5.6.22

 “UMKM Kuliner Keripik Pisang”

Bella Azahar Br Tarigan

NIM : 21310410033

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Tugas Essay Matkul Psikologi Industri dan Organisasi

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro . Di Indonesia ada banyak sekali jenis-jenis UMKM diantaranya ada UMKM fashion , kuliner , pendidikan , otomotif , produk kreatif dan masi banyak lagi . Pada kesempatan ini saya akan membahas salah satu contoh UMKM kuliner , yaitu UMKM keripik pisang . Alasan saya mengangkat thema tentang UMKM kuliner keripik pisang ialah , karena di kampung halaman saya di Medan tetangga saya ada yang menjalankan UMKM ini .
Di Medan Sumatera Utara , tepatnya di desa Namopinang ada satu keluarga yang menjalankan UMKM Keripik Pisang , tidak hanya orang tua tetapi anak- anak mereka juga sudah berpartisipasi dalam UMKM Keripk Pisang yang dijalankan oleh orang tua mereka . Setelah saya melakukan sedikit wawancara / tanya jawab tentang UMKM yang mereka jalankan , diketahui bahwa UMKM Keripik Pisang ini awalnya bermula dari pelatihan pembuatan keripik pisang yang diadakan di desa Namopinang . Pelatihan tersebut diikuti oleh ibu-ibu yang tinggal di desa Namopinang , namun hanya beberapa yang menjadikan pembuatan keripik pisang menjadi usaha mereka dalam kehidupan sehari-hari.
Usaha Keripik Pisang adalah salah satu jenis bisnis dibidang makanan ringan . Narasumber memilih UMKM Keripik Pisang dengan alasan Pisang merupakan jenis tumbuhan yang bisa ditemui dengan mudah di Indonesia dan kita dapat menemukannya hampir diseluruh pulau di Indonesia . Keripik pisang ini sangat disukai oleh masyarakat karena memiliki rasa yang renyah dan enak. Cara membuat keripik pisang ini juga sangat sederhana dan dapat dikerjakan oleh siapa pun . Keripik pisang ini juga bisa dijadikan salah satu peluang usaha yang menguntungkan . Karena proses pembuatan yang mudah dan produk keripik pisang ini mudah diterima oleh masyarakat. Keripik pisang juga sudah tak asing lagi sebagai camilan ringan yang enak dan gurih di masyarakat , jadi orang pun tidak akan merasa bosan bila terus mencoba keripik pisang . Berikut saya paparkan proses pembuatan keripik pisang beserta alat dan bahan yang diperlukan .

Alat dan bahan :

  1. Penggorengan wajan dan perlengkapan penggorengan lainnya untuk proses penggorengan.
  2. Pisau atau parutan pisang untuk mengiris pisang.
  3. Kompor + gas untuk proses penggorengan

Cara Membuat atau Mengolah Keripik Pisang :

  1. Pilih pisang muda untuk membuat keripik pisang.
  2. Beri garam pada wajan atau loyang yang telah diisi air bersih dan aduk sampai tercampur merata.
  3. Kupas pisang, iris tipis – tipis dan masukan ke dalam wajan atau loyang yang telah berisi larutan air garam.
  4. Jika sudah, maka angkat irisan pisang sari larutan garam tersebut dan masukan ke dalam penggorengan yang telah berisi minyak goreng dan telah dipanaskan.
  5. Saat proses penggorengan, pisang aduk – aduk agar merata.
  6. Jika sudah kecoklatan maka angkat keripik pisang dan tiriskan. Tunggu sampai dingin, lalu kemas ke dalam kantong plastik secara rapi dan keripik pisang siap dipasarkan.
Dan terakhir ialah peluang bisnis dari UMKM Keripik Pisang yang saya ketahui melalui kegiatan wawancara yang saya lakukan dengan narasumber. Adapun peluang dari berbisnis keripik pisang ialah : Permintaan pasar akan keripik pisang yang semakin meningkat dan Kondisi masyarakat yang konsumtif sehingga mempermudah pemasaran.

Referensi :

-          Pengusaha Keripik Pisang

Bapak Edy Suranta Tarigan (narasumber) dengan Ibu Lina Sinuhaji (narasumber).

Jurnal Entrepreneur

0 komentar:

Posting Komentar