5.6.22

Peran UMKM Yang Dikelola Oleh Mahasiswa


PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

Dosen Pengampu :

Dr. Arundati Shinta, MA.

Semester Genap T.A 2021/2022

Oleh :

Nabila Tus Sangadah (21310410038)

Kelas A (Reguler)

PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA




UMKM (Usaha Mikro dan Menengah) salah satu hal yang memiliki kedudukan penting dalam mendukung perekonomian Indonesia. UMKM yaitu usaha atau bisnis yang di lakukan oleh perorangan, rumah tangga, ataupun badan usaha kecil. UMKM cukup berpeluang untuk seseorang usaha yang membuka lapangan pekerjaan baru. Dari data yang di ambil bahwa pertumbuhan UMKM selalu naik dari tahun ke tahun, karena itu semakin baik. Banyak sekali di belahan masyarakat ikut berpartisipasi termasuk perguruan tinggi dan mahasiswa. Dengan itu banyak mahasiswa yang berperan dan belajar kewirausahaan untuk mendapat banyak pengalaman yang nyata dan memahami seluk beluk dunia usaha. Pengalaman tersebut nantinya akan dapat dimanfaatkan untuk membantu mengembangkan usahanaya.

Adapun peran pada mahasiswa dalam pengembangan UMKM sebagai berikut;

1.     Bisa memberikan pengetahuan tentang market place, promosi dapat dilakukan di media sosial, tentang pembayaran digital dan yang lainnya.

2.     Seperti halnya kita mengadakan webinar untuk dapat berbagi ide-ide kreatif seperti halnya bagaimana menjaga kuliatas produk kita dan lainnya.

3.     Dapat mengadakan forum-forum yang dapat mempertemukan pelaku usaha dan investor-investor perusahaan lainnya.

4.     Mencintai produk dalam negeri, supaya UMKM bisa terus di lakukan dan terus berkembang.

Berikut hasil wawancara yang saya lakukan terhadap UMKM yang di Kelola oleh mahasiswa. Dia adalah salah satu mahasiswa yang menjalankan UMKM di era gempurnya covid-19 dan sibuk-sibuknya kuliah. Dia adalah Wulan, ia merupakan salah satu mahasiswa yang berkuliah di salah satu Universitas di Yogyakarta dan ia berusia 19 tahun.

Apasih prinsip kakak dalam berjualan?

“Menjadi seseorang yang mandiri, inovatif, kreatif, selalu mau berkontribusi dan berjuang untuk mensukseskan bisnis.”

Sejak kapan kakak merintis usaha ini?

“Sejak saya berada di Yogyakarta yaitu pada bulan Januari 2022”

Produk apakah yang kakak jual?

“Pisang goreng lumer dengan bermacam rasa chocolate, matcha, taro, milk, strawberry, tiramisu dan cappuccino.”

Bagaimana cara kakak mempromosikan barang tersebut?

“Sejauh ini saya promosikan secara online yaitu via instagram, shopee food dan grab food. Insyallah saya akan membuka outlet dan sampai sekarang sedang mencari tempat yang stategis”

Apakah ada kelemahan atau troubrel pada penjualan kakak tahun ini?

“Ada banyak sekali masalah yang saya alami yang pertama yaitu saya mahasiswa yang harus berangkat ke kampus dan memiliki banyak sekali tugas kuliah, itu membuat saya keteteran dalam melayani pembeli. Apalagi sekarang kuliah saya sudah offline. Yang kedua karena saya ingin sekali membuka outlet dan sampai sekarang belum tercapai sebab saya masih bingung akan membuka outlet di daerah mana."

Dari masalah yang kakak jelaskan tadi pasti ada cara menyelesaikan semuanya, nah bagaimana nih cara kakak mengatasi masalah kakak itu?

"Saya membagi waktu untuk berjualan dan kuliah yaitu jika pagi saya promosikan online di wa atau instagram, nah saya antar pesenan setelah saya pulang dari kuliah. Sedangkan jika via shopeefood itu saya clouse dulu nanti saya buka setelah pulang kuliah. Kalau masalah outlet saya sedang meminta pendapat teman-teman online saya untuk kasih saran tempat yang ramai."

Agar UMKM bisa berkembang maka dari itu sumber daya manusia pun harus berkualitas. Oleh sebab itu, keterampilan, pengetahuan, serta keahlian manajemen harus di miliki oleh seorang pengusaha UMKM. Dengan itu para sarjana sangat berpotensi menjadi pedobrak dalam pengembangan UMKM. 


Daftar Pustaka:

 Effendy, A. A., & Sunarsi, D. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap kemampuan dalam mendirikan UMKM dan efektivitas promosi melalui online di kota tangerang selatan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)4(3), 702-714.

https://stieparipurna.ac.id/blog/peran-mahasiswa-dalam-pengembangan-umkm/




0 komentar:

Posting Komentar