5.6.22

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)

 Essay ini dibuat untuk memenuhi persyaratan ujian akhir semester Psikologi Industri dan Organisasi dengan dosen pengampu Dr. Arundati Shinta,M.A.

Disusun oleh : Diah Novita Sari (21310410111)

Usaha mikro, kecil, dan menengah merupakan salah satu bidang usaha yang dapat berkembang dan konsisten dalam perekonomian nasional. Usaha ini menjadi wadah yang baik bagi penciptaan lapangan pekerjaan yang direncanakan baik oleh pemerintah, swasta dan pelakunya udaha perorangan. Seiring berubahnya zaman pertumbuhan dan pembangunan ekonomi memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan pendapatan ekonomi daerah termasuk dalam mensejahterakan rakyat. Peran pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dipandang sangat penting untuk meningkatkan pendapatan perkapita maupun meningkatkan perekonomian suatu daerah. Usaha mikro, kecil (UMKM) dan menengah ini bergerak dibindang industri, agribisnis, agraris, manufaktur dan sumber daya manusia (SDM) seperti restoran atau rumah makan, kerajinan tangan, otomotif, butik dan lain sebagainya. 

Saat ini telah banyak mahasiswa yang melakukan usaha mikro, kecil dan menengah ini. Seperti salah satu mahasiswa yang saat ini sedang berkuliah di salah satu Universitas di Semarang.

Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) ini memiliki latar belakang yang berbeda-beda contohnya seperti seorang pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang saya wawancarai, berikut hasil wawancaranya :

Usaha apasih mbak yang sedang dilakukan sekarang?

“Usaha kue kering, seperti nastar, kastangel, putri salju dan yang lainnya”

Sejak kapan mbak melakukan usaha ini?

“sejak saya masih SMK, sekitar tahun 2015”

Bagaimana cara mba untuk memasarkan produk yang sedang mbak lakukan?

“dari mulut ke mulut sampai kemedia sosial seperti IG, FB, dan WA.”

Apakah ada kendala selama menjalankan usahanya?

“Kendalanya harga bahan baku lebih mahal  dari biasanya, ada beberapa bahan baku yang terkadang kehabisan stock di pasaran.”

Mengapa mbak memilih usaha ini?

“karena menepati pada bulan ramadhan dan banyak peminat dari kue kering.”

Mahasiswa juga memiliki peran dalam pembangunan UMKM yaitu:

1. Memberikan pengetahuan pemasaran yang baik.

2. Mengadakan webinar pengembangan kreativitas.

3. Mengadakan forum yang mempertemukan pelaku usaha UMKM dan Investor.

4. Mencintai produk dalam negri.


Referensi :

Halim Abdul. 2020. Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan. Vol.1, No.2. Hal 157-172.

https://stieparipurna.ac.id/blog/peran-mahasiswa-dalam-pengembangan-umkm/ (diakses pada tanggal 5 Juni 2022)

0 komentar:

Posting Komentar