5.6.22

UMKM BERAWAL DARI POSTINGAN SOSIAL MEDIA


 

PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

Semester Genap T.A 2021/2022

 Oleh : Meme Normasari (21310410088)

Kelas Reguler

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

YOGYAKARTA

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A.

 

UMKM (Usahan Mikro Kecil Menengah) menjadi penggerak perekonomian masyarakat ditengah pandemi. Mahasiswa adalah salah satu pelaku yang mampu mengembangkan inovasi-inovasi yang selama ini kurang tersalurkan oleh masyarakat. Melalui kretifitas, sikap, dan cara pandang yang dimiliki mahasiswa dapat menyalurkan atau menciptakan ide usaha baru yang bervariasi karena diimbangi dengan pedoman akademik yang diperoleh di perguruan tinggi sehingga mampu dalam mengaplikasikan ekonomi kreatif. Untuk mewujudkan ekomoni kreatif mahasiswa dapat memulainya dengan berwirausaha. Dari berwirausaha mahasiswa dihirapkan mampu bermanfaat untuk diri nya, orang dilingkungannya, dan pada pertumbuhan ekonomi.

Saya mewawancarai teman saya mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Jogja. Dia memiliki usaha jasa makanan seperti: membuat cake ulangtahun, kue kering, dan berbagai macam roti bolu. Bisnis yang dirintisnya ini dimulai saat masih duduk dibangku sekolah menengah kejuruan (SMK) yang awalnya dia membagikan foto hasil praktiknya di whatsapp lalu ada yang tertarik dan langsung pesan makanan tersebut. Dari hasil wawancara saya dengan dia mendapatkan hasil kurang lebih seperti ini:

  • Mengapa Anda memilih bisnis dibidang jasa makanan ? 

“Menurut saya kuliner adalah bisnis yang tidak pernah mati karena makanan adalah kebutuhan pokok dan semua orang mengkonsumsinya”.

  • Bagaimana cara Anda mempromosikan usaha ?

“Saya membuat sampel makanan lalu dibagikan ke saudara/tetangga, kalau pemasaran online melalui whatsapp dan instagram”.

  • Selama menjalani bisnis apa saja kendalanya?

“Yang saya alami adalah bagian pengembangan inovasi makanan sedangkan untuk harga bahan makanan selalu melonjak dan itu membuat kendala modal”.

Untuk mengatasi kendala dalam berwirausaha membutuhkan strategi yang jitu agar wirausahawan berhasil dan sukses. Hal yang terpenting dalam bisnis jasa makanan adalah kualitas rasa, pelayanan dan inovasi produk sehingga hasil dan tujuan dapat tercapai. Orang yang berani memulai usaha biasanya memiliki motivasi untuk terus berkembang menjadi seorang entrepreneur karena motivasi seorang mempengaruhi dalam mendorong orang melalukan kegitan.

Strategi meningkatkan daya saing UMKM

  1. Memperbesar akses pasar baik dalam maupun luar negeri 
  2. Peningkatan kualitas produksi serta inovasi untuk meningkatkan daya saing produk dan jasa yang dihasilkan 
  3. Pengembangan kapasitas manajemen dan usaha koperasi dan UMKM akan diwujudkan melalui pemberian konsultasi, pelatihan, dan pendampingan oleh para ahli

 

Daftar Pustaka

https://www.rumah.com/panduan-properti/12-contoh-usaha-kecil-menengah-yang-bisa-ditiru-agar-cepat-punya-rumah-26015. diakses pada 3 Juni 2022.

https://www.gatra.com/news-455009-ekonomi-ini-lima-strategi-tingkatkan-daya-saing-umkm.html. diakses pada 5 Juni 2022.

0 komentar:

Posting Komentar