5.6.22

BISNIS UMKM MAHASISWA DI ERA PANDEMI

BISNIS UMKM MAHASISWA DI ERA PANDEMI 
Oleh 
  Ade Diah Palupi (21310410081)
Psikologi (A)
Essay 3 Psikologi Industri dan Organisasi 
Dosen Pengampu:
Dr. Arundati Shinta, M.A
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA
Semester Genap T.A 2021/2022
  


    UKM (Usaha Kecil dan Menengah) atau ada pula yang menyebutnya UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) adalah aktivitas usaha yang dilakukan oleh perorangan atau badan usaha milik perorangan. Perbedaannya dengan usaha besar dapat dilihat dari jumlah kekayaan bersih pelaku usaha dan hasil penjualan tahunan.

Ciri-Ciri UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah)

Jenis komoditi/ barang yang ada pada usahanya tidak tetap, atau bisa berganti sewaktu-waktu.

Tempat menjalankan usahanya bisa berpindah sewaktu-waktu.

Usahanya belum menerapkan administrasi, bahkan keuangan pribadi dan keuangan usaha masih disatukan.

    Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan upaya yang dilakukan pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat untuk memberdayakan usaha Mikro, Kecil dan Menengah melalui pemberian fasilitas, bimbingan, pendampingan, bantuan perkuatan untuk menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan serta daya saing UMKM.

    Peran UMKM penting yang pertama adalah sebagai sarana mengentaskan masyarakat kecil dari jurang kemiskinan. Alasan utamanya adalah, tingginya angka penyerapan tenaga kerja oleh UMKM. Hal ini terbukti dalam data milik Kementerian Koperasi dan UMKM tahun 2011

Saya memiliki teman seorang mahasiswa yang sekaligus berkerja atau memiliki usaha UMKM bernama NADIA  ia seorang mahasiswa keguruan di universitas lampung sekaligus opengembang umkm @bunga.cantik.pswrn 

Berukut sesi wawancara dengan pengembang umkm

Saya: sudah berapa lama nadia menekuni bidang umkm?

Nadia ;sejak saya kelas 2 sma sekitar tahun 2020

Saya : bagaimana awal mula nya terjun di dunia umkm

Nadia : awal nya saya hanya merasa bosan karna tidak ada hal yg saya lakukan selain sekolah jadi saya bersa kakksaya merencanakan untuk membuka toko buket bunga untung mengisi waaktu luang kami .

Saya : adakah kesulitan yang di hadapi saat mengembangka umkm in

Nadia: kesulitan nya sangat banyak apalagidi waktu itu tenah terjadi covid 19 pasang surut ordern bahkan 1 bulan tidak ada orderan masuk tapi alhamdulilah bisa berkembang dan bertahan hingga kini.

    UMKM sanagat lah menjanjikan untung menjadi peluang kerja yang bagus butuh kesabaran ketelitian dan kegigihan untuk mengembangkannya .



DAFTAR PUSTAKA  
Rahayu, S.L 2005, Analisis Peranan Perusahaan Modal Ventura Dalam Mengembangkan UKM Di Indonesia, Kajian Ekonomi dan Keuangan,Badan Pengkajian Ekonomi, Keuangan dan Kerjasama Internasional.
 Mulyati, S.T. S, 2004. Kebijakan dan Strategi Pengembangan Bank Indonesia dalam Mendukung Pelayanan Keuangan yang Berkelanjutan bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Deputi Direktur Direktorat Pengawasan Bank Perkreditan Rakyat
Strategi Utama Pemerintah Menjaga Momentum Pemulihan Ekonomi 2021”, 6 Mei 2021, https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/strategi-utama-pemerintah-menjaga-momentumpemulihan-ekonomi-2021, diakses 18 Mei 2021.

0 komentar:

Posting Komentar