, sangat pintar memanipulasi keadaan, sangat pintar berargumen tanpa logika, tanpa akal sehat, sangat pintar berputar-putar, menarik ulur, dan menciptakan persepsi seolah-olah dirinya dirugikan. Mereka adalah para manipulator, yang suka menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan.  Seorang manipulator memiliki energi negatif dalam wujud licik, trik negatif, kecurangan, tipu daya, menyelewengkan, menyalahgunakan, dan berlogika tanpa akal sehat. Mereka cerdas menguasai kelemahan lawan. Setelah kelemahan lawan ditemukan, mereka akan menggunakannya untuk menyerang dari setiap sisi dan sudut.

Bayangkan jika Anda bekerja pada sebuah organisasi yang Pemimpinnya mempunyai karakter seperti yang digambarkan oleh Machiavelli, terutama ketika ia berhadapan dengan pihak eksternal organisasi. Menariknya segala keuntungan finansial yang didapat / dimanipulasi dari pihak eksternal tersebut kemudian diberikan untuk kesejahteraan semua anak buah organisasi. Ini dilakukan demi membeli kesetiaan anak buah terhadap pimpinan, sehingga kekuasaan dalam organisasi menjadi lestari. Dan pada banyak kenyataan yang sering kita lihat anak buah dalam organisasi seperti itu pasti sangat senang dan akan mendukung pemimpin membantu dengan segala cara agar tujuan organisasi tercapai meskipun cara tersebut negatif, karena kehidupannya pasti akan terjamin. Namun sebaliknya jika berada dalam organisasi tersebut tidak memberikan keuntungan bagi anak buah, maka pemimpin organisasi pasti akan dihujat habis-habisan, bahkan tidak segan anak buah akan berbuat hal yang tidak terduga kepada atasannya.

Bagaimana cara berurusan dengan manipulator yang suka menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan?

Memang tidak mudah menghadapi orang-orang yang cerdas memanipulasi. Mereka sangat berkemampuan dan sangat ahli untuk menghalalkan segala cara. Mereka memiliki banyak akal buruk untuk membuat Anda tidak berdaya. Tetapi, mereka suka lupa bahwa kebenaran selalu menang, walau kemenangannya itu harus melewati sebuah proses panjang yang dinamis dan tidak pasti. Biasanya, seorang manipulator berkarakter tinggi hati dan sangat percaya diri. Dan inilah titik lemah dia. Sikap yang berlebihan dan sombong menjadikan dirinya mudah jatuh dan kalah. Sikap yang berlebihan dan sangat tinggi hati, menjadikan dia sebagai musuh akal sehat sehingga dia harus berhadapan dengan realitas yang memusuhi keberadaannya. Para manipulator suka lupa bahwa akal sehat selalu menguatkan dirinya di tengah diamnya orang banyak. Akal sehat tidak pernah mati oleh seorang manipulator hebat. Akal sehat selalu meningkatkan kekuatan dan mengkonsolidasikan ketangguhannya untuk mengalahkan manipulator.

Sangatlah mudah untuk menghadapi para manipulator, cukup miliki prinsip-prinsip dan nilai-nilai kehidupan yang kuat memagari Anda dari para manipulator. Jadilah pribadi yang konsisten dengan nilai-nilai kehidupan positif. Apapun hal terburuk yang sedang Anda hadapi, jangan pernah ragu, untuk tetap memegang erat prinsip dan nilai-nilai positif.

 

 

Daftar Pustaka

https://tirto.id/mengenal-kepribadian-machiavellianisme-dan-tanda-tandanya-f3Yd

https://www.beritasatu.com/nasional/192961-meraih-kekuasan-dengan-menghalalkan-segala-cara-tak-sesuai-etika-hukum


0 komentar:

Posting Komentar