7.6.22

Prahara Organisasi, Ingin Atau Butuh?

 

PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

Genap Semester TA 2021/2022

Oleh :

Fariha Aulia Syahda (21310410092)

Kelas A (Reguler)

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Dosen Pengampu:

Dr. Arunati Shinta, MA

Dalam buku Erni Rernawan (2011 , 15) pengertian organisasi oleh Mathis dan Jackson yaitu: Organisasi merupakan suatu kesatuan sosial dari sekelompok manusia yang saling berinteraksi menurut suatu pola tertentu sehingga setiap anggota organisasi memiliki fungsi dan dikutip masing-masing, sebagai suatu kesatuan yang memiliki tujuan tertentu dan memiliki batas-batas yang jelas, sehingga dapat dipisahkan. Organisasi bisa dimulai dari kapan saja, bahkan kalangan muda pun sudah bisa belajar untuk berorganisasi. Faktanya dalam berorganisasi bukan hanya untuk kepentingan kelompok, namun banyak sekali manfaat yang didapatkan. Cara mulai berorganisasi darimana? Cara ini bisa dimulai ketika mengikuti sekolah menengah baik itu sekolah menengah maupun sekolah menengah akhir setingkatnya. Bahkan tidak hanya itu , di era sekarang banyak sekali organisasi yang bisa diikuti misalnya dari Instagram, twitter dan lain-lain. untuk belajar organisasi besar , jadi jangan pernah menyia -nyiakannya untuk belajar dari apapun dan belajar peluang organisasi. Ilmu yang dipakai dalam organisasi bermanfaat sekali dalam dunia pekerjaan . Kita belajar tentang Kerjasama tim, mengelola waktu , dan bagaimana mengelola tugas pokok yang harus dikerjakan.

Organisasi tidak hanya mengajarkan dan meningkatkan beberapa keterampilan khusus atau softskill personal, namun juga memberikan dampak pada kemampuan interpersonal. Kemampuan interpersonal disini memiliki makna yaitu kemampuan bersosialisasi dan berinteraksi dengan individu lain untuk mencapai suatu tujuan. Ketika berorganisasi, kita dituntun dan pertandingan untuk mampu melakukan persuasi, melobi, atau demonstrasi untuk menyuarakan berbagai bentuk aspirasi yang ditampung dalam organisasi. Tindakan-tindakan tersebut merupakan salah satu bentuk tindakan tersebut dari kemampuan interpersonal seseorang dalam berinteraksi, dan menggerakkan orang lain demi tujuan dan tujuan tertentu. Selain itu, organisasi juga menjadi salah satu bagian penting dalam proses pembentukan kerangka pikir.Berpikir karena adanya diskusi mengenai suatu kerangka yang menuntut seseorang untuk dapat berpikir kritis dan melakukan analisis terkait isu tersebut. Dalam organisasi tentunya memiliki beberapa agenda seperti brainstorming, kajian, manajemen isu, dan aksi damai. Kegiatan tersebut merupakan contoh dimana seseorang diharuskan untuk menggunakan nalar serta logika dalam melakukan retorika bersama dengan kawan atau lawan diskusi mereka. Dengan tumbuh dan berkembangnya seseorang dilingkungan organisasi yang memiliki kegiatan tersebut, pola pikir dan analisa seseorang akan mencapai tingkat yang berbeda kedepannya. manajemen isu, dan aksi damai.Kegiatan tersebut merupakan contoh dimana seseorang diharuskan untuk menggunakan nalar serta logika dalam melakukan retorika bersama dengan kawan atau lawan diskusi mereka. Dengan tumbuh dan berkembangnya seseorang dilingkungan organisasi yang memiliki kegiatan tersebut, pola pikir dan analisa seseorang akan mencapai tingkat yang berbeda kedepannya. manajemen isu, dan aksi damai. Kegiatan tersebut merupakan contoh dimana seseorang diharuskan untuk menggunakan nalar serta logika dalam melakukan retorika bersama dengan kawan atau lawan diskusi mereka. Dengan tumbuh dan berkembangnya seseorang dilingkungan organisasi yang memiliki kegiatan tersebut, pola pikir dan analisa seseorang akan mencapai tingkat yang berbeda kedepannya.

          


           Penulis banyak sekali mendapatkan pengalaman dalam organisasi yang sekarang masih bisa dipakai untuk kehidupan sehari-hari. Dengan kinerja yang baik , penulis pernah dinobatkan sebagai siswa terbaik dalam bidang organisasi. Tentu saja ini menjadi penghargaan terbesar selama menduduki bangku sekolah. Berkat penghargaan ini, dari sinilah penulis bisa mulai belajar tentang pentingnya organisasi dan manfaat yang bisa dirasakan hingga sekarang dan kehidupan nanti. Jadi , jangan takut untuk belajar berorganisasi karena apa yang dipelajari tidak akan pernah sia-sia.  




Daftar Pustaka

Drs. Machmoed Effendi, M.Hum. Pengantar Organisasi. (dan). 

[online] Tersedia di:

http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/ASIP420902-M1.pdf# [Diakses 7 Juni 2022]. 

 

0 komentar:

Posting Komentar